PELATIHAN PRODUK APLIKATIF BERBASIS KIMIA UNTUK ANAK-ANAK PANTI ASUHAN DI SURABAYA
Abstract
Abstrak: Panti asuhan adalah sebuah lembaga yang dikhususkan untuk mengasuh anak-anak yang telah kehilangan keluarga dan menghadapi tantangan dalam hidup mandiri karena kurangnya kasih sayang yang konsisten dan persiapan yang tidak memadai untuk masa dewasa. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu pengembangan softskill dan hardskill melalui pelatihan pembuatan produk berbasis kimia kepada anak-anak panti asuhan sebagai generasi penerus bangsa. Peserta kegiatan mencangkup anak-anak berusia 10-16 tahun dengan jumlah 30 anak. Metode pelaksanaan meliputi perencanaan, pelatihan, refleksi, dan evaluasi. Kegiatan pertama yaitu perencanaan yang berisi persiapan dan sosialisasi kegiatan pengabdian kepada perwakilan panti asuhan di Surabaya, kegiatan kedua yaitu pelatihan pembuatan produk popping boba bersama anak-anak panti asuhan, kegiatan ketiga adalah refleksi dengan mendiskusikan hasil percobaan anak-anak serta evaluasi berupa pembagian kuesioner kepada peserta mengenai program pelatihan ini sehingga dapat dipakai untuk peningkatan kinerja pada kegiatan yang akan datang. Berdasarkan hasil evaluasi, terdapat peningkatan signifikan pada rata-rata nilai post-test sebesar 72,45% dibandingkan nilai pre-test. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis praktek mampu meningkatkan pemahaman peserta secara signifikan. Diharapkan anak-anak panti asuhan yang telah mengikuti kegiatan pelatihan ini memperoleh motivasi, pengetahuan, dan keterampilan dalam mengaplikasikan ilmu kimia sehingga dapat bermanfaat untuk masa mendatang.
Abstract: An orphanage is institution dedicated to caring for children who have lost their families and face challenges in living independently due to a lack of consistent love and inadequate preparation for adulthood. The purpose of this community service activity is to develop softskills and hardskills through chemical-based products training for the orphanage children, who will become the nation's future generation. Participants include children aged 10-16 years with a total of 30 children. The implementation method includes planning, training, reflection, and evaluation. The first activity was planning which contains preparation and socialization of community service activities to representatives of orphanages in Surabaya, the second activity was training in making popping boba products with orphanage children, the third activity was reflection by discussing the results of the children's experiments and evaluation by distributing questionnaires to participants. Based on the results, there was a significant increase in the average post-test score of 72.45% compared to the pre-test score. This indicates that practice-based learning can significantly improve participants' understanding. It is hoped that orphanage children who have participated in this training activity will gain motivation, knowledge, and skills in applying chemistry so that it can be useful for the future.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
A. Wijayanto. (2016). Penerapan Green Chemistry Pada Praktikum Kimia Pangan (Materi Analisis Pemanis Buatan Dalam Minuman Ringan). Integrated Lab Journal, 4(2), 231–240.
Anwar, D. (2024). Perkembangan Ilmu Teknik Kimia Dari Masa Pra Sejarah Hingga Masa Sekarang. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JSTI), 6(2), 116–125. https://journalpedia.com/1/index.php/jsti
Dewi Putri, Y., Elvia, R., Amir, H., & Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 5(2), 168–174.
Fauzi’ah, L., & Diniaty, A. (2017). Studi Pendahuluan: Penerapan Praktikum Kimia Organik Berorientasi Aplikasi (Application-Oriented). Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 5(1), 41–46. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/index
Februariyanti, H., Wibowo, J. S., & Wibisono, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Anak Panti Asuhan Melalui Pelatihan Multimedia Kreatif. Rekayasa, 15(2), 72–80.
Hukul, K., Jumaeda, S., & Husein, S. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Yayasan Melati Alkhairat Ambon Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Asuh. Kuttab, 1(1), 33–42.
Ilham, Hudri, M., Irwandi, Rahmania, R., Ismail, H., & Hidayati. (2023). Pendampingan Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak Di Panti Asuhan Muhammadiyah Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1440–1445.
Khatimah, K., & Arifianti, Y. (2017). Peran Pendidikan dan Pengetahuan Ilmu Kimia dalam Mengembangkan Potensi Pengawetan (Tempoyak atau Pakasam) Bahan Nabati dan Hewani Lokal Daerah Kalimantan Tengah. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 8(1), 1–7.
Mesra, T., Studi Teknik Industri, P., & Tinggi Teknologi Dumai, sekolah. (2019). Pelatihan Pembuatan Produk Sabun Pada Panti Asuhan Halimatuss’diyah Muhammadiyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berwirausaha. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 38–42.
Ningrum, C. A., Yuniati, Y., & Sucahyo, B. S. (2024). Pengaruh Konsentrasi Sodium Alginat Terhadap Boba Kulit Buah Naga (Hylocereus Polyhizus) Menggunakan Teknik Spherifikasi Dasar. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 12(2), 2542. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i2.14179
Pamenang, F. D. N., Harta, J., Ratri, M. C., Wijayanti, L. W., Octaviani, L., Anggreni, V. C., & Surianti, Y. E. (2023). Pelatihan Praktikum Kimia Skala Kecil Elektrolisis Air Untuk Guru Kimia Di Wae Nakeng, Lembor, Nusa Tenggara Timur. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 101–106. https://doi.org/10.24071/aa.v6i2.5520
Puspitasari, N., Anggorowati, A. A., Retnoningtyas, E. S., Gunarto, C., & Teknik, P. S. (2024). Pelatihan Berbasis Kimia Bagi Siswa-Siswi Ipa Smak Frateran Surabaya. SULUH: Jurnal Abdimas, 5(2), 225–233. http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/SULUH
Sijabat, S. D. (2024). Pengembangan Diri Mahasiswa Bagi Karir Calon Lulusan Teknik Kimia. Damhil Education Journal, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.37905/dej.v4i1.2276
Siskawati, N. (2024). Peran Mahasiswa Dan Dosen Program Studi Manajemen Dalam meningkatkan Kepedulian Pada Anak Yatim. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 258–263. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7381
Sitanggang, V., Putri, M., & Ritonga, F. U. (2023). Menumbuhkembangkan Budaya Literasi Anak pada Panti Asuhan Universal Anak Indonesia Kota Medan Melalui Pendampingan dengan Menggunakan Metode Group Work. Mitra Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 103–107. https://doi.org/10.57251/mabdimas.v3i2.1335
Yusuf Irianto, S., Agus, I., Febriani, O. M., Yuliawati, D., Informatika, I., & Darmajaya, B. (2021). Pelatihan Keterampilan Komputer Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Rumah Yatim Bandar Lampung. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 40–45.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.33883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nathania Puspitasari, Ery Susiany Retnoningtyas, Chintya Gunarto, Sandy Budi Hartono, Wenny Irawaty, Shella Permatasari Santoso, Jindrayani Nyoo Putro, Christian Julius Wijaya, Octaviani Harianto, Maria Rosario Widharka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: