IMPLEMENTASI EDUKASI GEOPARK KAYANGAN API DI SEKOLAH DASAR: STRATEGI PENGENALAN POTENSI LOKAL SEJAK DINI

Dewi Fatimah Azzahra, Febiola Djangkaru Ramadani, M Ridwan Sakhowi, Mochamad Chilmi Ubaid, M. Qafid Jalaludin, Faridatul Istigfaroh

Abstract


Abstrak: Permasalahan utama di kawasan Geopark Kayangan Api adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap potensi lokal dan nilai pendidikannya. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi geopark sejak dini dengan meningkatkan soft skill dan hard skill melalui pendidikan visual dan partisipatif di 3 SD/MI di Bojonegoro, yang melibatkan 27 siswa kelas IV-VI. Program ini menggunakan pengajaran langsung, pembelajaran kontekstual, dan kuliah interaktif. Evaluasi dilakukan dengan 20 pertanyaan kuis pasca kegiatan, yang berfokus pada pemahaman siswa, keterlibatan aktif, kehadiran, dukungan sekolah, penggunaan media yang efektif, dan pengembangan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan 66,67% siswa memahami dengan sangat baik, 18,52% mengerti, sedangkan sisanya memiliki pemahaman sedang hingga rendah. Hasil ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan siswa tentang geopark dan konservasi lingkungan. Kegiatan ini juga memperkuat soft skill seperti kepercayaan diri dan partisipasi, serta hard skill yang terkait dengan geografi lokal, membuktikan pendidikan geopark kontekstual, aplikatif, dan menyenangkan.

Abstract: The main problem in the Kayangan Api Geopark area is students’ low understanding of its local potential and educational value. This community service aimed to improve geopark literacy from an early age by enhancing both soft and hard skills through visual and participatory education in three elementary schools/MI in Bojonegoro, involving 27 students in grades IV–VI. The program used hands-on teaching, contextual learning, and interactive lectures. Evaluation was conducted with 20 post-activity quiz questions, focusing on student understanding, active involvement, attendance, school support, effective media use, and skill development. Results showed 66.67% of students understood very well, 18.52% understood, while the rest had moderate to low comprehension. These outcomes indicate a significant improvement in students’ knowledge of geoparks and environmental conservation. The activity also strengthened soft skills such as confidence and participation, as well as hard skills related to local geography, proving geopark education to be contextual, applicable, and enjoyable.


Keywords


Literacy; Geopark; Kayangan Api.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Akbar, F. A., & Pratiwi, S. D. (2024). PKM Pemetaan Potensi Keanekaragaman Hayati Dan Budaya Di Desa Pasirpanjang Untuk Pengembangan Geowisata Geopark Ciletuh. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 13(4), 268–276.

Budiastra, A. A. K., Puspitasari, S., Wicaksono, I., & Erlina, N. (2021). Study of The Local Wisdom Curriculum of Geopark Belitung to Support Local Cultural Values in Context of Natural Science Learning for Elementary School. Advances in Social Sciences Research Journal, 8(5), 692–706. https://doi.org/10.14738/assrj.85.10280

Candra, M., Clodya, F., Sarlini, H., & Norpaizah. (2025). Peran Globalisasi Dalam Membentuk Dinamika Ekonomi Nasional: Perspektif Ekonomi Politik. Media Hukum Indonesia, 3(3), 610–614. https://doi.org/10.5281/zenodo.15669437

Dewi, C. K., Aditia Ismaya, E., & Purbasari, I. (2021). Pemanfaatan Wisata Api Abadi Mrapen sebagai Edukasi Wisata Bersejarah bagi Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Multikultural Indonesia, 4(2), 64–71. https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i2

Ernawati. (2022). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inovatif Project Based Learning (PjBL). SHEs: Conference Series, 5(5), 1230–1236. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Fatimah, S., Febrianto, A., Patra, H., & Evelynd, E. (2024). Sungai Nyalo: Nagari Wisata Edukasi Berbasis Sejarah, Budaya, dan Kearifan Lokal. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 171–176. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i2.662

Ferreira, D. R., & Valdati, J. (2022). Geoparks and Sustainable Development: Systematic Review. Geoheritage, 15(6), 1–18. https://doi.org/10.1007/s12371-022-00775-9

Firdaus, B. A., & Muhibbin, Z. (2024). Studi Keterlibatan Masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Bumi Perkemahan Bedengan Malang. Indonesian Journal Of Development Studies , 3(1), 75–85.

Hanafi, A., & Yudhiasta, S. (2024). Pengembangan Potensi Pariwisata Melalui Wisata Edukasi Di Kampung Budaya Samin Bojonegoro. Journal Publicuho, 7(2), 863–873. https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i2.430

Hanif, M., Khosihan, A., Setiawan, B., Haryani, P., & Firdaus, A. P. (2023). Developing Infographic Teaching Materials for Introduction of Sapta Pesona-Based Character Value for Elementary School Students in the Bayah Dome Geopark Area, Lebak Regency. TEKNODIKA, 21(01), 25–38. http://jurnal.uns.ac.id/Teknodika

Hartanti, T. S. H. S., Bachri, S., Masruroh, H., Mutia, T., & Sumarmi, S. (2024). Implementation Of The Ijen Geopark Education Program In Schools To Support Sustainable Development. GeoEco, 10(2), 271–286. https://doi.org/10.20961/ge.v10i2.86707

Huda, R. (2020). Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Sektor Pariwisata di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial , 11(2), 157–170. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v11i2.1470

Irfan, M., Harahap, A. S. H., & Usman, K. (2021). Perkembangan Wisata Edukasi Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Universitas Negeri Medan. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 206–212.

Khan, H. R., Kazmi, M., Lubaba, Khalid, M. H. Bin, Alam, U., Arshad, K., Assaleh, K., & Qazi, S. A. (2024). A Low-Cost Energy Monitoring System with Universal Compatibility and Real-Time Visualization for Enhanced Accessibility and Power Savings. Sustainability (Switzerland) , 16(10), 1–27. https://doi.org/10.3390/su16104137

Kuswara, R. D., Hadi, M. J., Hakim, M., Madrdhiotillah, M., & Surur, M. (2025). Pengenalan Ekowisata Selelos pada Anak-Anak Sekolah Dasar Melalui Buku Cerita Berbasis Wisata Pendidikan. Alamtana: Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW Mataram, 6(5), 80–89. https://doi.org/10.51673/jaltn.v6i1.2490

Lestari, F., & Indrayati, I. (2022). Pengembangan Kelembagaan dan Pembiayaan Geopark di Indonesia: Tantangan dan Strategi. Journal of Regional and Rural Development Planning, 6(2), 102–122. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2022.6.2.102-122

Nasiruddin, F. A. Z. (2024). Pengembangan Desa Wisata berbasis Eduwisata dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Inovasi Pendidikan Sekolah Tingkat Dasar dan Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (J-Empowerment, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.35965/je.v2i1.3980

Nuriman, Putri Wardani, R., Agustiningsih, Mahmudi, K., Aguk Wardoyo, A., & Putri, A. (2025). Integration of ethnoscience of Ijen Geopark Bondowoso area in elementary school science learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 13(1), 40–49. https://doi.org/10.22219/jp2sd

Prayuda, R., Bohne, M., Faisal Amrillah, M., Fikri, R., Akbar, A., & Irfan Rosyadi, M. (2025). Optimalisasi Geopark Gulamo Sebagai Potensi Geowisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 3(3), 194–206. https://doi.org/10.22219/janayu.v6i3.40621

Purwanti, R. R., & Faisal, A. (2023). Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education , 7(1), 2614–1752.

Purwanto, H., Hayatillah, S., Wiasih, S., Listiani, Niamillah Mabrur, A., & Mahpudin. (2024). Strategi Membangun Generasi Peduli Lingkungan dan Implementasi Pendidikan Lingkungan di Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(2), 95–102. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/index

Puspa Hapsari, A., Zalzabila, A., & Mutolib, A. (2024). Peningkatan Kesadaran Siswa Mengenai Pelestarian Lingkungan Melalui Kegiatan Sekolah Alam Pada Sekolah Dasar Di Desa Sukamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Inovatif, 3(3), 89–95.

Qibtiyya, M. (2025). Membangun Pariwisata Kelas Dunia: Peran Strategis Kebumen Geopark Youth Forum (KGYF) dalam Mewujudkan Geopark Kebumen sebagai UNESCO Global Geopark. Tourisma: Jurnal Pariwisata, 7(1), 65. https://doi.org/10.22146/gamajts.v7i1.105238

Raysa Azzahra, P., Rizka, N. E., Pratami, I. P., Karina, N. A., Khairiyah, Y., Furqan, A., Studi Biomanajemen, P., Ilmu dan Teknologi Hayati, S., Teknologi Bandung, I., Studi Biologi, P., Arsitektur, S., & dan Pengembangan Kebijakan, P. (2023). Identifikasi Praktik Ecolodge di Indonesia Berdasarkan Prinsip Ekowisata: Studi Literatur. Jurnal Nasional Pariwisata, 13(1), 52–78.

Sianturi, G. R., Susan, A., Yulisna, & Hadiyanto. (2024). Peran Pendidikan Berbasis Lingkungan Dalam Membentuk Generasi Berkelanjutan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 234–245.

Siregar, A. D., Ritonga, D. M. M., Said, Y. M., Rizky, S. A., Trianda, O., & Misnawati. (2023). Pelatihan Kelompok Pemandu Geowisata Di Desa Air Batu Kawasan Geopark Nasional Merangin, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 3, 22–29.

Sisriany, S., & Furuya, K. (2024). Understanding the Spatial Distribution of Ecotourism in Indonesia and Its Relevance to the Protected Landscape. Land, 13(3). https://doi.org/10.3390/land13030370

Sukarna, R. M. (2021). Interaksi Manusia Dan Lingkungan Dalam Perspektif Antroposentrisme, Antropogeografi Dan Ekosentrisme (Human and Environment Interactive in the Perspective of Antroposentrism, Antropogeography and Ecocentrism). Hutan Tropika, 16(1), 83–100. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JHT

Tapa, A., & Hidayah. (2023). Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan Media, 12(1), 27–34.

Utama, H. W., Misnawati, M. M., Siregar, A. D., Kirana, F. F. C., Wahyudi, E., Ritonga, D. M. M., & Marlina, L. (2023). Peran Perguruan Tinggi Dalam Pembangunan Keberlanjutan Geopark Di Uggp Merangin Jambi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 7(3), 156–162. https://doi.org/10.23960/jss.v7i3.479

Utama. Hari Wiki, Siregar, D. A., Ritonga, D. M., & Amin, S. S. (2024). Geopark Goes To School Di Sman 03 Kota Jambi Dan Smk Muhammadiyah Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 133–138.

Widiantari, N. P. T., Masyhudi, L., Ulfa, I., Idrus, S., & Martayadi, U. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Destinasi Wisata Alam Aik Nyet Desa Buwun Sejati. JRT Journal Of Responsible Tourism, 2(2), 379–392.

Yansah, O., Asbari, M., Jamaludin, G. M., Marini, A., & Ms, Z. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang. Journal Of Information Systems And Management, 02(05), 48–52. https://youtu.be/rOvhjhEbopo?si=QJlBQhbyMYiLnT4M

Yaroviy, S. M., Yarovyy, Y. M., Riumin, V. V., & Solodovnyk, Y. Y. (2024). The bearing capacity reserves of steel columns of a single-span frame with a proportional increase in loading history. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1376(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1376/1/012021




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.33943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dewi Fatimah Azzahra, Febiola Djangkaru Ramadani, M Ridwan Sakhowi, Mochamad Chilmi Ubaid, M. Qafid Jalaludin, Faridatul Istighfaroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: