EKSPLORASI HERBAL LOKAL KALIMANTAN UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN DAN EDUKASI SISWA MTS DAN MA SEBAGAI IMPLEMENTASI SDGS

Nily Su'aida, Muliyani Muliyani, Karina Erlianti

Abstract


Abstrak: Kalimantan memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah, termasuk berbagai tanaman lokal dengan potensi manfaat kesehatan yang tinggi. Namun, pemanfaatan tanaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari masih terbatas, khususnya di kalangan siswa. Program pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengenalkan pemanfaatan tanaman lokal khas Kalimantan sebagai solusi kesehatan bagi 26 siswa Mts dan MA Desa Rumpiang. Metode kegiatan meliputi identifikasi tanaman berkhasiat, pelaksanaan pre-test dan post-test terkait pengetahuan obat tradisional, penyuluhan kepada siswa, serta pelatihan pembuatan produk berbasis tanaman herbal. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan mitra tentang pemanfaatan tanaman lokal yang ditunjukkan dengan kenaikan skor rata-rata sebesar 15,32% pada siswa MTs dan 35,42% pada siswa MA. Selain itu, siswa memperoleh keterampilan dalam pembuatan hand sanitizer, jamu, dan masker alami yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif terapi untuk berbagai masalah kesehatan. Program ini juga berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada tujuan kesehatan yang baik dan kesejahteraan (SDG 3) serta pendidikan berkualitas (SDG 4).

Abstract: Kalimantan is rich in biodiversity, including a wide range of local plants with significant potential health benefits. However, the utilization of these plants in daily life remains limited, particularly among students. This community engagement program aimed to explore and introduce the use of local Kalimantan plants as health solutions for students at MTs and MA in Rumpiang. The methods included identifying medicinal plants, conducting pre-tests and post-tests related to traditional medicine knowledge, delivering educational sessions, and providing training on the production of herbal-based products. The results demonstrated an increase in students’ knowledge of local plant utilization, as indicated by an average score improvement of 15.32% among MTs students and 35.42% among MA students. Furthermore, the participants acquired practical skills in producing herbal hand sanitizers, jamu, and natural facial masks as alternative therapies for various health issues. This program contributes to the achievement of the Sustainable Development Goals (SDGs), particularly good health and well-being (SDG 3) and quality education (SDG 4).


Keywords


Local Kalimantan Plants; Traditional Medicine; Student Health; SDGs.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agbana, R. D., Abioye, O. O., Ipinnimo, T. M., Ibirongbe, D. O., Elegbede, E. O., & et al. (2023). Knowledge of skin diseases and associated risk factors among students of a public secondary school in Ekiti State, Nigeria. Epidemiology & Public Health, 1(2), Article 1020. https://doi.org/10.52768/epidemiolpublichealth/1020

Apriliyana, N. S., Su’aida, N., Fadillah, A., Abdi, M., Azkya, N., Nadiati, N., & Halimah, S. (2025). Karakterisasi fitokimia dan uji daya hambat senyawa daun kelakai (Stenochlaena palustris) khas Kalimantan terhadap bakterium Propionibacterium acnes secara in vitro. Borneo Journal of Pharmascientech, 9(1), 63–72. https://doi.org/10.59053/bjp.v9i1.576

Dessie, A. M., Feleke, S. F., Workie, S. G., Abebe, T. G., Chanie, Y. M., & Yalew, A. K. (2022). Prevalence of skin disease and its associated factors among primary schoolchildren: A cross-sectional study from a northern Ethiopian town. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, 15, 791–801. https://doi.org/10.2147/CCID.S361051

Fudhla, A., Dewi, A. P., Utomo, W., & Keperawatan, F. (2019). Persepsi masyarakat tentang pengobatan tradisional. JOM FKp, 6(1). [perlu dilengkapi dengan halaman & URL]

Isenaj, Z. S., Moshammer, H., Berisha, M., & Weitensfelder, L. (2025). Effect of an educational intervention on pupil’s knowledge, attitudes, perceptions, and behavior on air pollution in public schools in Pristina. European Journal of Investigation in Health, Psychology and Education, 15(5), 69. https://doi.org/10.3390/ejihpe15050069

Lestari, N. (2022). Pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) masyarakat Desa Jirak Kabupaten Sambas. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 3(1).

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology, 61, 101860. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860

Safithri, M., Andrianto, D., Fitrilia, T., Rosyidah, U. M. S., & Purwanto, S. (2025). Peningkatan kesehatan melalui pengolahan sumber daya herbal menjadi minuman fungsional SIJAKA. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 246–258. https://doi.org/10.30997/qh.v11i2.18127

Shivaraju, P., Manu, G., M., V., & Savkar, M. (2017). Evaluating the effectiveness of pre- and post-test model of learning in a medical school. National Journal of Physiology, Pharmacy and Pharmacology, 7(9), 1. https://doi.org/10.5455/njppp.2017.7.0412802052017

Siswanto, H., Hendrawan, H., & Kusumawardani, N. (2020). Bunga rampai kinerja pembangunan kesehatan Indonesia: Tantangan, masalah, dan solusi. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB). ISBN 978-602-373-179-4

Soemarie, Y. B., & Su’aida, N. (2024). Etnofarmasi khas Kalimantan (1st ed., Vol. 1). PT Sonpedia Publishing.

Su’aida, N., Soemarie, Y. B., Erlianti, K., & Tohari, S. (2023). Edukasi dan pelatihan pembuatan home remedies untuk mengurangi masalah kesehatan mental. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(4), 3388. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15884

Su’aida, N., Soemarie, Y. B., Fauzi, M., & Erlianti, K. (2024). Pelatihan pembuatan “natural soap bar” untuk mengatasi masalah kesehatan kulit di Pondok Pesantren X Barito Kuala. Jurnal Masyarakat Mandiri, 8(4), 3720–3730. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24645

Supiandi, M. I., Mahanal, S., Zubaidah, S., Julung, H., & Ege, B. (2019). Ethnobotany of traditional medicinal plants used by Dayak Desa community in Sintang, West Kalimantan, Indonesia. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 20(5). https://doi.org/10.13057/biodiv/d200516

Wajnah. (2024). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode pemberian hadiah (reward) pada mata pelajaran PKn. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 3770–3774.

Wahyunni, Y. D., Raynaldo, A., Marista, E., Bibas, E., Kurnia, F., Linda, R., Suropati, U., & et al. (2025). Eksplorasi biodiversitas lokal Kalimantan Barat dan pengenalan platform biologi di SMAN 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pasopati, 7(1). http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati

Yew, Y. W., Yu Kuan, A. H., Ge, L., Yap, C. W., & Heng, B. H. (2020). Psychosocial impact of skin diseases: A population-based study. PLoS ONE, 15(12), e0244765. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0244765

Yuliantio, S. (2017). Penggunaan tanaman herbal untuk kesehatan. Jurnal Kebidanan Dan Kesehatan Tradisional, 2(1), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nily Su'aida, Muliyani, Karina Erlianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: