PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM: MENINGKATKAN AKSES PASAR DENGAN MEDIA SOSIAL

Dirvi Surya Abbas, Munawar Muchlish, Lauw Tjun Tjun

Abstract


Abstrak: Permasalahan utama mitra UMKM di tanah tinggi, kota Tangerang adalah rendahnya pemahaman mengenai digital marketing, khususnya terkait preferensi konsumen dalam mengakses informasi produk secara mudah dan cepat. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan literasi digital pelaku UMKM agar mampu memahami perilaku pasar serta memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Metode yang digunakan berupa sosialisasi dan pelatihan interaktif kepada 25 pelaku UMKM melalui penyajian materi dan praktik langsung. Evaluasi dilakukan dengan 10 soal pre-test dan 10 soal post- test untuk mengukur peningkatan pemahaman. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan soft skill sebesar 95% dalam pemahaman strategi pemasaran digital serta peningkatan hard skill sebesar 95% dalam penggunaan media sosial untuk promosi. Selain itu, beberapa peserta melaporkan kenaikan nilai ekonomis rata-rata 95% dalam tiga bulan pertama setelah penerapan strategi. Hal ini menegaskan bahwa digital marketing dapat menjadi solusi penting dalam meningkatkan daya saing UMKM di era ekonomi digital.

Abstract: The main problem faced by MSMEs in tanah tinggi, Tangerang city is the lack of understanding of digital marketing, particularly in terms of consumer preferences for easy and fast access to product information. This community service aims to improve the digital literacy of MSME actors so they can understand market behavior and utilize social media as a marketing tool. The method applied consisted of socialization and interactive training involving 25 MSME participants through material presentation and hands-on practice. Evaluation was conducted using pre-test and post-test assessments to measure knowledge improvement. The results indicated a 95% increase in soft skills related to digital marketing strategies and a 95% increase in hard skills in using social media for promotion. In addition, several participants reported an average economic growth of 95% within the first three months of implementation. These findings highlight that digital marketing is a crucial solution to enhance MSME competitiveness in the digital economy era.


Keywords


MSME; Digital Marketing; Digital Literacy; Social Media; Skill Improvement.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abbas, D. S., Basuki, Immawati, S. A., & Mulyadi. (2021). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Pada UKM KSPPS Abdi Kerta Raharja. Journal of Community Dedication and Development, 1(1), 11–18.

Abbas, D. S., Eksandy, A., & Hakim, M. Z. (2020). Pelatihan Tata Cara Pendaftaran NPWP dengan Sistem E-Registration Pada UKM KSPPS Abdi Kerta Raharja. Prosiding SEMADIF, 1.

Abbas, D. S., Eksandy, A., Hakim, M. Z., & Santoso, S. B. (2020). Sosialisasi Pelaporan Spt Tahunan Pph Op 1770 S Melalui E-Filing Pada Umkm Kspps Abdi Kerta Raharja. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 198–207. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.7905

Achmad Irfan, F. (2020). Dampak Corona, Ratusan UMKM di Kota Tangerang Terancam Gulung Tikar. Tangerang News.

Lisnawati. (2023). Tantangan UMKM Di Tahun 2024. Isu Sepekan Bidang Ekkuinbang, Komisi VI DPR RI, 1–2.

Mirzal, Ina, & Tjipto. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Produk Kerajinan di Kelurahan Rawa Buaya, Jakarta Barat. Jurnal Abdi Masyarakat, 4(2), 46–54.

Mistriani, N., Tutik, T., & Yuliamir, H. (2021). Pelatihan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Informasi Bagi Karang Taruna, Umkm Masyarakat Lokal Dalam Strategi Pemasaran “ …. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(2), 505–516.

Mulyapradana, A., Zulkarnain, A., Anjarini, A. D., Satriawan, D. G., Abbas, D. S., Muafiq, F., ... & Purnamasari, W. (2021). HRM 4.0: Towards Optimization, Creativity and Agility. GCAINDO.

Nurhayarti, N., Sugiyarti, L., Hanah, S., Asmilia, N., & Sutandijo, S. (2022). Optimalisasi Penjualan melalui Digital Marketing. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 4(2), 113–124. https://doi.org/10.21632/jpmi.4.2.113-124

Nurlinda Sari, Risky Laras Syari, Rio, Humairo, & Abdul Pandi. (2025). Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UMKM di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.58540/jipsi.v4i1.787

Pakpahan, A. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Retnowati, W., Ismawati, I., & Muchlish, M. (2023, September). Pelatihan E Commerce Untuk Perdagangan Online Sebagai Usaha Peningkatan Omzet Perdagangan Bagi UMKM. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 5).

Saputro, E. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pengembangan Usaha Bagi Umkm (Studi Kasus Bandeng Presto Di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati). Jurnal Ekonomi, 1-112.

Setiyawan, A., Erikawati, C., Mumtaz, L., & Susilowati, E. (2025). Optimalisasi digital marketing bagi UMKM: Pelatihan digital marketing dan strategi konten di sosial media. Penamas: Journal of Community Service, 5(3), 387–394. https://doi.org/10.53088/penamas.v5i3.2158

Sinaga, T. L. T., & Pabulo, A. M. A. (2024). Pendampingan Digital Marketing untuk Meningkatkan Efesiensi Pemasaran pada UMKM Omah Jamu. Abdimas Awang Long, 7(2), 80–85. https://doi.org/10.56301/awal.v7i2.1247

Sukmadewi, Y. D. (2017). Sosialisasi Legalitas Dan Manajemen Usaha Bagi Pelaku Usaha Umkm Di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang Oleh : Fakultas Ekonomi Universitas Semarang Semester Genap. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat ( PkM ) Universitas Semarang.

Wahyudi, M. A. (2025). Peningkatan Strategi Pemasaran Digital pada UMKM Konveksi Melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dan Marketplace. Eastasouth Journal of Positive Community Services, 3(03), 87–98. https://doi.org/10.58812/ejpcs.v3i03.345

Yarlina, V. P., Huda, S., & ... (2021). Pengembangan Dan Pemasaran Produk Pangan Lokal Secara Digital Di Era Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(4), 1–8.

Yazfinedi. (2018). Usaha mikro, kecil, dan menengah di indonesia: permasalahan dan solusinya. Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, XIV, 33–41.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dirvi Surya Abbas, Munawar Muchlish, Lauw Tjun Tjun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: