INOVASI TARI CATUR WANARA SEBAGAI MEDIA REGENERASI PELAKU SENI DAN EDUWISATA KANDRI

Lesa Paranti, Rimasari Pramesti Putri, Anik Maghfiroh, Immanuel Ananda Ista

Abstract


Abstrak: Potensi seni tari di Desa Wisata Kandri terhambat karena minimnya minat remaja dan frekuensi pentas yang hanya setahun sekali. Untuk mengatasi hal ini, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah memberikan inovasi tari yang terinspirasi Legenda Goa Kreo Desa Kandri untuk mewujudkan regenerasi pelaku seni dan eduwisata Kandri. Mitra program ini adalah Karang Taruna Kandri dengan peserta adalah remaja yang mau dan mampu mengikuti program sampai akhir dan berkomitmen untuk menjadi kader pelaku seni Desa Wisata Kandri. Program ini dilaksanakan melalui tahapan pra-pelaksanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap pelaksanaan terdiri atas inovasi tari, sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Evaluasi hasil pelatihan dilakukan dengan pengamatan di setiap sesi pelatihan dan penilaian ketrampilan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 1) sejumlah 15 peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik dilihat dari partisipasi selama mengikuti program dan terdapat peningkatan keterampilan menari, merias, serta berbusana, 2) tersedia kostum dan alat make up yang memadai dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, 3) terbentuk kader pelaku seni dan penanggung jawab pemeliharaan kostum. Rencana keberlanjutan program diantaranya Tari Catur Wanara secara rutin akan diajarkan kepada masyarakat Desa Kandri, dipentaskan pada hari besar dan menjadi tari penyambutan tamu bagi wisatawan.

Abstract: The potential of dance in Kandri Tourism Village is hampered by the lack of interest from young people and the frequency of performances is only once a year. To overcome this, the purpose of this activity is to provide dance innovations inspired by the Legend of Goa Kreo in Kandri Village to realize the regeneration of artists and Kandri educational tourism. The partner of this program is Karang Taruna Kandri with participants being teenagers who are willing and able to follow the program until the end and are committed to becoming cadres of artists in Kandri Tourism Village. This program is implemented through pre-implementation, implementation, and evaluation stages. The implementation stage consists of dance innovation, socialization, training, and mentoring. Evaluation of training results is carried out by observing each training session and assessing skills. The results of the activity show that 1) a total of 15 participants were able to participate well in the activity as seen from their participation during the program and there was an increase in their dancing, make-up, and clothing skills, 2) adequate costumes and make-up tools are available and can be used by the community, 3) a cadre of artists and a person responsible for costume maintenance was formed. The program's sustainability plan includes the Catur Wanara Dance being taught regularly to the Kandri Village community, performed on major holidays, and being a welcoming dance for tourists.


Keywords


Innovation; Catur Wanara Dance; Regeneration; Edutourism; Tourism Village Kandri.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Budiarsa, Y. T., Permatasari, D. L. N., & Nugroho, A. B. H. (2024). Peningkatan Nilai Tambah Paket Edukasi Desa Wisata Kandri Melalui Perancangan Instrumen Penilaian Psikologi. Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 49–54. https://doi.org/10.24167/patria.v6i1.4421

Daniar, M., & Widhyasmaramurti, W. (2022). Kajian Etnolinguistik Busana Kebaya Janggan Hitam Khas Kraton Yogyakarta. Journal of Social Research, 1(11), 327–343. https://doi.org/10.55324/josr.v1i11.319

Deliana, D., Purbosaputro, E., Sunyoto, S., Sujatmiko, S., & Suyamto, S. (2024). Memperkuat Identitas Lokal dalam Globalisasi Melalui Pariwisata dan Pelestarian Budaya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 1561–1573. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10675

Elina, M., Murniati, M. M., & Darmansyah, D. D. (2018). Pengemasan Seni Pertunjukan Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata di Istana Basa Pagaruyung. Panggung, 28(3), 304–316. https://doi.org/10.26742/panggung.v28i3.475

Hudayana, B., Kutanegara, P. M., Setiadi, S., Indiyanto, A., Fauzanafi, Z., Nugraheni, M. D. F., Sushartami, W., & Yusuf, M. (2019). Participatory Rural Appraisal (PRA) untuk Pengembangan Desa Wisata di Pedukuhan Pucung, Desa Wukirsari, Bantul. Bakti Budaya, 2(2), 3. https://doi.org/10.22146/bb.50890

Junaid, I. (2023). Tantangan dan Strategi Pengelolaan Desa Wisata: Perspektif Peserta Pelatihan Pariwisata. Journal of Mandalika Review, 2(2). https://doi.org/10.55701/mandalika.v2i2.87

Kusumayadi, F., Munandar, A., & Muhsanan. (2021). Pengembangan Ekowisata Diwu Wau Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima. Jurnal IPMAS, 1(1), 25–29. https://pusdig.my.id/ipmas/article/view/27%0Ahttps://pusdig.my.id/ipmas/article/download/27/22

Lesa Paranti, Alif Farkhatunnisa, Ardha Dwi Fauzizah, Mochammad Usman Wafa, & Nely Zulfa. (2023). Sosialisasi Sadar Wisata sebagai Upaya Peningkatan PartisipasiAktifMasyarakat Guna Mewujudkan Pariwisata Budaya Berkelanjutandi Desa Wisata Tanon Kabupaten Semarang. Varia Humanika, 4(2).

Muhsin, A., Nafisah, L., & Siswanti, Y. (2018). Participatory Rural Appraisal (PRA) for Corporate Social Responsibility (CSR). In Deepublish. Deepublish.

Nuraini, I. (2011). Tata Rias dan Busana Wayang Orang Gaya Surakarta. Program Pascasarjana ISI Yogyakarta.

Osin, R. flaviona, & Purwaningsih, N. komang. (2020). Peran Generasi Milenial dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 63–74. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2690

Paranti, L., Pebrianti, S. I., Seriati, N. N., & Kasmahidayat, Y. (2023). Apresiasi Pertunjukan Tari. Unnes Press.

Pratiwi, E. D., Rulyansah, A., Mariati, P., & Widiana, D. (2022). Analisis Penerapan Metode Eksploratif pada Pembelajaran Seni Tari untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas 2 di SDN Made 1 Surabaya. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(2), 145–151. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i2.12604

Prayogi, P. A., Yogaantara, K. K., & Wartana, M. H. (2023). Optimalisasi Peran Serta Karang Taruna Didalam Mengembangkan Potensi Wisata Di Aliran Sungai Telaga Waja Kabupaten Karangasem. SAVE: Synergy and Society Service, 3(2), 84–93. https://doi.org/https://doi.org/10.51713/save.v3i2.80

Purnama, Y. (2015). Peranan Sanggar Dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Betawi. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 7(3), 461. https://doi.org/10.30959/patanjala.v7i3.112

Ratna, M. P., Eswari, G. P. A., Alfarisy, F., Lenggahing Asri, & Aditya Nur Patria. (2021). Penerjemahan Buku Profil Desa Wisata Kandri, Gunungpati, Semarang. HARMONI, 5(1), 65–69.

Setiyadi, D., Hartono, H., Rokhman, F., & Wagiran, W. (2024). Menjaga Tradisi Lewat Tari; Eksplorasi Seni Lengger Banyumasan sebagai Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar. Journal of Teaching In Elementary Education, 8(2), 100–112. https://doi.org/https://doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.8778

Tirana, R. I., & Briliana, F. N. R. (2024). Strategi Peningkatan Pengelolaan Kawasan yang Efektif dan Berkelanjutan pada Desa Wisata Kandri Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Membangun Desa Dan Pertanian, 9(4), 369–382. https://doi.org/10.37149/jimdp.v9i4.1214

Utina, U. T. (2018). Peran Masyarakat Kandri dalam Mengembangkan Potensi Seni Pada Pariwisata di Desa Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(2). https://doi.org/10.30870/jpks.v3i2.4576

Wibowo, A. (2020). Analisis Pengembangan Desa Wisata Melalui Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dalam Perspektif Maqashid Syariah (Studi di Desa Wisata Kandri Gunungpati Semarang) [Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. In Repository UIN Siber Syekh Gunung Jati Cirebon. https://repository.syekhnurjati.ac.id/14481/




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lesa Paranti, Rimasari Pramesti Putri, Anik Maghfiroh, Immanuel Ananda Ista

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: