EFEKTIVITAS DIGITAL PARENTING BERBASIS ROLE MODELLING DALAM PENGASUHAN ANAK PENGGUNA GADGET DI ERA DIGITAL

Rini Fitriani, Zaki Ulya

Abstract


Abstrak: Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak besar terhadap pola pengasuhan anak, khususnya dalam mengatasi risiko kecanduan gawai, cyberbullying, hingga paparan konten negatif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam menerapkan digital parenting sebagai pendekatan strategis dalam pengasuhan anak di era digital. Kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan 50 orang tua dan mahasiswa KKN melalui metode penyuluhan, diskusi kelompok terarah, serta simulasi kasus. Sistem evaluasi dilakukan menggunakan kuesioner pra–pasca kegiatan dan refleksi diri peserta untuk menilai peningkatan pengetahuan serta internalisasi peran orang tua sebagai role model digital. Indikator keberhasilan kegiatan meliputi peningkatan pemahaman peserta terhadap strategi digital parenting, keterlibatan aktif dalam diskusi dan simulasi, serta komitmen menyusun rencana tindak lanjut pengasuhan digital di rumah. Hasil menunjukkan bahwa 76% peserta memahami konsep dan strategi digital parenting seperti mediasi aktif, role modelling digital, serta penggunaan aplikasi kontrol orang tua. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan edukatif-partisipatoris efektif dalam membentuk perilaku digital anak yang sehat dan bertanggung jawab serta menciptakan lingkungan pengasuhan yang adaptif dan suportif.

Abstract: The advancement of digital technology has significantly influenced parenting patterns, particularly in addressing gadget addiction, cyberbullying, and exposure to harmful content. This community service program aimed to enhance parents’ understanding and skills in implementing digital parenting as a strategic approach to child-rearing in the digital era. Conducted in collaboration with 50 parents and university students, the program employed counseling sessions, focus group discussions, and case simulations. The evaluation system applied pre–post questionnaires and self-reflection to assess changes in participants’ knowledge and awareness, as well as their ability to internalize their role as digital role models. Success indicators included improved understanding of digital parenting strategies, active engagement in discussions and simulations, and the formulation of follow-up parenting plans at home. Results showed that 76% of participants demonstrated good comprehension of digital parenting concepts and strategies, such as active mediation, digital role modeling, and the use of parental control applications. These findings confirm that an educative-participatory approach is effective in fostering healthy and responsible digital behavior in children while creating a supportive and adaptive parenting environment.


Keywords


Digital Parenting; Child-Rearing; Technology; Digital Literacy.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2016). Perkembangan Media Informasi Dan Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Globalisasi. Prosiding The 5th International Conference on Indonesian Studies: “Ethnicity and Globalization,” 4, 362–371. https://adoc.pub/perkembangan-media-informasi-dan-teknologi-terhadap-anak-dal.html

Apsari, N. C., Nurfauziah, L. S., & Asiah, D. H. S. (2023). Dampak Penggunaan Gawai (Gadget) Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Share : Social Work Journal, 13(1), 11–22. https://doi.org/10.24198/share.v13i1.40927

Arsini, Y., Zahra, M., & Rambe, R. (2023). Pentingnya Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikologis Anak. MUDABBIR (Journal Reserch and Education Studies), 3(2), 36–49. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v3i2.369

Ayunia Lestari, P., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Ayunda Rahmaputri Isnawan, O., Mulyana, A., Rahayu, P., Nuraeni, F., & Fajar Nugroho, O. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 47–54. https://doi.org/10.17509/ijocsee.v2i1.45696

Cahya, K. (2021). Literature Study of Modeling Techniques in the Process of Changing Smartphone Addictive Behavior in Early Children. Early Childhood Education and Development Journal, 3(2), 59–67. https://jurnal.uns.ac.id/ecedj

Habsari, H., Krisna, L. A., & Fitriani, R. (2024). Efektivitas pemenuhan hak pendidikan anak pada wilayah pesisir di Gampong Kuala Penaga kec. Bendahara, Aceh Tamiang. Meukuta Alam: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(2), 233–247. https://ejurnalunsam.id/index.php/majim/article/view/10859

Hadi, R., & Sumardi, L. (2020). Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini Pada Era Revolusi Industri 4.0. ThufuLA, 8(1), 15–28. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636

Kabali, H. K., Irigoyen, M. M., Nunez-Davis, R., Budacki, J. G., Mohanty, S. H., Leister, K. P., & Bonner Jr, R. L. (2015). Exposure and Use of Mobile Media Devices by Young Children. Pediatrics, 136(6), 1044–1050. https://doi.org/10.1542/peds.2015-2151

Krisna, L. A. (2018). Hukum Perlindungan Anak: Panduan Memahami Anak yang Berkonflik Dengan Hukum (R. Fitriani (ed.)). Deepublish.

Kurniawan, M., Wibowo, B., Fajri, A., Pradana, K., Hakim, L., & Hidayat, M. M. (2025). Penyuluhan Hukum Mengenai Isu Keluarga Dan Umkm Di Desa Semawung. Jurnal Indonesia Mengabdia, 4(1), 14–19. https://doi.org/10.55080/jim.v3i3.1361

Livingstone, S., & Helsper, E. J. (2008). Parental mediation of children’s internet use. Journal of Broadcasting and Electronic Media, 52(4), 581–599. https://doi.org/10.1080/08838150802437396

Modecki, K. L., Goldberg, R. E., Wisniewski, P., & Orben, A. (2022). What Is Digital Parenting? A Systematic Review of Past Measurement and Blueprint for the Future. Perspectives on Psychological Science, 17(6), 1673–1691. https://doi.org/10.1177/17456916211072458

Muzaini, M. C., Najib, M., Mahmudah, A., & Nisa, A. K. (2023). Implementasi Metode Simulasi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1), 77–95. https://doi.org/10.22373/pjp.v12i1.17573

Nurhayati, Y., & Chandra, R. D. A. (2025). Literasi Digital Anak Usia Dini: Tinjauan Sistematis Atas Peluang Edukasi dan Risiko Adiksi di Era Teknologi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 478–488. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2444

Puspita, S. (2020). Monograf: Fenomena Kecanduan gadget Pada Anak Usia Dini. Cipta Media Nusantara (CMN).

Rachmaniar, A. (2022). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital. Journal of Education and Counseling (JECO), 2(1), 148–158. https://doi.org/10.32627/jeco.v2i1.394

Sa’ngadah, N., Arief, Y. S., & Krisnana, I. (2020). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Dengan Kecanduan Gadget. Bimiki, 8(2), 56–62. https://doi.org/10.53345/bimiki.v8i2.132

Unggul, A., & Sajawadi, L. (2024). Analisis Perubahan Perilaku pada Anak Usia Dini yang Kecanduan Gawai. Jurnal Cerlang Pendidikan Anak Usia Dini(JCPAUD), 1(2), 16–22. https://doi.org/10.37640/jcpaud.v1i2.2077

Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya Di PAUD Ummul Habibah. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 29–34. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/888/

WS, F. N. (2021). Hubungan Intensitas Penggunaan Gedget dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Interaksi Sosial Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun). [STIKES Ngudia Husada Madura]. https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/861/




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rini Fitriani, Zaki Ulya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: