PENINGKATAN KEMANDIRIAN PANGAN MELALUI PENERAPAN MEREK DAN PEMASARAN DIGITAL PRODUK BERAS PADA LPM SARITANI

Siti Mariyani, Ekalia Yusiana, Afifa Nurhanifah

Abstract


Abstrak: Kebutuhan beras yang semakin meningkat menjadi peluang bagi LPM Saritani dalam melakukan usaha dan produksi beras. Akan tetapi, LPM mamiliki beberapa permasalahan utama yaitu manajemen produksi dan pemasaran hasil produk beras. Kegiatan PkM bertujun untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kolompok LPM Saritani melalui penerapan merek dan pemasaran digital produksi beras untuk meningkatkan kemandirian pangan di Desa Sarijaya. PKM menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA) dan dilaksanakan pada Agustus 2025 dengan melibatkan tim dosen dan mahasiswa, serta mitra PKM yaitu LPM Saritani dengan jumlah anggota 25 petani. Evaluasi kegiatan PKM dilakukan untuk mengukur tingkat pengetahuan dan keterampilan mitra dengan pretest dan postest menggunakan skala likert. Hasil kegiatan PKM yaitu telah terlaksana sosialisasi, penyuluhan tentang pemasaran digital produk beras berupa website serta praktik pengemasan beras merek lumbung Saritani. Hasil evaluasi terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra tentang pemasaran digital dari 74% menjadi 88%, serta pengetahuan dan keterampilan mitra dalam pengemasan produk yang menarik dari 76% menjadi 87%.

Abstract: The increasing demand for rice has created a business opportunity for LPM Saritani in rice production. However, LPM faces major challenges in production management and marketing. This PkM activity aims to improve the skills and knowledge of the LPM Saritani group through branding and digital marketing strategies to increase food independence in Sarijaya Village. PKM used the Participatory Learning and Action (PLA) method and took place in August 2025, involving lecturers, students, and PKM partners, including LPM Saritani's 25 farmer members. Evaluation of PKM activities is conducted to assess the level of knowledge and skills of partners using pretests and posttests, which are administered on a Likert scale. The results included socialization sessions, counseling about digital marketing using a website, and practical training in packaging rice under the Saritani barn brand. Evaluation showed increases in partner knowledge and skills in digital marketing from 74% to 88% and in attractive packaging from 76% to 87%.


Keywords


Rice; Community Food Barn; Brand; Digital Marketing; Farmers.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adi, P., Mulyani, R., Putri, A. N. H., Saputri, C. I., Alfiyah, H., Widyadana, J. R. A., Ma’rifah, K., & Khabibah, L. N. (2023). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Produk Pertanian di Desa Bodag, Madiun, Jawa Timur. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 6(2), 126. https://doi.org/10.20961/prima.v6i2.65249

Agustian, A., Darwis, V., & Muslim, C. (2022). Kebijakan Peningkatan Cadangan Pangan Masyarakat Melalui Pengembangan Lumbung Pangan Masyarakat Di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis VI, 36–42.

Ambarwati, D. P., Marwanti, S., & Irianto, H. (2023). Pengaruh Program Lumbung Pangan Masyarakat (Lpm) Terhadap Pendapatan Usahatani Padi Di Kabupaten Sukoharjo. AGRISTA, 11(2), 67–80.

Darmawan, D., Alamsyah, P., Jurusan, I. R., Nonformal, P., Keguruan, F., Pendidikan, I., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Artikel, I. (2020). Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan Di Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 160–169. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.41400

Dinas Pangan. (2020). Acuan Pengelolaan Lumbung Pangan Masyarakat di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Hendra, M., Judijanto, L., Prananda, G., Amin Fatulloh, M., & Rimbano, D. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Digital Marketing Untuk Usaha Mikro Dan Kecil. Murthada Journal of Human And Education, 4(6), 186–191.

Jamaluddin, A., Abdullah, S., & Salahuddin, S. (2023). Sikap Dan Partisipasi Petani Dalam Kegiatan Penyuluhan Padi Sawah Di Kelurahan Labibia Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Penyuluhan Dan Pengembangan Masyarakat, 3(3), 69. https://doi.org/10.56189/jippm.v3i3.47154

Lestari, A., Mariyani, S., & Setiawati, T. (2024). Partisipasi Petani Dalam Pelatihan Teknik Budidaya Jamur Merang Di Kabupaten Karawang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(6), 6391. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.27539

Marina, I., Dinar, & Izzah, L. H. (2022). Penguatan Lumbung Pangan Masyarakat Melalui Program Kemitraan. Journal Of Sustainable Agribusiness, 01(02), 53–60.

Mariyani, S. (2017). Strategi Pengembangan Lumbung Pangan Dalam Mendukung Ketersediaan Pangan Rumah Tangga Petani Padi Anggota Lumbung Pangan Di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu. Universitas Lampung.

Mariyani, S., Melani, A., Mustikasari, F., Rom, M., Fikri, A., & Sam’un, M. (2024). Community Empowerment Through The Utilization Of P2L (Pekarangan Pangan Lestari) To Support Food Security In Sindangkarya Village, Kutawaluya District, Karawang. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 20(2), 380–388.

Mariyani, S., Pandjaitan, N. K., & Sihaloho, M. (2022). The Role of Food Institutions in Rainfred Farmers Community in South Lampung District. Jurnal Agrimanex, 2(2), 142–153. https://journal.unsika.ac.id/agrimanex/article/view/6361

Paramitasari, N., & Magdalena, B. (2021). Penerapan Merek Dan Digital Marketing Dalam Produksi Pangan Beras Desa Banjarsari. IJCCS, 2(1), 42–51. https://jurnal.saburai.id/index.php/JAMS/article/view/1226

Purwaningsih, Y. (2008). Ketahanan Pangan: Situasi, Permasalahan, Kebijakan, Dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi Dan Pembangunan, 9(1), 1. https://doi.org/10.23917/jep.v9i1.1028

Rachmah, O. Z., & Ikomatussuniah. (2022). Pengaruh Lumbung Pangan (Food Estate) Guna Meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional Terhadap Masyarakat. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/364060057.

Rachmat, M., Budhi, G. S., Supriyati, N., & Sejati, W. K. (2016). Lumbung Pangan Masyarakat: Keberadaan dan Perannya dalam Penanggulangan Kerawanan Pangan. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 29(1), 43. https://doi.org/10.21082/fae.v29n1.2011.43-53

Raharto, A. (2020). Penanggulangan Covid-19 Dalam Kerangka Teori Kependudukan Malthus. Jurnal Kependudukan Indonesia, Edisi Khusus Demografi dan COVID-19, 1–6.

Sanjaya, K. P. A., Hartati, N. P. S., & Premayani, N. W. W. (2020). Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System History Article. Caradde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 65–75. https://doi.org/10.31960/caradde.v3i2.467

Sawitri Dj, A. W., & Sudarma, I. M. (2018). Peranan Lumbung Pangan Dalam Menjaga Ketahanan Pangan Di Kabupaten Tabanan. Jurnal Manajemen Agribisnis, 6(2), 20–23. https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/45155

Septiani, Y., & Muryanti. (2023). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Masyarakat Dalam Digital Marketing Hybrid.

Utami, Q., & Suprapti, I. (2020). Faktor Modal Sosial Terhadap Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Jagung Lokal Desa Guluk Guluk Kabupaten Sumenep. Agriscience, 1(1), 138–150. http://journal.trunojoyo.ac.id/agriscience

Zusrony, E., Santoso, A. B., Widyaningsih, D., Dianta, I. A., Purhita, E. J., Sumarlin, T., Aqham, A. A., Andriana, M., Fitrianto, Y., & Kusumaningtyas, D. D. (2024). Pelatihan Pemasaran Digital dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.30812/adma.v5i1.4023




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Mariyani, Ekalia Yusiana, Afifa Nurhanifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: