INTEGRASI TEKNOLOGI AI DAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM EKSPLORASI APLIKASI MATRIKS DI BIDANG KIMIA OLEH MAHASISWA

Mukhtamilatus Sa'diyah

Abstract


Abstrak: Perkembangan teknologi secara global mendorong adanya penyesuaian pembelajaran sehingga teknologi dapat secara maksimal dimanfaatkan untuk perkembangan pembelajaran mahasiswa. Salah satunya penggunaan teknologi adalah untuk memudahkan mahasiswa mengenali materi-materi matematika yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah-masalah di bidang kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana mahasiswa memanfaatkan teknologi digital (terutama ChatGPT dan youtube) untuk mengeksporasi penggunaan konsep matriks dalam berbagai topik kimia, terutama penyusunan persamaan reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitiannya adalah 73 mahasiswa Kimia/Pendidikan kimia yang memanfaatkan teknologi digital ChatGPT dan Youtube dalam pengerjaan tugas. Data yang dikumpulkan berupa dokumentasi tugas, observasi selama kegiatan pembelajaran, angket pelaksanaan kegiatan, dan wawancara. Hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan tahapan pada model Miles dan Duberman yang meliputi Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar mahasiswa sangat setuju dengan penggunaan ChatGPT dan youtube sebagai sarana untuk memahami konsep dan penggunaannya dalam konteks kimia. Setelah melakukan eksplorasi mandiri, mahasiswa dapat lebih mudah menjelaskan konsep dan mempelajari prosedur penyelesaian masalahnya. Hanya saja, ada beberapa tantangan yang muncul ketika mereka memanfaatkan teknologi digital tersebut, salah satunya adalah kesulitan dalam menentukan kevalidan informasi yang mereka dapatkan. Penelitian ini merekomendasikan integrasi teknologi digital secara sistematis dalam pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran dapat lebih terarah.

Abstract: Global technological developments have prompted adjustments to learning so that technology can be maximally utilized for the development of student learning. One such use of technology is to make it easier for students to recognize the mathematical materials needed to solve problems in the field of chemistry. This study aims to explore how students utilize digital technology (especially ChatGPT and YouTube) to explore the use of matrix concepts in various chemistry topics, particularly in formulating reaction equations. The method used in this study is descriptive qualitative with 73 chemistry/chemistry education students who utilize ChatGPT and YouTube digital technology in completing assignments as the research subjects. The data collected consisted of assignment documentation, observations during learning activities, activity implementation questionnaires, and interviews. The results of data collection were analyzed using the stages in the Miles and Duberman model, which included data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study show that most students strongly agree with the use of ChatGPT and YouTube as tools for understanding concepts and their application in the context of chemistry. After conducting independent exploration, students find it easier to explain concepts and learn problem-solving procedures. However, there are several challenges that arise when they utilize digital technology, one of which is the difficulty in determining the validity of the information they obtain. This study recommends the systematic integration of digital technology in learning so that learning activities can be more focused.


Keywords


Digital Learning; YouTube; ChatGPT; Matrices; Chemistry.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adeshola, I., & Adepoju, A. P. (2024). The opportunities and challenges of ChatGPT in education. Interactive Learning Environments, 32(10), 6159–6172. https://doi.org/10.1080/10494820.2023.2253858

Aldin, Sukmawati, & Muhammad. (2023). Penggunaan Youtube Dalam Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 5(3), 12–19. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Asri, S. D., T., A. Y., Siregar, N., & Meldi, N. F. (2024). Tantangan Pembelajaran Matematika: Perspektif Negatif Mahasiswa Terhadap Minat Dan Pemahaman Simbol Serta Rumus. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 163. https://doi.org/10.30870/jppm.v17i2.28777

Bozkurt, A., & Sharma, Ramesh, C. (2020). Emergency remote teaching in a time of global crisis due to CoronaVirus pandemic. Asian Journal of Distance Education, 15(1), 1–6.

Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2017). Implementasi flipped classroom dengan video tutorial pada pembelajaran fotografi komersial. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 20-36.

Cresswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Pearson Education, Inc.

Faulkner, F., Breen, C., Prendergast, M., & Carr, M. (2023). Profiling mathematical procedural and problem-solving skills of undergraduate students following a new mathematics curriculum. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 54(2), 220–249. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1953625

Gleason, N. (2022). ChatGPT and the rise of AI writers: How should higher education respond. Times higher education, 9.

Himma, N. F., Sarosa, A. H., Dewi, L. K., & Kartikowati, C. W. (2021). Aplikasi Matematika dan Pendekatan Komputasi untuk Teknik Kimia. Universitas Brawijaya Press. https://books.google.co.id/books?id=SS9MEAAAQBAJ

Ifenthaler, D., Hofhues, S., Egloffstein, M., & Helbig, C. (2021). Digital transformation of learning organizations. In Digital Transformation of Learning Organizations. https://doi.org/10.1007/978-3-030-55878-9

Jayantika, I. G. A. T., & Namur, G. (2022). Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Digital Matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 285. https://doi.org/10.5281/zenodo.7033331

Kusumaningrum, H., Unik Hanifah Salsabila, Nanik Rahmanti, Istiani Nur Kasanah, & Dian Sidik Kurniawan. (2022). Optimalisasi Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 5(1), 92–114.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Marleni, A. J., Friansah, D., Satria, T. G., Kuti, A., Lubuklinggau, K., & Selatan, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Math Bingo Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Development Of Math Bingo Learning Media On Mathematics Lessons In Class IV Elementary. 8(2), 160–167.

Milles, & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/588

Nursyahira, P., Mawaddah, D., Indahyani, N., Maisaroh, S., & Lubis, R. H. W. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Geogebra terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 4(2), 163–171.

OpenAI. (2024). ChatGPT: Optimizing language models for dialogue. Https://Autogpt.Net/. https://autogpt.net/category/chatgpt/

Putri, S. R., Hofifah, S. N., Girsang, G. C. S., & Nandiyanto, A. B. D. (2021). How to Identify Misconception Using Certainty of Response Index (CRI): A Study Case of Mathematical Chemistry Subject by Experimental Demonstration of Adsorption. Indonesian Journal of Multidiciplinary Research, 2(1), 143–158. https://doi.org/10.17509/ijomr.v2i1.38738

Raja, N., & Nagasubramani, P. C. (2018). Impact of modern technology in education. Journal of Applied and Advanced Research, 3(S1), 33–35. https://doi.org/10.1201/b12574-14

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Susnjak, T. (2024). education sciences ChatGPT : The End of Online Exam Integrity ? 1–20.

Sutarti, T., & Astuti, W. (2021). Dampak media youtube dalam proses pembelajaran dan pengembangan kreatifitas bagi kaum milenial. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 26(1), 89-101.

Suyanto, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Berkomunikasi, Berkolaborasi, dan Kreativitas pada Matriks melalui Kriptografi Menggunakan PjBL-STEM. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 216–225. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.503

Syahri, W. (2023). Penggunaan Multipel Representasi Dalam Membangun Pemahaman Mahasiswa Pada Kelompok Mata Kuliah Kimia Fisik. https://repository.unja.ac.id/57439/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/57439/1/Pidato Orasi Ilmiah_Prof. Wilda Syahri_Update sesuai Template.pdf

Syamili, A. N., & Zulfitria. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(7), 1088–1096.

Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122.

Wijaya, K., Syoufian, A., Tahir, I., & Hutama, A. S. (2021). Kimia Kuantum Untuk Perekayasa Nanomaterial. UGM Digital Press.

Yarin, A. J., Encalada, I. A., Elias, J. W., Surichaqui, A. A., Sulca, R. E., & Pozo, F. (2022). Relationship between Motivation and Academic Performance in Peruvian Undergraduate Students in the Subject Mathematics. Education Research International, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/3667076

Yunus, M., Ardiansyah, M. R., Jufri, J., Adyanata, A., Setiawan, A., & Rina, R. W. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2), 21–32. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.931

Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356

Yuswan, S. A., & Maat, S. M. (2021). Pengetahuan Konseptual dan Prosedural dalam Matematik: Satu Sorotan Literatur Sistematik. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(12), 94–108. https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i12.1178

Zhai, X. (2022). ChatGPT user experience: Implications for education. Available at SSRN 4312418.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mukhtamilatus Sa'diyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: