CAKAP DIGITAL, UMKM HEBAT: PELATIHAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM DI KOTA TEGAL
Abstract
Abstrak: Pelaku UMKM di Kota/Kabupaten Tegal masih menghadapi kendala berupa keterbatasan jangkauan penjualan yang berfokus pada offline, rendahnya literasi digital, dan minimnya pemahaman strategi pemasaran online. Kondisi ini menyebabkan UMKM kesulitan bersaing di era digital. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital, khususnya melalui TikTok Shop dan WhatsApp Business. Mitra kegiatan adalah 18 pelaku UMKM yang mengikuti sosialisasi, pelatihan, serta pendampingan praktis. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman dan keterampilan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan sebesar 70%, serta kepercayaan diri sebesar 65% dalam menggunakan platform digital. Beberapa UMKM mulai aktif memanfaatkan media sosial dan WhatsApp Business untuk promosi serta mampu menghasilkan konten digital lebih profesional. Dengan demikian, kegiatan PKM ini efektif mendorong kesiapan UMKM bersaing di era transformasi digital dan berpotensi meningkatkan nilai ekonomis usaha.
Abstract: Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Tegal Regency/City face challenges such as limited offline sales coverage, low digital literacy, and a lack of understanding of online marketing strategies. These conditions hinder their competitiveness in the digital era. This Community Service Program (PKM) aims to enhance MSMEs’ capacity in utilizing digital technology, particularly TikTok Shop and WhatsApp Business. The program involved 18 MSME participants through socialization, training, and practical mentoring. Evaluation was conducted using pre-test and post-test to measure improvements in knowledge and skills. The results indicated a 70% increase in digital marketing knowledge and skills, and a 65% boost in confidence to use digital platforms. Several MSMEs became more active in promoting their products through social media and WhatsApp Business, and were able to create more professional digital content. Therefore, this PKM program effectively supports MSMEs in competing in the digital transformation era and contributes to improving their economic value.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31
Anggraini, N. P. N., Rustiarini, N. W., & Satwam, I. K. S. B. (2022). Optimalisasi Pemasaran Digital Berbasis Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Umkm. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4888. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11216
Catur Trissetianto, A. (2025). Pengaruh Kebijakan Pemerintah terhadap Inovasi dalam Pemasaran Digital. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 6(3), 201–206. https://doi.org/10.38035/jimt.v6i3.4676
Eko Setia Budi, Ade Priyatna, Eva Zuraidah, Sanwani, Dito Tri Ardana, Aprilia Dimas Sahid, Ghifary Rafy Pratama, Kenji Ferdian Santosa, & Muhamad Irfan. (2024). Pelatihan dan Pemanfaatan Teknologi Whatsapp Business Dalam Mengembangkan Penjualan Produk Pada UMKM. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 293–299. https://doi.org/10.47065/jpm.v4i3.1627
Fadilah, A., Syahidah, A. nur’azmi, Risqiana, A., Nurmaulida, A. sofa, Masfupah, D. D., & Arumsari, C. (2021). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 892–896. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525
Imamiatul Jannah, Agung Dwi Bahtiar El Rizaq, & Muhammad Hadiatur Rahman. (2025). Pengaruh Penggunaan TikTok Shop terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Usia Sekolah di Era Digital. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 01(1) 617–630. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19169
Izalqurny Rizky Tomy, S. D. hartanto A. dkk. (2024). Peningkatan Kapasitas UMKM di Desa Pait Kasembonmelalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(4), 4243–4249.
Limanseto, H. (2022). Dukung UMKM Naik Kelas, Pemerintah Dorong Transformasi Ekonomi Berbasis Digital dan Tingkatkan Dukungan Pembiayaan - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Siaran Pers Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, 1–5. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3902/dukung-umkm-naik-kelas-pemerintah-dorong-transformasi-ekonomi-berbasis-digital-dan-tingkatkan-dukungan-pembiayaan
Maharani, S. (2023). Efektifitas_Digital_Marketing_dalam_Meningkatkan_P (1). 06(3), 357–367.
No, V., Hal, M., Anjari, B. G., Kristianingsih, T., & Ulya, I. (2025). Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Pendampingan Pemanfaatan Whatsapp Business untuk Media Pengarsipan dan Pemasaran Digital Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis. 5(1), 50–57.
Rika Avista, D., Arofatul Sekar Langit, U., & Artikel, I. (2025). Literasi Digital dan Penguatan UMKM: Tinjauan Teoritis terhadap Strategi Pemberdayaan di Daerah Terpencil. Paraduta : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 55–60. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Paraduta/article/view/913
Sangadji, F. A. P., Fitri, A. C. S., Sitanggang, D. A., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Peran Media Sosial Tiktok Sebagai Platform untuk Pengembangan Bisnis di Era Digital. KARYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 143–149.
Sari, T. O., & Suratman, A. (2025). Implementasi Live Shopping Platform Social Commerce Tiktok pada UMKM Aromaterapi Natureline. 288–309.
Sindi, P. P., & Wafa, Z. (2024). Transformasi Digital UMKM Pelatihan dan Pendampingan. 6, 235–240. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/4904?utm_source=chatgpt.com
Zahra Firdausya, L., Perwira Ompusunggu, D., & kunci, K. (2023). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Era Digital Abad 21 Micro, Small and Medium Enterprises (Msme) the Digital Age of the 21 St Century. Talijagad, 2023(3), 14–18. https://journal.unusida.ac.id/index.php/tali-jagad/index%7Ce
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Septina Gita Cahyani, Erni Unggul Sedya Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: