PENGUATAN KOMPETENSI GURU MELALUI LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA TRANSFORMASI PEMBELAJARAN

Sri Dewi Nirmala, Kristanti Ambar Puspitasari, Puryati Puryati, Riandi Marisa, Heri Wahyudi, Gina Damayanti, Sufina Siti Zulfa

Abstract


Abstrak: Guru berperan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan yang tidak tergantikan oleh teknologi. Salah satu kompetensi penting adalah kemampuan menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dan relevan dengan kebutuhan siswa. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan esensial untuk menjawab keragaman siswa, namun implementasinya masih menghadapi kendala. Kegiatan PkM ini bertujuan mendampingi guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi melalui lesson study. Kegiatan dilaksanakan pada Maret - Juni 2025 dengan melibatkan 25 guru kelas dan guru mata pelajaran. Pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA) digunakan melalui tiga tahap: perencanaan berbasis analisis kebutuhan, pelaksanaan melalui sosialisasi dan pendampingan, serta evaluasi dan tindak lanjut, berdasarkan tahapan Lesson Study yakni Plan, Do, dan See. Hasil pendampingan menunjukkan 80% guru meningkat pemahamannya mengenai pembelajaran berdiferensiasi, 75% mampu merancang perangkat pembelajaran berdiferensiasi, 70% mampu menerapkan strategi kolaboratif, dan 65% mampu menggunakan asesmen autentik. Lesson study terbukti efektif meningkatkan kompetensi guru, keterampilan refleksi, dan budaya kolaborasi. Kegiatan ini diharapkan menjadi model penguatan kompetensi guru untuk mewujudkan pembelajaran adaptif dan inklusif di sekolah dasar, dengan tindak lanjut pada penguatan diferensiasi yang terintegrasi pembelajaran mendalam.

Abstract: Teachers play a strategic role in improving the quality of education that cannot be replaced by technology. One important competency is the ability to organize educational learning that is relevant to students' needs. Differentiated learning is an essential approach to addressing student diversity, but its implementation still faces obstacles. This Community Service Program aims to assist elementary school teachers in implementing differentiated learning through lesson study. The activity was carried out from March to June 2025, involving 25 classroom teachers and subject teachers. The Participatory Rural Appraisal (PRA) approach was used in three stages: needs analysis-based planning, implementation through socialization and mentoring, and evaluation and follow-up, based on the Lesson Study stages of Plan, Do, and See. The results of the assistance showed that 80% of teachers improved their understanding of differentiated learning, 75% were able to design differentiated learning tools, 70% were able to apply collaborative strategies, and 65% were able to use authentic assessments. Lesson study proved to be effective in improving teacher competence, reflection skills, and a culture of collaboration. This activity is expected to become a model for strengthening teacher competencies to realize adaptive and inclusive learning in elementary schools, with follow-up on strengthening integrated differentiation and deep learning.


Keywords


Differentiated Instruction; Lesson Study; Teacher Competence; Elementary Teacher Mentoring.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afandi, A. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat (Vol. 17). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan.

Agung, M., Ratna Dewi, & Arfiah Ainun Salsabila. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Konten, Proses, dan Produk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(2), 759–780. https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i2.1495

Ambarita, Jenri and Simanullang, M. P. K. P. S. and A. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Penerbit Adab.

Arifin, S. (2025). Adaptasi Tenaga Pendidik terhadap Kurikulum yang Berubah-ubah: Implikasi untuk Pengembangan Evaluasi Pembelajaran. Spectrum: Journal of Educational Management, 1(1), 1–4.

Astutik, F. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning pada pembelajaran Berdiferensiasi di sekolah dasar untuk mewujudkan school well-being di era merdeka belajar. Penerbit Nem.

Atmojo, Idam Ragil Widianto and Adi, Fadhil Purnama and Ardiansyah, Roy and Saputri, D. Y. (2024). Pembelajaran berdiferensiasi (dalam implementasi Kurikulum Merdeka. CV Pajang Putra Wijaya.

Herdiana, D., Heriyana, R., & Suhaerawan, R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 431–442. https://doi.org/10.30653/002.201944.208

Irawan, Y. (2025). Analisis Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Kelas Rendah. Makarimul Ilmi: Jurnal Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah, 02(02), 97–108.

Kurniasari, D., Puspitasari, S., Sukma, S., Liatul, A., & Firdaussiyah, A. (2025). Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Kelas pada Pembelajaran IPS. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 87–98.

Laba Jayanta, I. N., I Komang Sudarma, & I Made Citra Wibawa. (2025). Penerapan Lesson Study for Learning Community untuk Meningkatkan Kualitas Implementasi Kurikulum Merdeka. International Journal of Community Service Learning, 9(1), 71–79. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v9i1.85226

Lisnawati, L., & Nirmala, S. D. (2024). The Effectiveness of Differentiated Learning Strategies on Elementary Students’ Mathematical Critical Thinking Ability. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(3), 3882–3895. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5746

Meiliawati, A. E., Taslim, W. M., Amirullah, F., & Wicaksana, D. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kontekstual sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 01, 307–314.

Nabila, S. (2021). Peran Evaluasi Formatif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 98=110.

Nadlir, N., Khoiriyatin, V. Z., Fitri, B. A., & Ummah, D. N. (2024). Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 1–15. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i2.2332

Nirmala, S. D., Firdaus, F. M., Ramdhani, S., & Hidayat, A. R. (2025). Differentiated Learning Activities : How Does It Impact Students ’ Literacy ? 13(1), 169–180.

Saito, E., & Atencio, M. (2013). A conceptual discussion of lesson study from a micro-political perspective: Implications for teacher development and pupil learning. Teaching and Teacher Education. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2013.01.001

Sulaiman, R., & Mansyur, U. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2246–2257. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i3.2364

Tomlinson, Carol Ann and Jarvis, J. M. (2023). Differentiation: Making curriculum work for all students through responsive planning & instruction. Routledge.

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 1(3), 241–250. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3.27




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sri Dewi Nirmala, Kristanti Ambar Puspitasari, Puryati, Riandi Marisa, Heri Wahyudi, Gina Damayanti, Sufina Siti Zulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: