TEKNOLOGI PENGOLAHAN IKAN DAN PENDAMPINGAN WEBSITE UNTUK TEACHING INDUSTRY UMKM
Abstract
Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendukung peningkatan kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam bidang pengolahan Ikan serta untuk memperkuat strategi pemasaran melalui pendampingan dalam pembuatan website sebagai media pemasaran digital untuk mendukung Teaching Industry. Kegiatan ini penting dilakasanakan mengingat rendahnya pemanfaatan teknologi pengolahan ikan dan keterbatasan literasi digital mitra, sehingga mempengaruhi daya saing produk di pasar. Metode pendampingan dilaksanakan secara bertahap yang diawali dengan diskusi kelompok terarah atau FGD (Focus Group Discussion), metode ceramah diberikan pada saat pembukaan dan praktik kerja pada saat kegiatan sosialisasi. Kegiatan ini melibatkan mitra UMKM, mahasiswa, dan dosen dari Universitas Baturaja. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui wawancara dengan kuesioner (angket) untuk melihat peningkatan keterampilan anggota mitra dalam penguasaan teknologi pengolahan ikan, diversifikasi produk dan penggunaan website sebagai media promosi. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan hardskill anggota UMKM, yaitu mampu menggunakan alat secara mandiri (85%), memproduksi olahan ikan dengan beragam produk (80%), serta mampu mengelola website untuk memasarkan produk (75%). Peningkatan Dengan demikian, kegiatan pengadian ini terbukti memberikan manfaat dan dampak positif untuk penguatan kemandirian UMKM dan mendorong terwujudnya Teaching Industry berbasis teknologi.
Abstract: Community service activities are carried out with the aim of supporting the increase in the capacity of micro, small and medium enterprises (MSMEs) in the field of fish processing and to strengthen marketing strategies through assistance in creating websites as a digital marketing medium to support the Teaching Industry. This activity is important to carry out considering the low utilization of fish processing technology and the limited digital literacy of partners, thus affecting the competitiveness of products in the market. The mentoring method is implemented in stages, starting with a focus group discussion or FGD (Focus Group Discussion), the lecture method is given at the opening and work practice during the socialization activities. The activities involved MSME partners, students, and lecturers from Baturaja University. Evaluation of activities is carried out through observation and interviews to see the development of partner members' skills in mastering fish processing technology and using websites as promotional media. The results of community service activities show an increase in the hard skills of MSME members, namely being able to use tools independently (85%), producing processed fish with various products (80%), and being able to manage websites to market products (75%). Improvement Thus, this outreach activity has been proven to provide benefits and positive impacts for strengthening the independence of MSMEs and encouraging the realization of a technology-based teaching industry.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 2(2), 96–102.
Amegia, M. W., & Hidayatulloh, A. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing dengan Menggunakan Software Canva. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 1–4.
Arifin, Z., Sari, F.P S.P., M. S., Purwati, S., & Akbar, M. (2023). Pengantar & Model Kewirausahaan Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. (2024). Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Dalam Angka.
Fadhila, P. ., Brilliantina, A., Sasmita, I. R. ., & Mardiyanto, M. (2025). Pelatihan Pembuatan Kerupuk Buah Naga Guna Meningkatkan Nilai Tambah dan Umur Simpan di Kabupaten Banyuwangi. Abdimas Galuh, 7(1), 142–148.
Harwanto, Sari, F. P., & Oktarina, Y. (2024). Fish-Based MSME Development Strategy In Patin Village Belitang District East OKU Regency. Journal Integrated Agribusiness, 6(September 2023), 58–68. https://doi.org/10.33019/jia.v6i1.5186
Koesoemasari, D. S. ., Wijayanto, W., & Pujiastuti, R. (2022). Pentingnya Merek dan Kualitas Produk Bagi Umkm di Desa Ciberem, Kecamatan Sumbang. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 20–24.
Kurniawan, I. B., Dwi, I. M., Ardana, W., Pramana, I. G., Saputra, A., Setiyawati, A., Rahmat, I. G. D., Sri, N., & Kurniawati, E. (2025). PKM Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing, Financial Management dan Customer Relationship Management pada Phadma Laundry and Dry Cleaning Bali. Abdimas Galuh, 7(1), 346–354.
Leiwakabessy, P., Lahallo, F. ., Ferdinandus, A. ., Pattiwael, M., Pakpahan, R. ., & Rupilele, F. G. . (2020). Pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha. J-Depace : Journal of Dedication to Papua Community, 3(2), 231–239.
Magdalena, H., & Santoso, H. (2021). Sosialisasi Pemasaran Digital Bagi Pelaku Industri Rumahan di Kabupaten Bangka Tengah. Jurnal Abdidas, 2(5), 1054–1063.
Mutiara, Y. P., Nengsih, Y. K., & Husin, A. (2023). Peran Kelompok Budidaya Ikan Patin Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Desa Triyoso, Kecamatan Belitang, Kabupaten Oku Timur. Journal Of Dehasen Educational Review, 4(1), 99–110. https://doi.org/10.33258/joder.v4i1.3850
Purnomo, Y. ., Lesmi, K., Martowinangun, K., Priadi, M. ., & Pringgandinie, D. . (2025). Pelatihan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah untuk Naik Kelas di Kota Cimahi. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM), 3(2), 57–64.
Riyanto, S., Azis, M. N. ., & Putera, A. . (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI, 5(1), 137–142.
Robiani, B., Mukhlis, Sukanto, Hamira, & Apriani, D. (2024). Peningkatan Kualitas Packaging Produk UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan di Desa Sungsang 4. Stebis IGM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 31–42.
Rofiqoh, I., Zulhawati, Buchdadi, A. ., & Gurendrawati, E. (2023). UMKM NAIK KELAS: Pemberdayaan Ekonomi Skala Mikro (Cetakan I, Issue August). Pustaka Pelajar.
Rosdiana, NursiahKoroh, D. N., Rozik, M., & Handayani, T. (2023). Diversifikasi Produk Olahan Berbasis Ikan Patin pada Kelompok Ibu-Ibu PKK Di Kelurahan Tumbang Rungan. Communnity Development Journal, 4(6), 12135–12141.
Saputra, G. ., & Ardani, I. G. A. . (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(7), 2596–2620.
Sari, B. D. ., Fadli, S., Mutawalli, L., Zaen, M. T. ., & Tantoni, A. (2025). Digitalisasi UMKM di Desa Darmaji Guna Menciptakan Wirausahawan Cakap Digital. JPBMI : Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 3(2), 31–39.
Sari, F. P., Munajat, M., & Dapiokta, J. (2024). Pendampingan Inovasi Produk dan Pemasaran Digital Pangsit Ikan Patin di Poklahsar Barokah. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 169–178.
Sinta, V., Nanang, M., Priyono, S., & Muksin, A. (2023). Sosialisasi Pemasaran Berbasis E-Commerce pada Home Industri di Desa Mergotentrem Kabupaten Oku Timur ( Socialization of E-Commerce Based Marketing for Home Industries in Mergotentrem Village , East OKU District ). Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 247–255.
Suhana, Santoso, G., Apriandi, M. ., Ardiansyah, J. ., & Mardika, L. (2025). Strategi Diversifikasi Usaha Perikanan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir. JELAWAT: Jurnal Ekonomi Laut Dan Air Tawar, 01(01), 63–72.
Terttiaavini, Hertati, L., Yulius, Y., & Saputra, T. . (2024). Pelatihan Digital Marketing dan Inovasi Produk Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM Ikan Pedo Serbuk. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 3–4.
Winahyu, P., Mufarida, N. ., & Umilasari, R. (2025). Strategi Pengembangan Budidaya Ikan Lele melalui Usaha Aneka Oleh-Oleh Khas Olahan Ikan Lele Siap Saji sebagai Brand Keunikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(4), 1–8.
Wiradharma, G., Fahmi, Z., Prasetyo, M. ., Arisanty, M., & Anam, K. (2023). Perencanaan dan Pengembangan Bisnis UMKM di Desa Lulut. JCES (Journal of Character Education Society), 6(1), 109–123.
Yedithia, F., Gandi, Ramadhani, E. P., Helmi, & Riski, E. D. (2024). Upaya Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Pengolahan Ikan Patin sebagai Produk Unggulan di Desa Basarang, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(3), 292–299.
Yusuf, W. ., Sulhan, M., Aziziyah, N., Syarifah, N., Ulinnuha, M. ., Abas, Sari, A. ., Andriyani, K., Mayang, & Eryan, M. . (2024). Pendampingan Inovasi dan Pemasaran Melalui Digital Marketing UMKM di Desa Nguling Pasuruan. GUYUB: Journal of Community Engagement, 5(1), 386–403.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34582
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fifian Permata Sari, Munajat, Jum Dapiokta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: