TRANSFORMASI LITERASI AKADEMIK MAHASISWA MELALUI PELATIHAN JURNAL ILMIAH DIGITAL: STUDI KKN IN CAMPUS DAN HIMLA MENUJU SDGS 4

Tasya Rifdha Shahira, Minatur Rokhim, Mugy Nugraha, Azzahra Ismi Fathonah, Firda Hasanah

Abstract


Abstrak: Minimnya literasi akademik mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dalam penulisan jurnal ilmiah menjadi tantangan dalam implementasi kebijakan non-skripsi dan pencapaian SDGs 4. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kemampuan literasi akademik mahasiswa BSA melalui pelatihan jurnal ilmiah digital yang dilaksanakan oleh tim KKN In Campus BSA-284 berkolaborasi dengan HIMLA (Halaqah Ilmiah li-Muhibbi Lughah al-Arabiyah). Metode pelaksanaan berupa workshop intensif dengan 15 peserta mahasiswa BSA pada 19 Mei 2025, evaluasi dilakukan melalui 14 pertanyaan pre-post assessment, observasi, dan wawancara. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan: pemahaman perbedaan artikel dan jurnal dari 20% menjadi 95% (+75%), kemampuan menyusun kerangka IMRAD dari 15% menjadi 90% (+75%), pengetahuan kebijakan non-skripsi dari 5% menjadi 90% (+85%), etika penggunaan AI dari 10% menjadi 75% (+65%), dan motivasi publikasi ilmiah dari 50% menjadi 100% (+50%). Program ini berkontribusi pada SDGs 4 melalui peningkatan kualitas pendidikan tinggi dan keterampilan digital mahasiswa BSA.

Abstract: The limited academic literacy of Arabic Language and Literature Study Program (BSA) students in scientific journal writing poses challenges in implementing non-thesis policies and achieving SDGs 4. This community service aims to improve BSA students' academic literacy through digital scientific journal training conducted by the BSA-284 KKN In Campus team in collaboration with HIMLA (Halaqah Ilmiah li-Muhibbi Lughah al-Arabiyah). Implementation method was intensive workshop with 15 BSA student participants on May 19, 2025, evaluation conducted through pre-post assessment, observation, and interviews. Results showed significant improvements: understanding differences between articles and journals from 20% to 95% (+75%), ability to compose IMRAD framework from 15% to 90% (+75%), knowledge of non-thesis policy from 5% to 90% (+85%), ethics of AI usage from 10% to 75% (+65%), and motivation for scientific publication from 50% to 100% (+50%). This program contributes to SDGs 4 through improving higher education quality and digital skills of BSA students.


Keywords


Academic Literacy; Digital Scientific Journal; KKN In Campus; HIMLA; Arabic Language and Literature Study Program; SDG.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Alisjahbana, A. S., & Murniningtyas, E. (with Unpad Press). (2018). Tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia: Konsep, target, dan strategi implementasi (Cetakan 1). Unpad Press.

Apriliani, D., Ilmadina, H. Z., Hidayatullah, M. F., Sasmito, G. W., Saputri, B. R. D., & Haqqani, H. A. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence Untuk Menunjang Proses Belajar Siswa: Studi Kasus Penggunaan Generative Pre-Trained Transformer Sebagai Asisten Pembelajaran. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 1927. https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29605

Fatkhiyah, N., Abdillah, K., Fahwaz, F., Alfarezi, I., Iryani, E., & Helty. (2025). Pengaruh literasi digital terhadap prestasi akademik mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 8(4).

Febriani, N. R., Aryati, D., & Yunus, S. (2025). Pengaruh Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 12(11), 21–30. https://doi.org/10.9644/sindoro.v12i11.11181

Gayatri, M. R., Ghoffari, L. H., Husni, M. N., Febrilia, B. R. A., Syarifudin, A. G., Wardhana, I. G. A. W., & Putra, L. R. W. (2024). Sosialisasi penulisan artikel ilmiah untuk pengganti skripsi pada mahasiswa Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 3(1), 12–16.

Giglio, A. D., & Costa, M. U. P. D. (2023). The use of artificial intelligence to improve the scientific writing of non-native english speakers. Revista Da Associação Médica Brasileira, 69(9), e20230560. https://doi.org/10.1590/1806-9282.20230560

Hetami, A. A., Bharata, W., & Arija, N. (2023). Pelatihan Penggunaan Software “Harzing Publish or Perish” untuk Pencarian Literatur dan Referensi. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 4(1), 7–12. https://jurnal-pharmaconmw.com/jmpm/index.php/jmpm/article/view/128

Jud, J., Jumareng, H., Rusli, M., Sawali, L., Asshagab, M., Saman, A., & Alwi, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley Sebagai Manajemen Referensi pada Penulisan Artikel Ilmiah. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 487–496. https://doi.org/10.36312/linov.v9i3.2067

Kosasih, E. (2004). Kompetensi ketatabahasaan dan kesusastraan cermat bahasa Indonesia. Yrama Widya.

Mahama, I., Baidoo-Anu, D., Eshun, P., Ayimbire, B., & Eggley, V. E. (2023). ChatGPT in Academic Writing: A Threat to Human Creativity and Academic Integrity? An Exploratory Study. Indonesian Journal of Innovation and Applied Sciences (IJIAS), 3(3), 228–239. https://doi.org/10.47540/ijias.v3i3.1005

Maulani, G., Septiani, S., Mukra, R., & Kamilah, A. (2024). Pendidikan di era digital. Sada Kurnia Pustaka.

Meliyawati, M. (2020). Pembelajaran Digital sebagai Media Literasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 639-645,. https://doi.org/10.30653/002.202053.598.

Nugraha, I. M. A., Koropitan, A. F., Ilham, I., Budiadnyani, I. G. A., Utami, D. A. S., & Kusmiatun, A. (2025). Pelatihan penulisan karya ilmiah multidisiplin dan komersialisasi hasil penelitian dengan dukungan AI. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM, 9(1), 1181–1193. https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.28172

Pertiwi, A. D., Septian, R. N., Ashifa, R., & Prihantini, P. (2021). Peran Organisasi Kemahasiswaan dalam Membangun Karakter: Urgensi Organisasi Kemahasiswaan pada Generasi Digital. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 107–115. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.202

Prastowo, A. (2012). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Ar-Ruzz Media.

Prawirawati, R. (2025). Peran serta dosen dan mahasiswa membangun kolaborasi akademik melalui acara program riset unggulan perguruan tinggi. COMMUNITY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 55–65.

R, S. P., Nuriyah, N., Firdaus, M. A., & Devi, P. A. R. (2024). Peran Mahasiswa Kkn Dalam Meningkatkan Literasi Digital Melalui Sosialisasi Bisnis Online Kepada Ibu-Ibu Pkk Di Desa Giri. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Kuliah Kerja Nyata, 2(1), 211–215. https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v2i1.8967

Sajida, S., Putra, I. M. A. W. W., Asrori, R., & Kristyanto, Y. O. W. (2024). Improving Students’ Scientific Writing Skills by Using Reference Management. DEDIKASI PKM, 5(1), 96. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.35776

Sari, N., Sinta, S., Munandar, A., & Kurniawan, M. (2023). Sosialisasi Membangun Generasi Muda Yang Unggul Dengan Growth Mindset Di Desa Tanjung Baru Melalui Sosialisasi Program Kkn Tematik Universitas Indo Global Mandiri. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8379–8381. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19645

Shahira, T. R., Nugraha, M., Suparno, D., Nahdi, S. B. N., Alfarizy, F., & Auliya, R. G. (2025). A semantic study of the word فجر (fajara) in the Qur’an: Denotative, derivative, and contextual analysis. Linguistics Initiative, 5(2), 351–364. https://doi.org/10.53696/27753719.52329

Siagian, T., Istifa, M. A. K., Wiliyanti, V., Rukiyanto, B. A., Ladjin, N., & Wijaya, H. (2024). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks Scopus Berbantu Aplikasi SPSS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4246–4251. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28383

Siahaan, R. L. M., Arianti, J., & Thalib, N. (2023). Perkembangan pendidikan berkualitas di Indonesia: Analisis SDGs 4. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 975–985. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.316

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Trianto, I. B., & Suryani, N. (2024). Peran organisasi mahasiswa dalam memperluas jangkauan program akademik. Jurnal Organisasi Kemahasiswaan, 7(3), 223–237.

Trisfayani, T., Mahsa, M., & Ginting, R. P. (2024). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Dalam Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(9), 4238–4244. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i9.1684

Ulfa, S. M., Aisyah, R. N., & Setyowati, Y. (2022). Pelatihan penulisan artikel ilmiah hasil penelitian bagi guru. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64–70. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1439

Wasliman, I., Sauri, S., & Pandiangan, A. P. B. (2023). Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard: Penerapannya Sistem Manajemen Strategis Di STAI Sangatta Kutai Timur”, al-Afkar. Journal For Islamic Studies, 6(2), 281–290. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.668.

Wicaksa, A. (2019). Pelatihan penulisan ilmiah sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis ilmiah. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(1), 8. https://doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2690




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Tasya Rifdha Shahira, Minatur Rokhim, Mugy Nugraha, Azzahra Ismi Fathonah, Firda Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: