PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MELALUI PENDAMPINGAN PENYUSUNAN E-BOOK HEYZINE FLIPBOOK BERMUATAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN

Siti Fatimah, Yuliana FH, Dian Eka Amrina, Iin Inawati, Pikria Suryani

Abstract


Abstrak: Pengembangan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas profesionalisme merupakan suatu keharusan, karena guru merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan. Guru juga harus mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan teknologi dan informasi yang ada sebagai salah satu tantangan pendidikan saat ini. kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru yang tergabung dalam KOMENKI dalam menyusun e-book heyzine flipbook bermuatan literasi keuangan sebagai inovasi pembelajaran. Mitra kegiatan ini adalah guru-guru ekonomi SMA di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan yang berjumlah 30 orang. Tahapan kegiatan yang dilakukan meliputi tahap pra-kegiatan dan sosialisasi, tahap pelatihan, tahap pendampingan dan evaluasi melalui pemberian pretest-postest untuk mengetahui pemahaman mitra, serta evaluasi produk e-book yang dihasilkan untuk melihat peningkatan keterampilan mitra. Berdasarkan kegiatan pendampingan yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kegiatan ini telah mampu meningkatkan pengetahuan mitra dalam penyusunan e-book heyzine flipbook sebesar 27,11 dari nilai rerata pretest 54,00 dan rerata posttest 81,11. Selanjutnya, terjadi peningkatan keterampilan mitra dalam menyusun e-book heyzine flipbook, dimana sebesar 80% mitra mampu menghasilkan e-book heyzine flipbook yang dapat digunakan sebagai sumber belajar inovatif di sekolah.

Abstract: Developing teacher competency in carrying out professional duties is a must, as teachers are one of the keys to educational success. Teachers must also be able to adapt to various technological and information developments that exist, as one of the challenges facing education today. This Community Service activity aims to improve the knowledge and skills of teachers who are members of KOMENKI in compiling an e-book heyzine flipbook project that focuses on financial literacy as a learning innovation. The partners in this activity were 30 high school economics teachers in Ogan Komering Ilir Regency, South Sumatra. The activities are included pre-activity and outreach, training, mentoring, and evaluation through the provision of pre-tests and post-tests to determine the partners' understanding, as well as the evaluation of the resulting e-book product to see the improvement in the partners' skills. The mentoring activities demonstrated that the program improved the partners' knowledge in preparing an e-book heyzine flipbook, amounting to 27.11 of the average value pretest 54.00 and average posttest 81.11. Furthermore, there was an increase in the skills of partners in compiling an e-book heyzine flipbook, where 80% of partners can produce an e-book heyzine flipbook, which can be used as an innovative learning resource in schools.


Keywords


E-Book; Heyzine Flipbook; Teacher Skills; Financial Literacy; Mentorship.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afandi, A., Indah, C. H. R., Susanto, R., Budijanto, Hadiwiyanti, R., & Mushofi, Y. (2023). Penggunaan Buku Ajar Motorik Berbasis Flipbook Pada Mahasiswa. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 140–145. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.310

Alfiandra, D., Riswan, J., Supriyadi, Sani, S., Annisa Muharromah, Lupia, & Septiana, D. (2024). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Upaya Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru. JPPM: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 27–35.

Amrina, D. E., Hasmidyani, D., & Mardetini, E. (2025). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Berbantu Aplikasi That Quiz. Jurnal Edueco, 8(1), 263–273.

Amrina, D. E., Jaenudin, R., Fatimah, S., & Mardetini, E. (2019). Pelatihan Media Powerpoint Slide Master Berbasis Pembelajaran Kolaboratif Di Sma Kelurahan Bukit Lama Palembang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 1–18. https://doi.org/10.21009/jpmm.003.01.01

BPS. (2025). Kabupaten Ogan Komering Ilir Dalam Angka (Vol. 21).

Devirita, F., Neviyarni, N., & Daharnis, D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 469–478. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.680

Fatimah, S., Hasmidyani, D., Suranto, FH, Y., & Leisthari, A. (2025). Analysis of Difficulties in Learning Accounting : Perspective of Teachers and Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 12(1), 136–148.

Fatimah, S., Jaenudin, R., Koryati, D., FH, Y., & Amrina, D. E. (2025). Pelatihan Teknik Publikasi Artikel di Jurnal Ilmiah Terakreditasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMA dan Calon Mahasiswa PPG di Kabupaten Muara Enim. Abdimas Mahakam Journal, 9(01), 138–148.

Febriani, H., Susanti, L. R. R., & Jaenudin, R. (2022). Validity Analysis of Sway-based E-book Development on the Material of the General Journal of Accounting of Service Companies. Journal of Curriculum Indonesia, 5(2), 140–146.

FH, Y., Barlian, I., Pratita, D., Deskoni, & Fatimah, S. (2024). Meningkatkan Keterampilan Guru di Kabupaten Muara Enim dalam Menyusun Media Pembelajaran Kreatif Berbantuan Liveworksheets. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 08(03), 987–999.

Fh, Y., Firmansyah, Amrina, D. E., Leisthari, A., & Taslimah, L. S. (2024). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Akan Pengembangan Buku Ajar Digital Berbasis Flipbook. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 15(4), 404–412.

Isnaeni, Y. L., & Zulherman. (2024). E- Modules of Natural and Social Sciences ( IPAS ) “ Changes in Energy Forms ” with FlipHTML5 to Improving the Student Motivation of Elementary School. JPPIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(8), 5687–5693. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i8.8067

Lieung, K. W., Rahayu, D. P., & Yampap, U. (2021). Interactive E-book to Improve Student ’ s Problem Solving. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 8–15.

Nurjannah, Susanti, R., & Jaenudin, R. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar E-LKPD Menggunakan Aplikasi LiveWorksheet Pada Mata Pelajaran IPA SMP. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12), 16734–16744.

Oktavionika, R., Nurrullah, J. M., Anshori, S., & Sumali, A. L. (2023). Pengaruh Internet terhadap Perilaku Belajar Siswa. Journal of Education Research, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.119

Riska, N., Sulistiawati, F., Belladinna, S., & Utami, P. (2024). Efektivitas Penggunaan Flipbook Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Senior High School. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Fatimah, Yuliana FH, Dian Eka Amrina, Iin Inawati, Pikria Suryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: