PENDAMPINGAN SISWA MADRASAH DALAM KOMPETISI UNMANNED SURFACE VEHICLE MEMPERSIAPKAN LULUSAN KOMPETITIF ERA DIGITAL

Aditya Rio Prabowo, Fahri Setyo Utomo, Iwan Istanto, Rahman Wijaya, Hammam Satria Musyarraf, Prihantoro Eko Sulistyo

Abstract


Abstrak: Program pengabdian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan fasilitas laboratorium robotika dan minimnya pengalaman guru serta siswa MAN 1 Surakarta dalam bidang otomasi dan pemrograman, yang berdampak pada rendahnya keterampilan praktis berbasis teknologi. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan kompetensi teknologi guru dan siswa melalui pendampingan kompetisi Unmanned Surface Vehicle (USV). Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan desain CAD, workshop manufaktur, praktik sistem mekanik dan elektronis, serta uji coba sea trial dengan melibatkan 2 guru pendamping dan 8 siswa terbaik. Evaluasi dilakukan melalui observasi, angket dalam 15 pertanyaan pre-test dan post-tes, dan wawancara untuk menentukan minat pembagain kelas. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan siswa, antara lain penguasaan desain CAD dari 25% menjadi 80%, pembuatan prototipe dari 30% menjadi 89%, serta problem solving dari 32% menjadi 87%. Softskill seperti kerja sama tim, kepercayaan diri, dan jiwa kompetisi juga meningkat di atas 85%. Program ini berhasil melahirkan prestasi di tingkat nasional sekaligus memperkuat budaya inovasi di madrasah.

Abstract: This community service program was motivated by the limited robotics laboratory facilities and the lack of experience of teachers and students at MAN 1 Surakarta in the fields of automation and programming, which resulted in low technology-based practical skills. The objective of the activity was to improve the technological competence of teachers and students through mentoring in the Unmanned Surface Vehicle (USV) competition. The implementation method included socialization, CAD design training, manufacturing workshops, mechanical and electronic system practices, and sea trial trials involving two mentor teachers and eight top students. Evaluation was carried out through observation, a 15-question pre-test and post-test questionnaire, and interviews to determine class division interests. The results of the activity showed a significant increase in student skills, including mastery of CAD design from 25% to 80%, prototyping from 30% to 89%, and problem solving from 32% to 87%. Soft skills such as teamwork, self-confidence, and a competitive spirit also increased above 85%. This program succeeded in producing achievements at the national level while strengthening the culture of innovation in madrasas.


Keywords


Madrasah; robotics; USV; Competitive Graduates; Digital Era.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aly, A. H. (2025). Pesantren Digital: Masa Depan Pendidikan Islam di Era Kecerdasan Buatan. Publica Indonesia Utama.

Azka, A. R. F., Haryadi, A. P., Lusiana, A. F., Moko, D. N., Nugroho, E. B., Halima, F. U., Anjarwati, F. V., Haqqani, G., Mafasa, H. H., Bramantyo, M. R., Hidayat, M. T. N., Ningrum, N. A. A., Tumanggor, P. R., Anugrah, R., Wibawa, R. A. P., Noorathaya, R. M., & Fitriani, S. K. (2025). Roboboat 2025: ‘Mandakini Zenith’ Technical Design Report. Technical Design Report Roboboat.

Dwi Putra, M. T., Pradeka, D., Adiwilaga, A., Munawir, M., & Adjhi, D. P. (2023). Pelatihan Robotika Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Keahlian Siswa SMK Daarut Tauhiid Bandung. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 56. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1.6516

Firnanda, W. (2024). Implementasi Program Unggulan Kelas" Robotik” dalam Pengembangan Skill dan Kreativitas Siswa Kelas VII dan VIII di MTs N 4 Sleman (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Hendriana, D. (2023). Educational robotics in kurikulum merdeka. Inovasi Kurikulum, 20(1), 49–60. https://doi.org/10.17509/jik.v20i1.54018

Ledoh, C. C., Judijanto, L., Jumiono, A., Apriyanto, A., & Hakpantria, H. (2024). Revolusi Industri 5.0: Kesiapan Generasi-Z dalam Menghadapi Persaingan Global. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Massaty, M. H., Fahrurozi, S. K., & Budiyanto, C. W. (n.d.). Implementation of Arduino-Based Line Follower Robotics Technology for Practical Automation Learning at SMK Negeri 1 Kaliwungu. DEDIKASI: Community Service Reports, 7(1), 36–47.

Naufal Nur Saifullah, Aditya Rio Prabowo, Muhayat, N., Tuswan Tuswan, Harsito, C., Adiputra, R., Jurkovič, M., & Seung Jun Baek. (2024). Leisure Boat Design: A Comprehensive Study of the Shape and Dimension Effects on Hydrodynamic Performances. Evergreen, 11(3), 2091–2119. https://doi.org/10.5109/7236854

Nurazila Nurazila, Liza Efriyanti, & Diki Putra Indri. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran TIK Di SMA N 1 Kapur IX. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(3), 89–95. https://doi.org/10.55606/juisik.v2i3.352

Prabowo, A. R., Hadi, S., Yaningsih, I., Muhayat, N., Lutfi, M. A., & Utomo, F. S. (2023). Desain dan Analisis Performa Unmmaned Surface Vehicle (USV) dengan Fungsi Surveillance, Warning, dan Security. CV. Lentera Ilmu Madani.

Rahmaji, T., Prabowo, A. R., Tuswan, T., Muttaqie, T., Muhayat, N., & Baek, S.-J. (2022). Design of Fast Patrol Boat for Improving Resistance, Stability, and Seakeeping Performance. Designs, 6(6), 105. https://doi.org/10.3390/designs6060105

Sebayang, A. A., Alfiansyah, A., Bryan, A., Noviyanti, A. A., Wiradarmo, A. A., Elfriede, D. P., Sari, F., Widiarti, H., Sinaga, J. C. S., & Widiapradja, L. J. (2024). Teropong Dunia STEM Perguruan Tinggi: Jelajah Metode Pembelajaran hingga Kajian Usaha. Prasetiya Mulya Publishing.

Sudipa, I. G. I., Harto, B., Sahusilawane, W., Afriyadi, H., Lestari, S., & Handayani, D. (2023). Teknologi Informasi & SDGs. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Suyuti, M. P., Walid, A., Nurmiati, A. S., Yani, H. A., Mufti, D., Saputra, R. S. H., Pi, S. S., Jaelani, D. A., Pd, M., & David Darwin, S. (2025). ⁠ STEM For The Future: Mencetak Generasi Inovatif Dengan Pembelajaran Interdisiplin. PT. Nawala Gama Education.

Talahatu, L., Purwanto, E. J., & Silalahi, S. (2024). Strategi Peningkatan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 6 Buru. Jurnal Ilmiah Guru Madrasah, 3(2), 65–76.

Utomo, F. S., Prabowo, A. R., Pranata, A., Istanto, I., Wijaya, R., Yaningsih, I., & Susilo, D. D. (2025). Peningkatan Prestasi Non-Akademik Siswa MAN 1 Surakarta melalui Pelatihan Kompetisi Robotika Unmanned Surface Vehicle. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(4), 4498–4506. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i4.6623

Zuhaida, A. (2023). Pembelajaran STEM-Project Based Learning Berbasis Bahan Bekas Pada Pembelajaran IPA. Aktualisasi Dan Problematika Dalam Pembelajaran, 117.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.34802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Aditya Rio Prabowo, Fahri Setyo Utomo, Iwan Istanto, Rahman Wijaya, Hammam Satria Musyarraf, Prihantoro Eko Sulistyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: