WORKSHOP PENYUSUNAN RPP DENGAN PENDEKATAN DEEP LEARNING PADA GURU SMK

Shofia Nurun Alanur, Jamaludin Jamaludin, Sukmawati Sukmawati, Windy Makmur, Alif Akbar

Abstract


Abstrak: Workshop penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan pendekatan Deep Learning dilaksanakan sebagai bentuk pemberdayaan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Permasalahan yang dihadapi adalah masih banyak guru kesulitan menyusun RPP yang selaras dengan Kurikulum Merdeka, khususnya dalam merumuskan tujuan berbasis higher order thinking skills (HOTS) dan merancang asesmen autentik. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk (1) memberikan pemahaman konseptual tentang pendekatan Deep Learning, (2) melatih guru menyusun RPP berbasis Deep Learning, (3) meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran inovatif, dan (4) memperkuat kualitas pembelajaran SMK agar relevan dengan tuntutan dunia kerja. Metode kegiatan dilaksanakan melalui workshop, praktik penyusunan RPP, diskusi interaktif, dan evaluasi menggunakan pre-test, post-test, serta angket. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan: 92% guru lebih memahami konsep Deep Learning, 77% lebih percaya diri menyusun RPP, 85% mampu merumuskan tujuan dengan kata kerja operasional tingkat tinggi, serta 77% mampu merancang asesmen autentik. Temuan ini menunjukkan bahwa workshop berimplikasi positif terhadap peningkatan kapasitas guru, sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar dan tuntutan pembelajaran abad 21. Program serupa perlu dilaksanakan secara berkelanjutan dengan pendampingan lebih intensif agar kualitas pembelajaran vokasi semakin optimal.

Abstract: A workshop on preparing Lesson Implementation Plans (RPP) using the Deep Learning approach was held as a form of empowerment for Vocational High School (SMK) teachers in improving their pedagogical competence. The problem faced was that many teachers still had difficulty preparing lesson plans that were aligned with the Independent Curriculum, especially in formulating objectives based on higher order thinking skills (HOTS) and designing authentic assessments. This community service activity aimed to (1) provide a conceptual understanding of the Deep Learning approach, (2) train teachers in preparing lesson plans based on Deep Learning, (3) improve teachers' abilities in designing innovative learning, and (4) strengthen the quality of vocational high school learning so that it was relevant to the demands of the world of work. The activity method was implemented through workshops, lesson plan preparation practices, interactive discussions, and evaluation using pre-tests, post-tests, and questionnaires. The results of the activity showed significant improvements: 92% of teachers had a better understanding of the Deep Learning concept, 77% were more confident in preparing lesson plans, 85% were able to formulate objectives with high-level operational verbs, and 77% were able to design authentic assessments. These findings indicate that the workshop had positive implications for improving teacher capacity, in line with the Merdeka Belajar policy and the demands of 21st-century learning. Similar programs need to be implemented sustainably with more intensive mentoring to optimize the quality of vocational learning.


Keywords


Deep Learning; Vocational School Teachers; Higher Order Thinking Skills; Rpp; Workshop.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Alanur, S. N., Jamaludin, Makmur, W., & Nasran. (2024). Workshop Penyusunan Rencana Aksi Pada Pelatihan Mandiri Di Platform Merdeka Mengajar Dan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Masyarakat Mandiri, 8(6), 5866–5878.

Ameliyana, & Wardhani, D. F. (2024). Pengembangan Sistem Ai Untuk Pembelajaran Yang Dipersonalisasi: Inovasi Dalam Pendidikan Modern. Inovasi Pembangunan – Jurnal Kelitbangan, 13(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35450/jip.v13i1.931

Aslamiah, A., Cinantya, C., & Rafianti, W. R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif bagi Guru–guru Sekolah Dasar di Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 143. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6520

Ayuningsih, R. F., Andrianto, D., & Kurniawan, W. (2025). Integrasi Model Pembelajaran Blended Learning Dan Flipped Classroom: Strategi Efektif Dalam Pembelajaran Abad Ke-21. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 5(1), 10–21. https://doi.org/10.51878/strategi.v5i1.4942

Baskara, F. R., Winarti, E., & Prasetya, A. E. (2024). Peningkatan Efektivitas Project-Based Learning Melalui Integrasi Kecerdasan Buatan. Madaniya, 5(3), 904–918. https://doi.org/10.53696/27214834.863

Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas (BRUE), 8(1), 1–12.

Diputera, A. M., Zulpan, & Eza, G. N. (2024). Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful , Mindful dan Joyful : Kajian Melalui Filsafat Pendidikan. In Bunga Rampai Usia Emas (BRUE) (Issue December, pp. 108–120). https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.67168

Fahma, D. I., Krisdiana, I., & Trianawati, E. (2023). Implementation of Project Based Learning with Practicum Methods to Improve Critical Thinking Skills of Students. Science Education and Application Journal, 5(2), 69. https://doi.org/10.30736/seaj.v5i2.814

Fahruddin & Darsono. (2025). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Candrasengkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 11(1), 9–17.

Haryati, L. F., & Wangid, M. N. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 12(1), 23–28.

Iriani, T., Handoyo, S. S., & Anisah, A. (2023). Penguatan Pemahaman Dalam Penyusunan Rpp Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sma. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5665. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17557

Jamaludin, Alanur, S. N., Sukmawati, Makmur, W., & Nasran. (2024). Penerapan Aplikasi Mentimeter : Media Pembelajaran Digital Untuk Penguatan Nilai Karakter Pelajar Pancasila. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(2), 216–224.

Jamaludin, J., Alanur, S. N., Rahman, A., Hasdin, H., Judijanto, L., & Saefudin, A. (2025). Augmented Reality as a Cultural Bridge: Promoting Pancasila Values through Local Wisdom and AR-Based Learning Media. International Journal of Society, Culture & Language, 13(2), 277-290.

Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553

Khasanah, U., Alanur, S. N., Trisnawati, S. N. I., Sulistyowati, R., Isma, A., Agustina, E., ... & Hamsar, I. (2025). Deep Learning Dalam Pendidikan: Pendekatan Pembelajaran Bermakna, Sadar, dan Menyenangkan. Penerbit Tahta Media.

Luh Dian Mahayani, I Made Citra Wibawa, & Wayan Eka Paramartha. (2025). Media E-Komik Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. International Journal of Natural Science and Engineering, 8(2), 105–120. https://doi.org/10.23887/ijnse.v8i2.95771

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183

Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258–3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805

Sukmawati, Goo, Y. A., Amus, S., Alanur, S. N., & Septiwiharti, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa Abad 21 Melalui Keterampilan 4C. An Nafi’: Multidisciplinary Science, 1(2), 12–27.

Sumardi, K., Barliana, M. S., & Rohendi, D. (2024). Kompetensi Guru SMK dalam Memahami dan Implementasi Soal Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 127–131. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i1.620

Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 365–379.

Zafirah, Z., Wijaya, M. A., Rohyana, H., Guru, P., & Dasar, S. (2025). Strategi Deep Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. JOEBAS: Journal of Education Bani Saleh , 1(1), 36–45.

Zhao, L., Wu, G., Shao, W., & Ma, X. (2024). Conceptual understanding and cognitive patterns construction for physical education teaching based on deep learning algorithms. Scientific Reports, 14(1), 1–13. https://doi.org/10.1038/s41598-024-83028-9




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.34860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Shofia Nurun Alanur, Jamaludin, Sukmawati, Windy Makmur, Alif Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: