GERAKAN LITERASI MEMBACA DAN CERDAS FINANSIAL DALAM MEMPERSIAPKAN GENERASI EMAS

Sartika S., Rahadian Cahyadi, Irmayanti Irmayanti, Atira Putri Kadir

Abstract


Abstrak: Kegiatan pengabdian masyarakat di sekolah mitra dilatarbelakangi oleh belum optimalnya fungsi perpustakaan, rendahnya budaya literasi, serta minimnya edukasi finansial siswa. Permasalahan tersebut dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi orang tua yang sebagian besar petani dan buruh, keterbatasan akses digital, rendahnya pendidikan orang tua, kurangnya program pendampingan literasi, serta belum adanya kolaborasi eksternal. Program ini bertujuan meningkatkan budaya literasi membaca melalui pengembangan perpustakaan kreatif berbasis kearifan lokal dan memberikan edukasi finansial dasar guna membentuk karakter hemat, cerdas, dan bertanggung jawab. Selain itu, program juga mendorong peningkatan kapasitas guru dan tenaga kependidikan dalam pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan literasi dan finansial. Metode kegiatan meliputi pelatihan literasi keuangan, gerakan literasi membaca, dan pendampingan guru. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test dengan instrumen soal pilihan ganda untuk mengukur peningkatan pemahaman literasi membaca dan finansial. Indikator keberhasilan program adalah peningkatan skor literasi siswa minimal 30% dan kemampuan guru dalam mengintegrasikan literasi dalam pembelajaran. Hasilnya menunjukkan peningkatan pengetahuan mitra sebesar 39,5%, dengan capaian literasi finansial lebih tinggi dibandingkan literasi membaca.

Abstract: Community service activities at partner schools are motivated by the suboptimal functioning of libraries, a low literacy culture, and minimal financial education for students. These problems are influenced by the socioeconomic conditions of parents, who are mostly farmers and laborers, limited digital access, low parental education, a lack of literacy mentoring programs, and a lack of external collaboration. This program aims to improve the culture of reading literacy through the development of creative libraries based on local wisdom and providing basic financial education to shape thrifty, intelligent, and responsible characters. In addition, the program also encourages increased capacity of teachers and education personnel in innovative learning that integrates literacy and finance. Activity methods include financial literacy training, reading literacy movements, and teacher mentoring. Evaluation is conducted through pre- and post-tests using multiple-choice questions to measure improvements in understanding of reading and financial literacy. Indicators of program success are an increase in student literacy scores of at least 30% and teachers' ability to integrate literacy into learning. The results show an increase in partner knowledge of 39.5%, with financial literacy achievement higher than reading literacy.


Keywords


Reading Literacy, Financial Literacy, School Library, Innovative Learning, Golden Generation.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Apriyanti, N., & Suryaman, M. (2024). Efektivitas Program Cafe Literasi Siswa dalam Membangun Kecakapan Literasi Finansial Peserta Didik Sejak Dini. JME Jurnal Management Education, 2(3), 102–107.

Febriyanti, R., Tisnasari, S., & Setiawan, S. (2025). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pelaksana Kegiatan Literasi Dalam Menguatkan Budaya Literasi. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 1–11.

Hafidah, A., & Sartika, S. (2023a). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Bersifat Simultan terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Keilmuan Mandira Cendikia, 1(6), 54–60.

Hafidah, A., & Sartika, S. (2023b). Sosialisasi Gerakan Menabung Pada Usia Dini Bagi Siswa SD Negeri 54 Salupikung Kota Palopo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 2(11), 127–135.

Hariyono, H., Judijanto, L., Baka, C., Fatimah, I. F., Haryono, P., & Efitra, E. (2025). Literasi Digital dan Media dalam Dunia Pendidikan. PT. Green Pustaka Indonesia.

Herdhiana, R., Zahara, R., & Annisa, N. (2021). Pendampingan literasi finansial untuk peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(2), 119–125.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA ( The Programme For International Student Assesment ): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini ). Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 30–41.

Kastro, A. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah sebagai Sarana Pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(1), 92–100.

Krisdayanthi, A., & Wijaya, I. K. W. B. (2023). Menumbuhkembangkan Literasi Finansial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 319–326.

Kurniati, G., & Tisnawijaya, C. (2025). Menanamkan Literasi Finansial Kepada Generasi Muda Melalui Kegiatan Membaca Cergam Berbahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 5(1), 16–27. https://doi.org/10.51805/jpmm.v5i1.194

Lestari, A. P., & Ramadan, Z. H. (2021). Profil Pengelolaan Perpustakaan di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 201–208. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v6i1

Mahmud, R., & Prabowo, B. (2023). Manfaat Pentingnya Meningkatkan Literasi Finansial Anak Sekolah Dasar dengan Program Social Fair And Festival Literasi Finansial Di Kebun Teh Wonosari. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(3), 126–132.

Munandar, N. A., Nafian, R. K., & Sakti, B. P. (2024). Penerapan Pendidikan Literasi Finansial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(1), 75–78.

Mustikawati, E. (2020). Pentingnya Literasi Keuangan Anak Sekolah Dasar Melalui Progam Market Day di SDIT LHI. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 4(3), 431–436.

Sari, M. P., Baining, M. E., & Saijun, S. (2024). Peran OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dalam Meningkatkan Literasi Keuangan pada Masyarakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 55–70.

Wasilah, Z., Widiyanah, I., & Trihantoyo, S. (2025). Manajemen Digital Perpustakaan Sekolah untuk Mendorong Literasi Siswa. Journal of Education Research, 6(1), 114–123. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2262

Wibowo, W. (2025). Integrasi Literasi Finansial dalam Kurikulum Sekolah. JIPSH: Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 78–85. https://doi.org/https://doi.org/10.58472/jipsh.v1i1.29

Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas. Yayasan Putra Adi Dharma.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.35044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sartika S., Rahadian Cahyadi, Irmayanti, Atira Putri Kadir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: