PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS GENERASI MUDA JAYAPURA

Indra Eka Wardana Toii, Rizka Cintya Edwar, Yuni Riskita Mangopo, Xenia Irene Sandy Landjang, Lisa Gresti Sella Damanik

Abstract


Abstrak: Generasi muda di Kota Jayapura menghadapi tantangan dalam mempersiapkan diri untuk mandiri secara ekonomi setelah menyelesaikan pendidikan formal, karena minimnya keterampilan praktis dan jiwa kepemimpinan. Kegiatan pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kapasitas dan kemandirian generasi muda. Pelatihan ini berlangsung pada 22–23 September 2025 di SMK Pariwisata Papua dan SMK Negeri 2 Bisnis & Manajemen Jayapura, dengan peserta sebanyak 200 siswa. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, workshop, dan praktik langsung pembuatan produk serta simulasi promosi. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test dengan menggunakan 7 Pertanyaan tentang konsep kepemimpinan dan kewirausahaan untuk mengukur peningkatan pemahaman dan keterampilan. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan kepemimpinan, kreativitas, dan keterampilan kewirausahaan sebesar rata-rata 65–70%. Peserta mampu menghasilkan produk kreatif dan lebih percaya diri dalam berwirausaha. Kegiatan ini berdampak positif dalam menumbuhkan jiwa wirausaha dan kemandirian ekonomi generasi muda Jayapura.

Abstract: The young generation in Jayapura City faces challenges in preparing for economic independence after completing formal education due to limited practical skills and leadership abilities. A leadership and entrepreneurship training program was conducted as a community service initiative to enhance youth capacity and self-reliance. The training took place on September 22–23, 2025, at SMK Pariwisata Papua and SMK Negeri 2 Business & Management Jayapura, involving 200 student participants. The methods included socialization sessions, workshops, and hands-on practice in product creation and promotional simulations. The evaluation was carried out through a pre-test and post-test using seven questions on leadership and entrepreneurship concepts to measure improvements in understanding and skills. The results indicated an average increase of 65–70% in leadership, creativity, and entrepreneurial skills. Participants successfully produced creative products and demonstrated greater confidence in entrepreneurship. This activity had a positive impact on fostering entrepreneurial spirit and economic independence among Jayapura’s young generation.


Keywords


Leadership; Entrepreneurship; Independence; Creativity; Young Generation.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afrilia, A. M. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “waroenk ora umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM), 1(1), 147-157.

Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh digital marketing terhadap minat beli konsumen. Jurnal Ilmiah MEA, 6(3), 2008–2018.

Darmawan, R. (2020). Pendidikan kejuruan di Indonesia: Tantangan dan peluang dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Gramedia Pustaka Utama.

Elida, T. R. A. (2019). Pemasaran digital. IPB Press.

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi digital marketing terhadap peningkatan penjualan hasil home industry. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.

Hasibuan, M. S. (2019). Kewirausahaan: Teori dan praktik dalam dunia usaha. Alfabeta.

Hidayat, R., Susanto, A., & Prasetyo, B. (2019). Pengembangan kewirausahaan bagi lulusan SMK melalui pelatihan strategi bisnis dan pemasaran digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 112–125.

Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran digital sebagai strategi pemasaran: Conceptual paper. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98–102.

Kuncoro, M. (2016). Entrepreneurship dan kewirausahaan: Konsep dan aplikasi untuk meningkatkan daya saing. Rajawali Press.

Prasetyo, A., & Lestari, D. (2022). Pelatihan kewirausahaan berbasis digital untuk meningkatkan daya saing usaha kecil. Jurnal Kewirausahaan, 15(1), 45–57.

Rahmawati, N., & Hidayat, B. (2019). Literasi pemasaran digital pada lulusan SMK. Jurnal Bisnis Dan Teknologi, 8(3), 233–240.

Santoso, W., & Widodo, R. (2021). Pengaruh pelatihan soft skill terhadap kesiapan kerja lulusan SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(4), 205–219.

Setiawan, H., Nugroho, A., & Sari, M. (2021). Pelatihan soft skill dan komunikasi bisnis bagi calon wirausahawan muda. Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 133–147.

Sukirno, S. (2018). Kewirausahaan: Konsep, teori, dan praktik untuk membangun bisnis sukses. Rajawali Press.

Suryadi, D. (2017). Pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia dalam konteks pembangunan ekonomi daerah. Pustaka Pelajar.

Susanti, N., Budiarto, R., & Kurniawan, A. (2020). Analisis kesenjangan keterampilan lulusan SMK dengan kebutuhan industri. Jurnal Pendidikan Kejuruan, 10(1), 55–68.

Wahyuni, S. (2019). Pendidikan kewirausahaan untuk meningkatkan daya saing generasi muda. Pustaka Pelajar.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing. Edulitera.

Wirawan, D. (2018). Manajemen kepemimpinan dan kewirausahaan untuk generasi muda. Alfabeta.

Yusuf, M. (2021). Kewirausahaan sosial: Membangun usaha mandiri dan pemberdayaan masyarakat. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.35247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Indra Eka Wardana Toii, Rizka Cintya Edwar, Yuni Riskita Mangopo, Xenia Irene Sandy Landjang, Lisa Gresti Sella Damanik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: