ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN, KENYAMANAN DAN RISIKO PENGGUNAAN PEMBAYARAN DIGITAL (QRIS) TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DI PEDAGANG PASAR WONOKROMO SURABAYA

Nurfarisa Yuristya, Noor Rizkiyah, Nisa Hafi Idhoh Fitriana

Abstract


Abstrak: Penerapan QRIS sebagai standar pembayaran digital, khususnya di Pasar Wonokromo Surabaya, menunjukkan bahwa masih banyak pedagang yang pengetahuan mereka tentang sistem pembayaran digital ini terbatas. Keragaman usia di antara para pedagang diyakini sebagai salah satu alasan mengapa adaptasi terhadap teknologi digital ini belum berlangsung dengan cepat. Dalam konteks ini, penelitian ini memiliki tujuan yaitu menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, kenyamanan penggunaan, dan risiko penggunaan terhadap minat pedagang di Pasar Wonokromo, Surabaya, dalam menggunakan pembayaran digital QRIS. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan menggunakan simple random sampling, yang melibatkan 70 responden. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode SEMPLS. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan dan kenyamanan penggunaan masing-masing memiliki pengaruh positif terhadap minat penggunaan. Sebaliknya, risiko penggunaan terbukti memiliki pengaruh negatif terhadap minat penggunaan QRIS. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa secara teoretis penelitian ini memperkuat model penerimaan teknologi (TAM), dan secara praktis dapat menjadi dasar bagi pihak terkait untuk meningkatkan edukasi dan sosialisasi penggunaan QRIS kepada pedagang agar lebih memahami manfaat serta keamanan QRIS, sehingga dapat mempercepat adopsi pembayaran digital di lingkungan pasar tradisional.

Abstract: The implementation of QRIS as a digital payment standard, particularly in Wonokromo Market, Surabaya, shows that many merchants still have limited knowledge about this digital payment system. The diversity in age among merchants is believed to be one of the reasons why adaptation to this digital technology has not been rapid. In this context, this study aims to analyze the influence of ease of use, convenience of use, and risk of use on the interest of merchants at Wonokromo Market, Surabaya, in using QRIS digital payments. Sampling in this study was conducted using simple random sampling, involving 70 respondents. To analyze the data, this study used the SEMPLS method. The findings of this study indicate that ease of use and comfort of use each have a positive influence on interest in use. Conversely, risk of use has been proven to have a negative influence on interest in using QRIS. This study provides implications that theoretically, it strengthens the technology acceptance model (TAM), and practically, it can be the basis for related parties to improve education and socialization of QRIS use to merchants so that they can better understand the benefits and security of QRIS, thereby accelerating the adoption of digital payments in traditional market environments.


Keywords


Ease of Use; Convenience of Use; Interest in Use; Traditional Markets; Digital Payments; QRIS; Risks of Use.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Butarbutar, N., Grace, E., Putra, L. A., Loist, C., & Sudirman, A. (2022). Behavioral Intention Constituent Analysis of QRIS Digital Payment Tools in MSMEs in Pematangsiantar City. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1537. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1023

Ervina, Ferdinand, & Meitiana. (2023). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Mediasi Pada PT. Pos Indonesia Kantor Pos Palangka Raya. Edunomics Journal, 4(2), 144–166.

Evi, T., & Rachbini, W. (2023). Partial Least Squares (Teori Dan Praktek). Cv. Aa. Rizky.

Febriani, N. K. D., Utami, N. W., & Putri, I. G. A. P. D. (2023). Analisis Behavioral Intention dan Use Behavior Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Pada UMKM Dengan Metode UTAUT 2 di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 17(1), 67. https://doi.org/10.32815/jitika.v17i1.890

Fikri, M., & Junaidi, A. (2024). Perubahan Pola Konsumsi Dan Gaya Hidup Masyarakat Indonesia Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia, 2(1), 12–19.

Hikmah, R., Fauzi, A., & Sudiantini, D. (2025). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Kerja Terhadap Engagement Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediating Pada CV. Sumber Aneka Rezeki Bekasi. Efisiensi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Ilmu Manajemen, 1(2), 63–87. https://doi.org/10.63217/efisiensi.v1i2.130

Ihwanudin, N., Nugroho, L., Bangun, R., Darmaningrum, K., & Juliansyah, R. (2023). Ekonomi dan Bisnis Digital. Widina Bhakti Persada.

Kuswati, R., Soepatini, S., Vrasica, R., & Rayyantika, F. (2021). Instruments Validation of Pro-Environmental Behaviour Model. The 14th University Research Colloqium 2021, 525.

Mardiah, F. P., & Rahmi, D. Y. (2023). Penggunaan Technology Acceptance Model Dalam Memahami Niat Perilaku Usahawan Untuk Menggunakan E-Commerce Saat Pandemi Covid-19. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(4), 369–381.

Mutiara, R., Sugianto, & Maulana Malik, F. (2023). Peran Ekonomi Digital Berbasis Literasi Keuangan Laku Pandai Dalam Mendorong Inklusi Keuangan Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 265–288.

Prasetiyo, A. Y. (2025). Interpretasi dan Pelaporan Hasil Analisis PLS-SEM dalam Penelitian Manajemen. Journal of Accounting, Management, Economics, and Business (ANALYSIS), 3(3), 146–158.

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461

Sari, Z. P., & Huda, N. (2025). Analisis Peran Fintech dalam Mendorong Inovasi Keuangan Modern: Studi Kasus pada OVO di Indonesia pada Tahun 2024. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 5(1), 449–456. https://doi.org/10.60036/jbm.v5i1.400

Tayibnapis, A. Z. (2021). Kebangkitan UMKM di Indonesia. Jakad Media Publishing.

Tielung, M. V. J., Karuntu, M., & Samadi, R. L. (2024). Pengaruh TQM Terhadap Keunggulan Bersaing yang Dimediasi Oleh Resource Based View Pada Perusahaan Pengolahan Ikan di Kota Bitung. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 11(1), 146–159. https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.54404

Umar, A., & Norawati, S. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Upt Sungai Duku Pekanbaru. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 835–853. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.656




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.35259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nurfarisa Yuristya, Noor Rizkiyah, Nisa Hafi Idhoh Fitriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: