PELATIHAN DIGITAL STORYTELLING BERBASIS CERITA RAKYAT UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU
Abstract
Abstrak: Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan guru di MTs YPKS Padangsidimpuan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pembelajaran berbasis budaya lokal. Sebagian besar guru masih menggunakan metode konvensional dan belum mampu mengintegrasikan nilai-nilai budaya daerah ke dalam media ajar digital. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan kompetensi digital guru melalui pelatihan Digital Storytelling berbasis cerita rakyat. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, workshop, dan pendampingan produksi video yang diikuti oleh 52 guru dan tenaga kependidikan. Evaluasi dilakukan melalui pre–post test, observasi aktivitas, dan refleksi peserta. Hasil menunjukkan peningkatan kompetensi digital guru sebesar 43,3%, partisipasi aktif mencapai 80%, dan tingkat kepuasan 88,5% (kategori sangat baik). Seluruh peserta berhasil menghasilkan minimal satu produk video pembelajaran berbasis cerita rakyat yang layak digunakan. Program ini tidak hanya meningkatkan hard skills guru dalam penggunaan aplikasi digital, tetapi juga memperkuat soft skills berupa kreativitas, kolaborasi, dan literasi budaya.
Abstract: This community service program was motivated by the limited digital competence of teachers at MTsS YPKS Padangsidimpuan, where classroom instruction is still dominated by conventional methods and teachers have not yet integrated local cultural values into digital learning media. The program aimed to enhance teachers’ digital skills through Digital Storytelling training using local folk tales. The implementation consisted of socialization, workshops, and guided video production involving 52 teachers and education staff. Evaluation was conducted through prepost tests, activity observations, and participant reflections. The results showed a 43.3% improvement in teachers’ digital competence, 80% active participation, and 88.5% satisfaction rate (very good category). All participants successfully produced at least one feasible digital storytelling video based on local folklore. This program not only strengthened teachers’ hard skills in using digital applications but also improved soft skills such as creativity, collaboration, and cultural literacy.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adillah, R., Adisaputera, A., & Lubis, W. (2025). Development of a contextual-based digital book to improve short story writing skills. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1461–1476. https://doi.org/https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.62
Anggara, I. G. A. S., Yusa, I. M. M., Sutarwiyasa, I. K., Yasa, N. P. D., Andhika, I. P. P., Yasa, G. P. P. A., Farqo, T. M., Prasetyo, D., Martida, V., & Ramadhani, N. (2025). Dasar-Dasar Animasi: Prinsip, Proses, dan Praktik Kreatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Arifah, R. Z., Arista, S. F., Susilawati, W., & Sholihah, W. (2025). Integrasi flipped classroom dan digital storytelling dalam pembelajaran deep learning untuk meningkatkan berpikir kritis dan kreativitas matematis peserta didik. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 4(2), 187–204.
Azizah, R. R., Nabilla, N., Oktaviani, N. R., & Jovinta, S. (2025). Pemanfaatan Pembelajaran Story Telling Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1). 1–9.
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Eka, P. N. (2021). Pengembangan Cerita Rakyat Berbasis Budaya Lokal Dengan Menggunakan Media Audio Visual Animasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Fajrie, N., Aryani, V., & Kironoratri, L. (2024). Media belajar digital berbasis kearifan lokal sebagai sumber bacaan dongeng sastra anak. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2262–2275.
Ferando, M. F., Bardi, Y., Mayeli, Y. K. F. R., Rada, M. M., Mude, M. R., & Du’a, P. N. P. S. (2025). Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Media Penguatan Literasi Bahasa Indonesia. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(1), 301–316.
Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 117–140.
Harputra, Y., Ramadhani, Y. R., & Sibuea, B. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Bahasa Inggris melalui Metode Bercerita Indonesian Folk Tales bagi Siswa Sekolah Dasar. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 31–36.
Hatima, Y. (2025). Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Journal of Humanities, Social Sciences, and Education, 1(3), 24–39.
Havita, V. N., & Sa’diyah, H. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya Di Sekolah Melalui Cerita Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia: Literature Review. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 4(2), 114–125.
Hayati, S., & Aidin, N. (2025). Storytelling Berbasis Ethical Digital Literacy: Strategi Literasi Digital Remaja di Era Media Sosial. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 87–100.
Lestari, R. L., Nabilah, S. J., Azizah, S. N., Putra, T. M., Jannah, W., & Khulasoh, S. (2025). Peningkatan Literasi Siswa Melalui Metode Story Telling Dan Media Teknologi Interaktif Di Sekolah SDN Mekarmulya III. PeTeKa, 8(3), 1001–1011.
Listiyanto, S. P., & Maureen, I. Y. (2025). Penerapan Metode Pembelajaran Digital Storytelling Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Materi Teks Naratif Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Labschool Unesa 3. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(11), 1–6
Muttaqin, M. F., Citrawati, T., Azizah, F. N., Shobirin, M., Rokhman, F., & Utomo, U. (2024). Membangun Literasi Bahasa dan Budaya yang Ramah Anak (Menggali Kreativitas dan Kebudayaan dalam Pembelajaran). Cahya Ghani Recovery.
Najah, S. (2024). Persepsi Pedagogi Digital pada Pelaksanaan Digital Storytelling Guru PAUD. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 7(2), 193–198.
PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. In The Language of Science Education (Vol. 1). https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Priantara, I. K. G. S. K., Sueca, I. N., & Numertayasa, I. W. (2025). Pengembangan Bahan Bacaan Literasi Berbasis Kearifan Lokal Berbentuk Flipbook untuk Siswa Utama Widyalaya Astika Dharma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(4), 1918–1929.
Puspitasari, H. R., Widiarti, N., & Subali, B. (2025). Digital Storytelling For Enjoyable and Effective Learning in the Technological Era (2020–2025). Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 14(2), 161–173.
Rahmasari, S. L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Cerita Rakyat Nusantara (Cetara) Berbasis Augmented Reality Pada Materi Menceritakan Kembali Isi Cerita Siswa Kelas IV SDN Geger 1. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Riyanto, O. R. (2025). Multimedia Pembelajaran. CV. Zenius Publisher.
Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.
Sucipto, L., & Syaharuddin, S. (2018). Konstruksi Forecasting System Multi-Model untuk pemodelan matematika pada peramalan Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Nusa Tenggara Barat. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(2), 114. https://doi.org/10.26594/register.v4i2.1263
Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14
Syatroh, I. L., Haryudin, A., Muman, M., & Suprijadi, D. (2025). Pelatihan Digital Storytelling untuk Guru Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Profesi, 1(3), 61–66.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.35669
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yuswin Harputra, Elissa Evawani Tambunan, Yusra Fadhillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE:






