PENDAMPINGAN PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH

Andi Mustopa, Meilisa Sajdah, Edi Mulyono, Cholid Mawardi, Bahari Bahari, M. Makhrus Ali

Abstract


Abstrak: Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan upaya pemerintah untuk membangun generasi bangsa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki akhlak mulia dan kepribadian yang kuat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kebijakan PPK melalui pendidikan Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah/madrasah, dengan melibatkan 15 guru PAI sebagai mitra utama dan 120 siswa sebagai peserta pendampingan. Melalui kegiatan ini, guru dan siswa diharapkan mampu menginternalisasi nilai-nilai karakter Islam dalam proses pembelajaran. Metode pelaksanaan meliputi tahap persiapan (penentuan peserta, penyusunan materi, dan perencanaan teknis), tahap pelaksanaan (pendampingan dan sosialisasi kepada guru serta siswa), dan tahap evaluasi (peninjauan kembali hasil pendampingan). Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan mitra, di mana lebih dari 80% guru mengalami peningkatan pemahaman mengenai strategi pembelajaran berbasis karakter, serta sekitar 70% mengalami peningkatan keterampilan dalam mengintegrasikan nilai karakter ke dalam RPP dan praktik pembelajaran. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan kesadaran dalam menerapkan nilai religius, disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama. Kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam mendukung implementasi PPK di satuan pendidikan serta memperkuat kapasitas guru sebagai agen pembentuk karakter peserta didik.

Abstract: The Character Education Strengthening Policy (PPK) is a government effort to build a generation of people who are not only intellectually smart, but also possess noble morals and strong personalities. This community service activity aims to provide socialization of the PPK policy through Islamic Religious Education (PAI) in schools/madrasahs, involving 15 PAI teachers as the main partners and 120 students as mentoring participants. Through this activity, teachers and students are expected to be able to internalize Islamic character values in the learning process. The implementation methods include a preparation phase (participant determination, material development, and technical planning), an execution phase (mentoring and socialization to teachers and students), and an evaluation phase (review of mentoring results). The results of the activity show an increase in the partners' understanding and skills, where more than 80% of teachers experienced an increase in understanding regarding character-based learning strategies, and about 70% experienced an increase in skills in integrating character values into the lesson plans (RPP) and teaching practices. Furthermore, students showed an increased awareness in implementing religious, disciplinary, responsible, and cooperative values. This activity serves as a strategic step in supporting the implementation of PPK in educational units and strengthening the capacity of teachers as agents for shaping students' character.


Keywords


Strengthening Character Education; Socialization; Islamic Religious Education; Community Service.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aeni, K., Astuti, T., Utoyo, U., Rahayu, S. I., & Junaedi, A. (2021). Pemberdayaan guru sekolah dasar dalam penguatan pendidikan karakter di Kabupaten Tegal. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 3(2), 38-41.

Agustian Vieri, D. S., Ulul Azmi, F., & Gusmaneli. (2025). Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Karakter Siswa. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–12.

Amin, S. M., Nadirah, S., & Idris. (2025). Penguatan Karakter Keislaman melalui Pembelajaran PAI Berbasis Proyek. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(3), 55–70.

Ariandy, M. (2019). Kebijakan kurikulum dan dinamika penguatan pendidikan karakter di Indonesia. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(2), 137-168.

Arlina, A., Lestari, A., Putri, A., Rambe, A., Elsil, E. A., & Jamilah, J. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(2), 699–709. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.999

Basit, A., & Kuswanto, J. (2020). Faktor Determinan Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Sekolah Inklusi. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(2), 12-20.

Dinata, R. D., Fauzi, G., & Gusmaneli. (2025). Strategi Pembelajaran PAI Berbasis Literasi dalam Meningkatkan Pemahaman Keislaman Siswa. Aktivisme: Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik Dan Sosial Indonesia, 2(2), 28–39. https://doi.org/10.62383/aktivisme.v2i2.862

Fajri, N., & Alfurqan, A. (2021). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat di Sekolah Dasar. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(2), 84-92.

Febrianti, Soelfema, & Putri, L. D. (2025). Pembinaan Karakter Mahasiswa Melalui Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 3(1), 364–375. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/bhinneka.v3i1.1207

Fahira, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis penerapan 5 nilai karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 649-660.

Hartati, N. S., Thahir, A., & Fauzan, A. (2020). Manajemen program penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran daring dan luring di masa pandemi covid 19-new normal. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 97-116.

Hasanah, N., & Monica, A. V. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat: Pemilihan Pendekatan, Strategi, Model dan Metode Pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 45–53.

Illiyyah, N., Putri, M. A., Mahfiroh, L. A., & Rofiq, M. K. (2023). Edukasi Anti Bullying Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Di Guntur Demak Bullying Prevention Education As Strengthening Character Education For Students In Guntur Demak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia (JPPMI), 2(5).

Iqbal Mustakim, Muhammad Mawangir, Fitri Oviyanti, & M Riski Kurniawan. (2024). the Internalization of Religious Cultural Values in Shaping the Spiritual Intelligence of Students At Sd Alam Palembang. Jurnal Cakrawala Pendas, 10(3), 596–661. https://doi.org/10.31949/jcp.v10i3.10098

Irodati, F. (2021). Prinsip Pengembangan Rpp Berbasis Karakter Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rihlah Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 6(1), 137–145.

Jumanto, J., & Sarafuddin, S. (2023). Pelatihan penguatan pendidikan karakter peserta didik berbasis strategi metakognisi pada guru kelas SD. JCES (Journal of Character Education Society), 6(1), 8-16.

Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Khususnya Sma/Smk Di Zaman Serba Digital. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101–109. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.606

Muksin Ledang, S., & Kaddas, B. (2025). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Inpres Lanraki I Kota Makassar. Fai Uim, 6(2), 41.

Muspawi, M. (2020). Menata Pendidikan Karakter Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Literasiologi, 4(2), 115–125.

Ningrum Retnno Wulan, Ismaya Erik Aditia, & Fjrie Nur. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan TanggungJawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 105–117.

Nurlaila Ramadhani, Nisa Adriani, & Gusmaneli Gusmaneli. (2025). Strategi Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Karakter Religius Siswa dalam Mata Pelajaran PAI. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 44–55. https://doi.org/10.62383/aliansi.v2i3.876

Oktavia, L., Botifar, M., & Wanto, D. (2023). Integrasi Pendidikan Karakt32Jurnal Literasiologier dalam Kurikulum PAI di SD Negeri 10 Ujan Mas. Jurnal Literasiologi, 9(2), 32–53. https://doi.org/https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i2.463

Putri, A. K., Salsabila, A., & Prabayunita, A. (2023). Memudarnya Nilai Nilai Gotong Royong pada Era Globalisasi. Indigenous Knowledge, 2(3), 96–103.

Ramachandaran, S. D., Vasudevan, A., Balakrishnan, R., Nagaraj, S., & Thinakaran, R. (2024). The impact of green human resource management practices on employee’s job performance. International Journal of Management and Sustainability, 13(3), 506–522. https://doi.org/10.18488/11.v13i3.3828

Rambe, A. A., Dwietama, R. A., Rahardja, M. N. A., Firdaus, E., Rahman, R., & Suresman, E. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 Implementation Of Character Education In The 2013 Curriculum. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 40–53.

Rohyana, H., & Siddiq, R. F. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Dalam Pembentukan Pribadi Siswa. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 5(02), 75–91. https://doi.org/10.51875/jispe.v5i02.535

Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Digital: Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 36–42.

Sasmita, M., & Anwar, A. S. (2023). Optimalisasi Program Magrib Mengaji di Era 4 . 0 dalam Membentuk Karakter Remaja Masjid yang Religius di Kelurahan Tanjungpura Karawang Barat. Jurnal Ilmiah Karawang, 01(01), 69–75.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234.

Syahputra, M. C., & Maida, N. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter: Dari Kebijakan Publik Untuk Kebajikan Publik. Journal Tapis: Journal ….

Wekke, I. S. (2022). Metode Pengabdian Masyarakat: Dari Rancangan ke Publikasi. Penerbit Adab.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.35761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Andi Mustopa, Meilisa Sajdah, Edi Mulyono, Cholid Mawardi, Bahari, M. Makhrus Ali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: