OPTIMALISASI UKS UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH SEHAT FISIK DAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI SATU ATAP
Abstract
Abstrak: Mitra kegiatan ini adalah SMP Negeri Satu Atap 3 Sukasada yang merupakan satu-satunya SMP di Desa Wanagiri. Permasalahan yang dialami saat ini di sekolah yaitu terkait kesehatan fisik dan lingkungan sekolah yang juga disebabkan karena belum optimalnya tata kelola UKS di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalisasi UKS guna mewujudkan sekolah sehat fisik dan lingkungan. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini menggunakan pendekatan partisipatif, edukatif dan kolaboratif melalui kegiatan sosialisasi, penyuluhan, pelatihan dan pendampingan, revitalisasi serta kolaborasi untuk membangun jejaring. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu seluruh guru dan tenaga kependidikan berjumlah 15 orang dan serta diikuti oleh siswa yang berjumlah 117 orang. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan menggunakan kuesioner pre dan post untuk mengukur peningkatan pengetahuan peserta. Indikator keberhasilan kegiatan ini ditunjukkan dengan peningkatan pengetahuan guru dan tenaga kependidikan dalam manajemen UKS dari rata-rata nilai 70,2 menjadi 77,8, peningkatan pengetahuan siswa dalam upaya menjaga hidup sehat dari rata-rata nilai 71,4 menjadi 96,7 serta peningkatan pengetahuan siswa dalam pengolahan sampah dai rata- rata nilai 71,5 menjadi 87,5. Kegiatan yang dilakukan juga telah mampu meningkatan keterampilan sivitas sekolah terkait pelaksanaan P3K, pengolahan sampah, pembuatan eco enzyme serta pembuatan kompos sebagai upaya pelestarian lingkungan. Keberhasilan kegiatan juga terlihat dengan adanya penguatan kelembagaan dalam pengelolaan dan manajemen UKS. Program pengabdian ini efektif dalam mewujudkan sekolah sehat fisik dan lingkungan.
Abstract: The partner of this activity is Public Middle School Satu Atap 3 Sukasada, the only junior high school in Wanagiri Village. The current problems experienced at the school are related to physical health and the school environment, which are also caused by the suboptimal management of the school health unit. This activity aims to optimize the school health unit to create a physically and environmentally healthy school. The method used in this activity uses a participatory, educational and collaborative approach through socialization, counseling, training and mentoring, revitalization and collaboration to build networks. Participants involved in this activity were all teachers and education staff totaling 15 people and also attended by 117 students. Evaluation of the activity was carried out using pre- and post-questionnaires to measure the increase in participants' knowledge. The success indicators of this activity are shown by the increase in knowledge of teachers and education personnel in school health unit’s management from an average score of 70.2 to 77.8, an increase in student knowledge in efforts to maintain a healthy life from an average score of 71.4 to 96, 7 and an increase in student knowledge in waste management from an average score of 71.5 to 87.5. The activities carried out have also been able to improve the skills of the school community related to the implementation of first aid, waste management, eco-enzyme production and compost production as an effort to preserve the environment. The success of the activity is also seen in the strengthening of institutions in the management and administration of school health unit. This community service program is effective in realizing a physically and environmentally healthy school.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Abhinaya. (2024, 25 Maret). Kampung Keluarga Berkualitas (KB) — mewujudkan visi Generasi Emas Indonesia 2045. BKKBN.
Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan, K. K. (2024). SSGI 2924-Survei Status Gizi Indonesia (Dalam Angka).
Direktorat Jenderal PAUD, D. D. (2024). Pedoman Gerakan Sekolah Sehat (GSS) Tahun 2024.
Direktorat Sekolah Dasar, D. J. P. A. U. D. P. D. dan P. M. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Pada Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).
Disi, M. Z. A., & Abdullah, A. (2025). Pendampingan Optimalisasi Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Di SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate. Majalah Cendekia Mengabdi, 3(1), 1-5.
Giyaningtyas, I. J., Iswari, Y., Bayuningsih, R., Hartati, S., & Chaidar, M. (2025). Pembentukan dan pelatihan kader Duta Sehat sebagai bentuk optimalisasi UKS dalam pencegahan obesitas pada anak usia sekolah. Jurnal Mitra Masyarakat (JMM), 6(1), 16–24.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Petunjuk Teknis Pembinaan Penerapan Sekolah/Madrasah Sehat. Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.
Maretta, M. Y., Wijayanti, W., & Irdianty, M. S. (2023). Penguatan UKS dan Optimalisasi Kesehatan Prakonsepsi melalui Pelatihan Basic Life Support (BLS) dan Prakonsepsi bagi Kader di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(1), 391-403.
Nurochim, & Nurochim, S. N. (2020). Optimalisasi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Sebagai Daya Ungkit Mutu Sumber Daya Manusia. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 218–235.
Putriani, I., Malahayati, E. N., & Sholihah, M. (2022). Pengelolaan Sampah Organik Untuk Mewujudkan Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan di SDN Kanigoro 3 Kabupaten Blitar. Panrita Abadi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 729–738.
Rianto, A. A. (2023). Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Anestesi: Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 1(4), 356–362.
Riinawati. (2022). Pelatihan Optimalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Dalam Meningkatkan Budaya Hidup Sehat Warga Sekolah SDN Teluk Dalam 3 Banjarmasin. Surya Abdimas, 6(2), 241–247.
Sahid, M. H., Adisasmita, A. C., & Djuwita, R. (2022). Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 1-3 Sekolah Dasar. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Indonesia, 5(2), 77-84.
Sari, A. N., Khamidi, A., Yulianingsih, W., & Widiyanah, I. (2025). Implementasi Program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) di SMKN 1 Duduksampeyan Sebagai Sekolah Binaan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran , 8(2), 582–593.
Sutyasna, H., Isnayanti, D., & Fanreza, R. (2019). Pengembangan Dokter Kecil Muhammadiyah Membentuk Dokter Muhammadiyah Masa Depan Berkarakter Islami. Seminar Nasional Abdimas II “Sinergi Dan Strategi Akademisi, Busines, Dan Goverment Dalam Mewujudkan Pemberdayaan Mayarakat Yang Berkemajuan Di Era Industri 4.0.”
Winei, A. A. D., & dkk. (2023). Dampak Lingkungan Sekola Terhadap Hasil Belajar dan Kesehatan Mental Siswa. Jurnal on Education, 06(01), 317–327.
Winoto, P. M. P., Hatmanti, N. M., Setiawan, A. H., & Rofik, A. (2024). Peningkatan Kapasitas Guru dan Tenaga Kependidikan Sebagai Upaya Penguatan Program UKS. Abdi Wiralodra Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 18–33.
Wiryawan, I. G. A., & et al. (2024). Pedoman Asupan Gizi Seimbang Untuk Anak Usia Sekolah Dasar di Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 13(1), 15–25.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.35858
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lina Anggaraeni Dwijayanti, Ni Made Raningsih, Ni Ketut Ayu Wulandari, Komang Sinar Suriani Ayu Dalem, Anjasta Dwi Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE:






