PEMANFAATAN IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS SP.) DALAM PEMBUATAN MIE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI KREATIF

Trisna Agung Pambudi, Lutfi Danuwari, Ahmad Fauzi, Salnida Yuniarti Lumbessy

Abstract


Abstrak: Mie basah (mie ayam) merupakan makanan cepat saji yang rendah kandungan gizinya karena kandungan karbohidrat yang tinggi dan asam lemak omega-3 yang rendah.  Pemanfaatan ikan tongkol merupakan suatu inovasi baru untuk olahan mie yang bernilai gizi tinggi karena ikan tongkol mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, asam lemak omega-3, natrium dan fosfor. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan peluang usaha mandiri melalui produksi mie ikan tongkol yang sehat dan mempunyai nilai gizi yang tinggi. Metode yang digunakan adalah praktek langsung pembuatan mie ikan tongkol dan menganalisis kelayakan usahanya. Tahapan kegiatan ini meliputi pembuatan produk, pengemasan, dan pemasaran kepada konsumen. Kegiatan evaluasi dilakukan berdasarkan saran dari konsumen dan analisis hasil dari keuntungan yang diperoleh. Produk mie ikan tongkol ini dijual dengan Rp, 10.000,- pada saat promo dan Rp. 12.000,- pada hari biasa.. Proses pemasaran dilakukan melalui social media yaitu instagram dan whatsapp. Usaha mie ikan tongkol ini harus dapat menjual 8 porsi untuk dapat mencapai titik impas (BEP). Hasil perhitungan cash flow menunjukkan bahwa usaha mie ikan tongkol ini layak untuk bersaing di pasaran karena hasil penjualan selama satu bulan sudah dapat melebihi BEP , yaitu dapat menghasilkan 50 porsi mie ikan tongkol selama satu bulan penjualan.

 

Abstract:  Wet noodles (chicken noodles) are fast food that are low in nutritional content due to their high carbohydrate content and low omega-3 fatty acids. The use of tuna fish is a new innovation for the processing of noodles with high nutritional value because tuna contains nutrients such as vitamin A, vitamin B, omega-3 fatty acids, sodium and phosphorus. The purpose of this activity is to create independent business opportunities through the production of tuna fish noodles that are healthy and have high nutritional value. The method used is direct practice of making tuna fish noodles and analyzing the business feasibility. The stages of this activity include product manufacture, packaging and marketing to consumers. Evaluation activities are carried out based on suggestions from consumers and analysis of the results of the benefits obtained. This tuna fish noodle product is sold for Rp. 10,000 at the time of the promo and Rp. 12,000, - on weekdays. The marketing process is carried out through social media, namely Instagram and WhatsApp. This tuna fish noodle business must be able to sell 8 portions to be able to break even (BEP). The results of the cash flow calculation show that this tuna fish noodle business is feasible to compete in the market because the sales results for one month can exceed the BEP, which can produce 50 servings of tuna fish noodles for one month of sales.


Keywords


Creative Economy; Tuna; Noodles.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Bustami, B., & Nurlela. (2013). Akuntasi Biaya (Edisi 4). Jakarta : Mitra Wacana Media. Mitra Wacana Media.

Cilia, Muskita, W. H., & Kurnia, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Tepung Ikan Layang ( Decapterus russelli ) dengan Tepung Ikan Tongkol ( Euthynnus affinis ) dalam Pakan terhadap Pertumbuhan dan Tingkat Kelangsungan Hidup Juvenil Udang Vaname ( Litopenaeus vannamei ) [ The Effect of Flying Fish Meal. Media Akuatika, 1(4) : 177–186.

Diana, F. M. (2012). Omega 3. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 6(2) : 113 - 117. https://doi.org/10.24893/jkma.v6i2.98

Effendi, Z., Surawan, F. E. D., & Sulastri, Y. (2016). Sifat Fisik Mie Basah Berbahan Dasar Tepung Komposit Kentang dan Tapioka. Jurnal Agroindustri, 6 (2) : 57–64. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933

Fatimah, N., Nurhasnawati, H., Zaki, R., Samarinda, A. F., & Timur, S. K. (2018). Identifikasi Kandungan Formalin pada Mie Basah Menggunakan Pereaksi Schryver. Jurnal Ilmiah Manuntung, 4(1) : 74–78.

Nugrahani, N. (2013). 2008. Identifikasi Aspek-aspek Pemasaran dalam Perencanaan Bisnis Kemitraan antara Penjual dengan Petani Beras Organik. Jurnal optimal, 1(2) : 23–30.

Nuraini, T. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekanbaru.Yayasan Aini Syam : Pekanbaru.

Olaitan, P.B, Chen. I. P, Norris. J. E. C, Feinn, R. Oluwatosin, O. M and Reichenberger, E. J (2011). Inhibitory Activities of Omega-3 Fatty Acids and Traditional African Remedies on Keloid Fibroblasts. Wound, 23 (4) : 97–105.

Pandia, N. R. (2019). Pengaruh Promosi Gizi dengan Media Storytelling Gemar Makan Ikan dan Sayur terhadap Pengetahuan dan Sikap SDN 107982 Kecamatan Lubuk Pakam. Skripsi. Politeknik Kesehatan Medan.

Risti, Y., & Rahayuni, A. (2013). Pengaruh Penambahan Telur terhadap Kadar Protein, Serat, Tingkat Kekenyalan dan Penerimaan Mie Basah Bebas Gluten Berbahan Baku Tepung Komposit. (Tepung Komposit : Tepung Mocaf, Tapioka Dan Maizena). Journal of Nutrition College, 2 (4) : 696–703. https://doi.org/10.14710/jnc.v2i4.3833

Ristovska, N., Stoilkovska, Aleksandra Gramatnikovski, S. (2015). Innovative business models a factor for competitive advantage of the companies. UTMS Journal of Economics, 6(1) : 135–146.

Rudianto, D. F. (2017). Dampak Pelaksanaan Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) terhadap Peningkatan Konsumsi Ikan Rumah Tangga Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang

Sodikin. (2015). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta : UPP STIM YKPM.

Susilo. (2012). Pemanfaatan Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) sebagai Bahan Pengawet Ikan Bandeng Segar (Chanos chanos F.). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, . (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29 (1) : 59–66. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Trisna Pambudi, Lutfi Danuwari, Ahmad Fauzi, Salnida Yuniarti Lumbessy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: