PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN PRODUK PANGAN LOKAL SECARA DIGITAL DI ERA PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstrak: Penyebaran virus Sars-CoV-2 yang sedang terjadi di berbagai belahan dunia kian meningkat. Pembatasan sosial berskala besar sebagai kebijakan yang pemerintah terbitkan pada pelaksanaanya sangat mempengaruhi sektor perekonomian di Indonesia. Saat ini, konsumen enggan dan membatasi diri untuk melakukan kegiatan jual-beli secara langsung dan beralih ke sistem digital. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran strategi yang dapat diterapkan oleh para pelaku usaha khususnya bidang olahan pangan lokal dalam mengembangkan dan memasarkan produknya secara digital. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah memberikan strategi yang dapat dilakukan melalui pelatihan untuk mengembangkan dan memasarkan produk secara digital adalah pengelolaan dan pembukuan keuangan secara digital, memanfaatkan media sosial dan e-commerce serta adanya perbaikan kemasan dan label produk guna meningkatkan daya tarik calon pembeli/konsumen. Adanya pelatihan strategi dapat menambah pengetahuan mengenai pengelolaan, pengembangan dan pemasaran usaha. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan, ketiga strategi tersebut dapat meningkatkan kinerja pemasaran produk sehingga menjadi solusi untuk para pelaku usaha yang saat ini terdampak akibat pandemi Covid-19.
Abstract: The spread of the Sars-CoV-2 virus that is currently occurring in various parts of the world is increasing. This certainly has a big influence on various aspects of human life, including in Indonesia. Large-scale social restrictions as a policy that the government issues in its implementation greatly affect the economic sector in Indonesia. Currently, consumers are reluctant and limit themselves to direct buying and selling and switching to digital systems. This activity aims to provide an overview of strategies that can be applied by business actors, especially in the field of local food processing in developing and marketing their products digitally. The implementation method used is to provide strategies that can be carried out through training of digital financial management and bookkeeping, utilizing social media and e-commerce, and the improving product packaging and labels to increase the attractiveness of potential buyers/consumers. The existence of strategic training can increase knowledge about business management, development, and marketing. Based on the results of the activities, the three strategies can improve product marketing performance so that they become a solution for business actors who are currently affected by the Covid-19 pandemic.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhempi, R.R., dan Harianto, W. (2013). Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan terhadap Pengembangan Usaha Kecil pada Program Kemitraan Bina Lingkungan. Media Riset Bisnis dan Manajemen. 13(1), 20–38.
Bernadi, J. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Velg YQ. 4(2), 731–741.
CNN Indonesia. (2020). Omset UMKM Anjlok 75 Persen karena Corona. Diakses pada 24 Februari, 2021. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200806152335-92-532902/omzet-umkm-anjlok-75-persen-karena-corona.
Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Journal of Business and Entrepreneurship. 2(2), 83–92. https://doi.org/doi : 10.24853/baskara.2.2
Hamalik, O. (2007). Pengembangan SDM : Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan, Pendekatan Terpadu. Penerbit Bumi Aksara.
Irawati, R. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan Terhadap Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal JIBEKA, 12(1), 74–82.
Kaplan, A., dan Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Kelley School of Business. Business Horizons, 53(1), 59–68.
Rahma, A. (2021). Pemerintah Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2021 di Angka 2,1 Persen. 5 Februari. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4475926/pemerintah-proyeksi-pertumbuhan-ekonomi-kuartal-i-2021-di-angka-21-persen
Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109–120. https://doi.org/doi : 10.34127/jrlab.v9i2.380
Schneider, G. (2012). Electronic Commerce (Tenth Edit). Electronic Commerce.
Susilo, Bambang, Wijaya, H., dan Yulianti, N. (2014). Pengaruh Pelatihan terhadap Pengembangan Usaha di KUD Marem Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun 2013. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–4.
Swastha, B. D. . & I. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Offset.
Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/index/search/search?query=strategi+pemasaran&searchJournal=&authors=&title=&abstract=&galleyFullText=&suppFiles=&dateFromMonth=&dateFromDay=&dateFromYear=&dateToMonth=&dateToDay=&dateToYear=&dateToHour=23&dateTo
Wisyastuti, R. A. . (Ed). (2020). Menkominfo: Transaksi Via E-Commerce Melonjak 30%. 15 Mei. https://bisnis.tempo.co/read/1342649/menkominfo-transaksi-via-e-commerce-melonjak-30-persen/full&view=ok
Wulandari, S. N. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Pelaksanaan. Bening, 7(2), 165–177.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5017
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Vira Putri Yarlina, Syamsul Huda, Inge Puspa Riana Kuswandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: