PENINGKATAN KETRAMPILAN DAN KEMAMPUAN KOMPUTER MELALUI PELATIHAN APLIKASI PERKANTORAN BAGI PERSONEL POLRI TEGAL KOTA

Ida Afriliana, Eko Budihartono, Rais Rais

Abstract


Abstrak: Teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat, apalagi saat ini di masa pandemi, dimana pertemuan tatap muka lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan tatap muka virtual. Perkembangan teknologi yang amat pesat  di segala lapisan, tidak terkecuali di berbagai departemen pemerintahan, dari level nasional, hingga level pemerintahan terkecil. Seperti halnya pelayanan di wilayah Kepolisian Tegal Kota, dimana hampir semua bentuk administratif telah berbasis komputerisasi, menuju pelayanan sistem informasi terpadu. Kepolisian Kota Tegal memilliki beberapa bagian atau unit yang tentunya akan berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat, tetapi ada beberapa personil yang belum mahir dalam mengimplementasikan aplikasi perkantoran dalam bidang pelayanan ini. Untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan komputer bagi personil POLRI Kota Tegal maka pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan pelatihan selama 5 hari, diikuti oleh 31 personil dengan mengimplementasikan penggunaan Microsoft Word, Microsoft Excel  dan  Microsoft Powerpoint untuk melakukan kegiatan pelayanan administratif dalam pelayanan masyarakat. Hasil pengabdian ini sangat baik, dimana 100% peserta pengadian ini yang telah lulus mengikuti tes akhir yang dilaksanakan pada akhir pelatihan.

 

Abstract:  Information technology is developing very rapidly, especially now during a pandemic, which face to face meetings are more difficult than virtual meetings. The development of technology occurred at all levels, including in various government deparement, from he national leel to smallest goverment level. As with services in Tegal City Police area, which almost all administrative services have been computerized, towards integrated information sysem services. The Tegal City Police have several sections or units that will of course be directly realted to community services, but there are some personnel who are not yet proficient in implementing office applications in office administrative. To improve computer skills and abilities for POLRI personnel in TEgal City, this community service was carried out by training for 5 days, followed by 31 personnel by implementing Microsoft Word, Microsoft Excel  and  Microsoft Powerpoint to carry out administrative service activities to serve community. The result of this community service are very good, 100% personnel have passed the final est which was carried out at the end of the training.


Keywords


Office Applications; Computerization; Administratie Services

Full Text:

PDF

References


Afriliana, I., Rakhman, A., Nurohim, N., & Maulana, A. (2020). Peningkatan Pelayanan Administratif Melalui Penguatan Kompetensi Aplikasi Perkantoran di Kecamatan Talang. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.1.1-5

Ashari, M. O. M. (2020). Kedudukan dan Kewenangan TNI dalam Mencegah Tindak Pidana Terorisme. Jurist-Diction, 3(2), 471. https://doi.org/10.20473/jd.v3i2.18199

Damayanti, D. (2016). Analisis Pelayanan Peningkatan Kualitas Penerbitan Surat Ijin Mengemudi (Studi Kasus di Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Kendal). Majalah Ilmiah Inspiratif, 501(1), 1689–1699.

DESRA. (2020). Kenali Peluang & Tantangan Bisnis Di Era Digital Saat Ini. Journal Enterpreneur, -(-), -.

Elysia, V., Wihadanto, A., & Sumartono. (2017). Implementasi E-Government Untuk Mendorong Pelayan an Publik yang Terintegrasi di Indonesia. Optimalisasi Peran Sains Dan Teknologi Untuk Mewujudkan Smart City, 353–380.

Haerani, R., & Repelita, R. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Office Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Bagi Pegawai Kantor Desa Harjatani Kramatwatu Serang-Banten. MINDA BAHARU, 4(2), 68. https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2692

Hufron, H. (2019). Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Dalam Penataan Kelembagaan Terbaru. Jurnal Hukum Magnum Opus, 2(2), 114. https://doi.org/10.30996/jhmo.v2i2.2496

Magdalena, I., Yulianti, D., Ningsih, D. A., & Ramadhania, P. R. (2020). Perkembangan Teknologi dalam Media Pembelajaran Online serta Dampaknya di Masa Pandemi Covid 19 di SDN Kosambi III Sukadiri. Edisi, 2, 375–386. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1011

Mardani, D. P. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pendidikan di Indonesia. Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/dewi09529/5f9e70338ede48358c5cc372/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-pendidikan-di-indonesia?page=1

Natasuwarna, A. P. (2019). Tantangan Menghadapi Era Revolusi 4 . 0 - Big Data dan Data Mining. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019, 23–27.

Noviyanti, C., Erawati, W., & Lesmana, H. (2020). Rancang Bangun Pemetaan UMKM Kota Tegal Berbasis Sistem Informasi Geografis. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 6(1), 56–63. https://doi.org/10.31294/ijse.v6i1.8101

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.

Wahyuni, N., & Dra. Maesaroh, M. S. (2016). Analisis Inovasi Pelayanan di Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Studi Kasus Simile Police). Jurnal Administrasi Publik Undip, 91(5), 1689–1699.

Wicaksono, A. (2020). Aktivitas Fisik Yang Aman Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 10–15.

Wiryasaputra, R. (2017). Pelatihan Aplikasi Perkantoran Kepolisian Sektor Tanjung. 1(2), 60–64.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ida Afriliana, Eko Budihartono, Rais Rais

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: