PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK MELALUI PELATIHAN DISAIN KEMASAN DAN PROMOSI MULTIMEDIA KERIPIK TEMPE DESA KUAMANG GADING KOTA JAMBI

Nur Ika Effendi, Supriyati Supriyati, Herawati Herawati

Abstract


Abstrak: Kegiatan pengabdian ini perlu dilakukan mengingat keripik tempe merupakan salah satu simbol oleh-oleh masyarakat Bungo dan memiliki nilai jual ekonomis. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan kesejahteraan anggota UMKM dan masyarakat desa Kuamang Gading melalui perancangan kemasan produk dan sosialisasi pemanfaatan multimedia. Metode yang dilakukan dengan cara sosialisasi dan pelatihan pembuatan logo, kemasan yang baik dan sehat serta pemanfaatan multimedia dalam promosi penjualan. Hasil yang dicapai terjadi peningkatan softskill dalam pembuatan logo, kemasan sebesar 30% dan juga terjadi peningkatan penjualan keripik tempe < 10% sehingga peningkatan kesejahteraan anggota usaha UMKM dan masyarakat desa Kuamang Gading menjadi meningkat.


Abstract:   This service activity needs to be held considering that tempeh chips one of the symbols of souvenirs for the Bungo community and having an economic selling value. The purpose is to improve the welfare of UMKM members and the Kuamang Gading village community through product packaging design and socialization of multimedia utilization. The methods are with socializing and training on logo making, well and healthy packaging, and utilization of multimedia in sales promotion. The results achieved were an increase soft skills of product packaging design and sales tempeh chips increased < 10% so the welfare of MSME business members and the Kuamang Gading village community increased.


Keywords


Tempeh; Packaging; Multimedia; Welfare

Full Text:

PDF

References


Andriyanto, R., & Haryanto, J. (2010). Analisis Pengaruh Internet Marketing Terhadap Pembentukan Word of Mouth and Brand Awareness Untuk Memunculkan Intention to Buy. Journal of Technology Management, 9(1).

Ari, R., & Priambudi, A. Y. (2020). Analisis Kualitas Tempe di Pasar Baruga Kendari. Sultra Journal of Agricultural Research, 54–60.

Bigliardi, B., Galati, F., & Petroni, G. (2011). Collaborative modes of R & D : the new challenges for personnel management. International Journal of Business, Management and Social Sciences, 2(3), 66–74.

Effendi, N. I., Akbar, R. M., & Murni, Y. (2021). Shopping Orientation and Online Trust To Enhance Online Purchase Intentions With Gender Differences As Moderator. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 3(2), 117–126. https://doi.org/10.33005/ebgc.v3i2.124

Faridah, H. D. (2019). Halal certification in Indonesia; history, development, and implementation. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 68. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.2-issue.2.68-78

Garside, A. K., Baroto, T., & Gunarimba Waibo, O. R. (2020). Penguatan Aspek Produksi dan Pemasaran pada Usaha Keripik Singkong Mix Sayur. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 61. https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.4614

Hadi, J., Y, E. C., Bambang, M., & Siwalankerto, J. (n.d.). Perancangan Desain Kemasan Makanan Khas Kabupaten Ngawi Keripik Tempe Rico.

Irrubai, M. L. (2015). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga Di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Society, 6(1), 15–30.

Nordman, C. J. (2017). Discussion Paper Series Household Entrepreneurship and Social Networks : Panel Data Evidence from Vietnam Household Entrepreneurship and Social Networks : Panel Data Evidence from Vietnam. (10482).

Nugraha, A. S. (2011). Strategi Pemasaran Keripik Tempe pada Industri Rumah Tangga di Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri. 77.

Pramitasari, D., Anandhito, R. B. K., & Fauza, G. (2011). Penambahan ekstrak jahe dalam pembuatan susu kedelai bubuk instan dengan metode spray drying: Komposisi kimia, sifat sensoris, dan aktivitas antioksidan. Biofarmasi Journal of Natural Product Biochemistry, 9(1), 17–25. https://doi.org/10.13057/biofar/f090104

Purnama, V. F., Hartanto, D. D., Sylvia, M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2017). Perancangan Rebranding UMKM Keripik Tempe Reza. 18–23.

Ramlan, R., & Nahrowi, N. (2014). Sertifikasi Halal Sebagai Penerapan Etika Bisnis Islami Dalam Upaya Perlindungan Bagi Konsumen Muslim. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 17(1), 145–154. https://doi.org/10.15408/ajis.v17i1.1251

Sartika, D., & Yuliana, Neti, S. (2020). Pendampingan Diversifikasi Kemasan , Rasa , dan Bentuk Keripik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 1(3), 161–168.

Syska, K., & Ropiudin, R. (2020). Analisis Mutu Keripik Tempe Berdasarkan Cara Perekatan dan Ketebalan Pengemas Selama Penyimpanan. CHEESA: Chemical Engineering Research Articles, 3(1), 42. https://doi.org/10.25273/cheesa.v3i1.6695

Yin, Z., Gong, X., Guo, P., & Wu, T. (2019). What Drives Entrepreneurship in Digital Economy? Evidence from China. Economic Modelling, 82(July), 66–73. https://doi.org/10.1016/j.econmod.2019.09.026




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Ika Effendi, Supriyati Supriyati, Herawati Herawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: