MENTORING BEASISWA DAN STUDI LANJUT SECARA ONLINE MELALUI PROGRAM SEKOLAH BEASISWA STRAYA UNTUK PELAMAR BEASISWA PASCASARJANA TUJUAN DALAM DAN LUAR NEGERI

Soni Ariawan, Rizal M. Suhardi, Romy Hidayat, Zulkarwin Zulkarwin, Ahmad Aprillah, Haryadi S, Ahmad Munjizun

Abstract


Abstrak: Mentoring beasiswa ini bertujuan untuk memberikan pendampingan yang intensif dan berkelanjutan kepada para pemburu beasiswa. Mentoring ini sangat dibutuhkan sebagai wadah untuk berbagi informasi dan mempersiapkan aplikasi beasiswa. Program ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan grup WhatsApp dan didukung dengan aplikasi zoom. Secara umum program ini meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap persiapan, tim menyiapkan kurikulum dan membuka pendaftaran. Pada tahap pelaksanaan, dilakukan diskusi dan konsultasi. Sementara itu, pada tahap penilaian dilakukan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilannya. Hasil akhir dari program ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta mengalami kendala pada sertifikat bahasa Inggris (TOEFL/IELTS). Hanya sebagaian dari mereka saja yang bisa melamar beasiswa tujuan luar negeri karena memiliki skor TOEFL/IELTS yang cukup. Oleh karena itu, ketersediaan skor TOEFL/IELTS ini menjadi faktor penting yang menetukan pilihan beasiswa. Sebagian besar dari peserta yang berhasil mengirim aplikasi beasiswa memilih beasiswa NTB. Hal ini dikarenakan beasiswa NTB meminta syarat TOEFL/IELTS yang standarnya relatif lebih rendah dibanding beasiswa yang lain.

 

Abstract:  This program aims to provide an intensive assistance for scholarship hunters. A mentoring is needed to share information and to prepare the scholarship application. The program is conducted through WhatsApp and supported with zoom. The program is mainly divided into three steps namely preparation, execution and evaluation. Preparation includes the work of curriculum development, socialization and recruitment. Execution of the program includes discussion and consultation, while evaluation involves the process of assessing the progress. The result of this program indicates that most of the participants do not have sufficient TOEFL/IELTS score as the language requirement to apply scholarship. Some of them have such great score to apply scholarship to study abroad and the rest of them are eligible to apply national scholarship. The availability of English language certificate influence their preferences in apply scholarship. Most of them apply for Beasiswa NTB (scholarship provided by Government of West Nusa Tenggara) which require a moderate score of English certificate.


Keywords


Mentoring; Language Certificate; Scholarship Application

Full Text:

PDF

References


Amsar, A., Munadi, R., & Adriman, R. (2017). Seleksi Beasiswa Untuk Perguruan Tinggi Berdasarkan Pendekatan Keputusan Berkeadilan dengan Fuzzy Mamdani. Jurnal Inotera, 2(2), 49–56. https://doi.org/10.31572/inotera.Vol2.Iss2.2017.ID28

Andriadi, K. D., Asih, E. T. W., Dewi, A. a. W., Nugraha, K., & Samadhinata, M. D. (2019). Efektivitas Penyelenggaraan Program Beasiswa Bidikmisi di Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jinah.v8i3.20015

Batubara, I. A. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Memperoleh Beasiswa di SD Negeri 101808 Candirejo. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 1(1), 127–130.

BPS. (2019). Katalog BPS.

Cambridge Assessment English. (2020). Comparing scores to IELTS. 8.

Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan tes TOEFL (Test of English as Foreign Language) untuk Siswa SMA/SMK, Mahasiswa, Dosen dan Umum. BUDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1457

Houghty, G. S., & Siswadi, Y. (2015). Persepsi Mentor dan Mentee tentang Program Mentorship. Jurnal Skolastik Keperawatan, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.35974/jsk.v1i2.79

Julia, J., Mashudi, M., & Warneri, W. (2018). Pengaruh Pemberian Beasiswa Yayasan Bumi Khatulistiwa (YBK) terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa UNTAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/27511

Kuspiyah, H. R., Zulaikah, Z., & Nuriah, A. L. (2021). Pendampingan Kelompok Belajar Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 1121–1129. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4690

Maharani, F. T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan esai Aplikasi Beasiswa dan Studi Lanjut Luar Negeri Secara Daring. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 464–468. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.755

Mardiyanti, M., Purnaningsih, N., & Tjitropranoto, P. (2014). Efektivitas Program Beasiswa untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa (Kasus pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Beastudi Etos di Jabodetabek. Jurnal Penyuluhan, 10(1). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v10i1.9913

Media, K. C. (2018, October 30). 5 Negara dengan Alokasi Anggaran Pendidikan Terbesar Halaman all. KOMPAS.com. https://edukasi.kompas.com/read/2018/10/30/08000011/5-negara-dengan-alokasi-anggaran-pendidikan-terbesar

Situmorang, K. (2020). Pengenalan TOEFL ITP dan Sharing Belajar ke Luar Negeri. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.35326/pkm.v4i2.795

Widyastuti, A. (2012). Analisis Hubungan Antara Produktivitas Pekerja Dan Tingkat Pendidikan Pekerja Terhadap Kesejahteraan Keluarga Di Jawa Tengah Tahun 2009. Economics Development Analysis Journal, 1(2).

Wirawan, R. (2019). Mendorong peningkatan daya saing sumber daya manusia kalimantan timur melalui seminar beasiswa wish festival & education expo. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(1), 27–37. https://doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2692

World Bank. (2019). The World Bank in Indonesia. https://www.worldbank.org/en/country/indonesia/overview.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Soni Ariawan, Rizal M. Suhardi, Romy Hidayat, Zulkarwin Zulkarwin, Ahmad Aprillah, Haryadi S, Ahmad Munjizun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: