UPAYA PENINGKATAN NILAI EKONOMIS PRODUK UMKM MELALUI SOSIALISASI DIVERSIFIKASI PRODUK
Abstract
Abstrak: Inovasi dalam melakukan pengemasan produk menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan nilai jual produk. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk melakukan sosialisasi diversifikasi produk kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Metode pelaksanaan kegiatan sosialisasi dilakukan secara personal ke tiap-tiap rumah warga pemilik UMKM dengan tujuan menghindari kerumunan. Peserta kegiatan terdiri dari 5 Dosen kelompok wirausaha, 3 Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil PNJ, dan mitra pengabdian yang berjumlah 20 orang pelaku UMKM di RT 004 RW 014 Jatisampurna Kota Bekasi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi ditemukan lebih dari 80% peserta mengalami kendala seperti keterbatasan penguasaan teknologi informasi. Kondisi ini disebabkan karena peserta didominasi oleh warga lanjut usia, sehingga membutuhkan bantuan dan dukungan dari anak-anak mereka yang notabene generasi millenial dan tanggap teknologi. Setelah peserta memiliki produk yang berkualitas untuk dipasarkan secara luas, kami menyarankan untuk melakukan kegiatan berikutnya yaitu pelatihan dan pendampingan pembuatan sertifikat Halal MUI dan BPOM.
Abstract: Innovation in product packaging is one of the efforts to increase the selling value of the product. The purpose of community service activities is to disseminate product diversification to Small and Medium Enterprises (SME's). The method of implementing socialization activities is carried out personally to each home of the SME’s owner to avoid crowds. The participants of the activity consisted of 5 lecturers of the entrepreneurial group, 3 students of the Civil Engineering Department of PNJ, and service partners totaling 20 SME’s actors in RT 004 RW 014 Jatisampurna, Bekasi City. The results of the socialization activities found that more than 80% of the participants experienced problems such as limited mastery of information technology. This condition is because the participants are dominated by the elderly, so they need help and support from their children who are millennials and are technology-responsive. After the participants have quality products to be marketed widely, we suggest carrying out the next activity, namely training and assistance in making MUI and BPOM Halal certificates.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewanti, L. I. (2007). Tolok ukur kebaruan dalam desain industri. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 14(1).
Fakhriyyah, D. D., Wulandari, Y., & Kharisma, C. (2020). Sosialisasi Digital Marketing dan Inovasi Produk pda UKM Gula Merah Guna Mempertahankan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4), 311–317.
Fidela, A., Santika, D. M. J., Lumban, J., & Purwangka, F. (2020). Sosialisasi dan Tutorial Diversifikasi Produk Olahan Mangrove (Sirup Mangrove) di Desa Cibitung, Sukabumi. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 2(3), 353–356.
Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan Inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Journal of Management and Entrepreneurship, 13(1), 8–16.
Handayani, S., & Sukoco, A. (2020). Sosialisasi Pembuatan Permen Jeli Kopi sebagai Diversifikasi Produk Olahan Kopi di Desa Pakis Kecamatan Panti Jember. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 104–108.
Haryati, S. P. (2014). Peningkatan Kreativitas Berwirausaha Siswa Kelas XII Jasa Boga 1 dalam Pengolahan Limbah Bandeng sebagai Peluang Usaha melalui Unit Produksi di SMK Negeri 3 Pati. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 67–84.
Herlambang, Y. (2015). Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa. TEMATIK-Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 61–71.
Herlan, Efriani, Sikwan, A., Hasanah, Bayuardi, G., Listiani, E. I., & Yulianti. (2020). Keterlibatan Akademisi Dalam Menanggulangi Dampak Covid-19 Terhadap Masyarakat Melalui Aksi Berbagi Sembako. JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 267–277.
Kustyawati, M. E., Sugiharto, R., Waluyo, S., & Erlina, E. (2019). Pemberdayaan wanita Kelompok Serba Usaha Srikandi Melalui Diversifikasi Produk Kopi Bubuk Herbal. Riau Journal of Empowerment, 2(1), 15–20.
Marta, H., Cahyana, Y., & Arifin, H. R. (2017). Program Diversifikasi Produk Olahan Berbahan Baku Sukun sebagai Upaya Peningkatan Usaha di Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang. Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(3), 227–232.
Nurwidyaningrum, D., Hasan, M. F. R., & Saputra, J. (2020). Tenda Darurat Dan Kipas Angin Blower Untuk Menunjang Penanggulangan Covid-19 Di Rsud Kota Depok Jawa Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1117–1125.
Rahim, A. R., Bela, N. D., Mutmainnah, M., & Araswati, Z. (2019). Sosialisasi Dan Implementasi Pembuatan Krupuk Ikan Bandeng Desa Karanggeneng Kec. Karanggeneng Kab. Lamongan. DedikasiMU (Journal of Community Service), 1(1), 1–10.
Ridwan, I., & Wahyudi, D. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Ikan Lele dan Diversifikasi Produk di UMKM Mutiara Timur. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2), 86–96.
Santosa, I. D. M. C., Pradnyani, N. L. P. N. D. A., Suprapto, P. A., & Sarja, N. L. A. K. Y. (2020). Pemanfaatan Media Pemasaran Online dan Diversifikasi Produk Untuk Keberlangsungan Usaha Telur Asin. Madaniya, 1(4), 156–164.
Susetyarsi, T. (2012). Kemasan produk ditinjau dari bahan kemasan, bentuk kemasan dan pelabelan pada kemasan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk minuman mizone di kota semarang. Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik), 4(3), 1–28.
Wulandari, E., Sukarminah, E., & Lembong, E. (2020). Sosialisasi Diversifikasi Produk Pangan Fungsional Berbasis Sorgum Di Desa Cimanggu Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Banjaran. Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 9(4), 232–234.
Yuniastuti, A., Setiati, N., & Susanti, R. (2017). Pengembangan Olahan Hasil Ternak Melalui Diversifikasi Produk Berbahan Dasar Susu di Kelurahan Cepoko Gunungpati Semarang. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 15(1), 11–16.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5253
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nunung Martina, Muhammad Fathur Rouf Hasan, Linda Sari Wulandari, A’isyah Salimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: