STRATEGI MENGHIDUPKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS ANAK (YOUNG LEARNERS) MELALUI LAGU DAN CERITA RAKYAT
Abstract
Abstrak: Kegiatan PKM ini bertujuan untuk menciptakan siswa yang kompeten dalam keterampilan bahasa Inggris melalui metode pengajaran yang menyenangkan di SDIT Bina Insan Cendekia, Pasuruan yang mana di kota tersebut terdapat tingkat pernikahan dini dan pengangguran yang tinggi. Diketahui dari hasil data yang didapatkan bahwa motivasi belajar masyarakat di daerah tersebut sangat rendah sehingga mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesejahteraan penduduk di daerah tersebut. Maka dari itu, tim PKM merancang kegiatan PKM yaitu menggunakan lagu dan cerita rakyat untuk menghidupkan motivasi belajar Bahasa Inggris siswa-siswi usia dini menggunakan lagu-lagu populer dan cerita rakyat Indonesia yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan ditampilkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang mewakili kearifan lokal Indonesia. Hasil pelatihan ini telah mampu meningkatkan Bahasa Inggris siswa dari 60 ke 81. Kegiatan PKM ini telah menguntungkan siswa karena mereka memiliki kesempatan untuk menyimak dan membawakan lagu dan cerita rakyat dalam bahasa Inggris serta memotivasi mereka untuk berlatih bahasa Inggris mereka lebih aktif dan sering. Selain itu, kegiatan PKM ini juga memberikan insight bagi guru untuk lebih mengeksplorasi dan mengimplementasikan metode pengajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan bagi anak-anak sehingga terbangunlah motivasi dan semangat belajar generasi muda.
Abstract: This PKM activity aims to create students’ English language skills through fun teaching methods at SDIT Bina Insan Cendekia, Pasuruan which is an area with high rates of early marriage and unemployment. It is known from the data obtained that the learning motivation of the people in the area is very low, resulting in a bad impact on the welfare of the population in the area. Therefore, the team designed PKM activities, namely using songs and folklore to revive the motivation to learn English for early childhood students using popular songs and Indonesian folk tales which were translated into English and displayed in English learning that represented local wisdom. This PKM activity can improve students' English competence from 60 to 81. This PKM activity has benefited the students because they had the opportunity to listen and perform song and folklore in English and motivated and promoted them to learn and improve their English skills more often. In addition, this activity also provides insight for teachers to further explore and implement fun English teaching methods for children so that motivation and enthusiasm for learning is built for the younger generation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidasari, E., & Setyaningrum, R. W. (2020). Teaching English to Young Learners by Means of Songs and Folk Tales with Indonesian Settings : Indonesia – India Global Project. Journal of Educational Innovation, 7(2), 115–127.
Brown, H. D. (2004). Language Assessment Principles and Classroom Practices. Longman.
Brown, H. D., & Abeywickrama, P. (2010). Language Assessment, Principles and Classroom Practices, Second Edition. In Sifonoforos (Vol. 1, Issue August 2015). Pearson Longman.
Brown, H. D., & Lee, H. (2015). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy Fourth Edition.
Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Faridatul Jannah, U. S. (2012). Pernikahan Dini Dan Implikasinya Terhadap Kehidupan Keluarga Pada Masyarakat Madura (Perspektif Hukum Dan Gender). Egalita, 83–101. https://doi.org/10.18860/egalita.v0i0.2113
Garton, S., & Copland, F. (2019). The Routledge Handbook of Teaching English to Young Learners. In Multiple Literacies Theory. Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.1163/9789087909116_002
Garton, S., & Richards, K. (2014). International Perspectives on Teaching English to Young Learners. In University of Exeter. Palgrave Macmillan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Permendikbud no.36 tahun 2018. Permendikbud, 1–12.
Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303
Lawrence, G., Ahmed, F., Cole, C., & Johnston, K. P. (2020). Not More Technology but More Effective Technology: Examining the State of Technology Integration in EAP Programmes. RELC Journal, 51(1), 101–116. https://doi.org/10.1177/0033688220907199
Munawara, M., Yasak, E., & Dewi, S. (2015). Budaya Pernikahan Dini terhadap Kesetaraan Gender Masyarakat Madura. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 4(3), 426–431.
P21 Framework Definitions. (2015). P21 Framework Definitions Publication, 1–9. http://www.p21.org/our-work/p21-framework
Poedjiastutie, D., & Oliver, R. (2017). Exploring Students’ Learning Needs: Expectation and Challenges. English Language Teaching, 10(10), 124. https://doi.org/10.5539/elt.v10n10p124
Samad, F., & Tidore, N. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Menyenangkan Untuk Anak Usia Dini. Cahaya PAUD, 2, 47–57.
Sophya, I. V., & Sophya, I. V. (2013). Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini. Thufula, 1(Volume 1, Nomor 1, Juli-Desember 2013), 1–21.
Tamrin, A. F., & Yanti, Y. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1673
Van Der Heijden, H. R. M. A., Geldens, J. J. M., Beijaard, D., & Popeijus, H. L. (2015). Characteristics of teachers as change agents. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 21(6), 681–699. https://doi.org/10.1080/13540602.2015.1044328
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dwita Laksmita Rachmawati, Dian Fadhilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: