PELATIHAN PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak. Berdasarkan keterangan yang didapatkan melalui kepala sekolah SDN 111/I Muara Bulian diperoleh informasi bahwa: terdapat guru yang kesulitan mengurus kenaikan pangkat dari Iva ke IVb. Hal ini dikarenakan belum memiliki karya tulis ilmiah berupa PTK. Melihat permasalahan tersebut maka perlu dilakukan Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan. Adapun yang menjadi tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu guru dalam memahami serta mampu menulis penelitian tindakan kelas dengan baik dan benar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti sebanyak 27 orang guru. Kegiatan ini dilakukan dengan metode workshop, dengan tahapan: 1) Sosialisasi, 2) Pelaksanaan Kegiatan, 3) Penilaian. Hasil yang dicapai dari pelatihan ini yaitu pelatihan penulisan penelitian tindakan kelas diikuti oleh majelis guru SDN 111/I Muara Bulian dengan antusias, guru dapat mengenali permasalahan yang ada di kelas serta mencari sebuah cara atau tindakan mengatasi permasalahan tersebut berdasarkan kajian teori maupun pertimbangan karakteristik peserta didik, sebagian besar guru mampu melakukan dan menulislaporan PTK.
Abstract: Based on information obtained through the principal of SDN 111/I MuaraBulian, information was obtained that: there are teachers who have difficulty managing promotions from IVa to IVb. This is because they do not have a scientific paper in the form of PTK. Seeing these problems, it is necessary to conduct Action Research Writing Training. The purpose of this service activity is to help teachers understand and be able to write classroom action research properly and correctly. This community service activity was attended by 27 teachers. This activity is carried out with anworkshop method, with the following stages: 1) Preliminary survey. 2) Training for making classroom action research proposals. 3) Guidance on the implementation of classroom action research 4). Seminar on the results of classroom action research. Based on the classroom action research training that has been carried out, it can be concluded that the classroom action research writing training was attended by the assembly of teachers at SDN 111/I MuaraBulian enthusiastically, the teacher was able to identify problems in the classroom and look for a way or action to overcome these problems based on theoretical studies and Considering the characteristics of students, then the teacher is able to compile a CAR report which is used as an improvement in the learning process in the classroom and becomes the material for credit scores for teacher promotion.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Jatila, L. O. R. (2015). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table Pada Siswa Kelas X-1 SMAN 1 Kulisusu Barat. Jurnal Humanika, 3(15), 14.
Dais, I., & Narsim, N. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. IHYA MEDIA.
Haryati, S., Sukarno, S., & Siswanto, S. (2021). Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–23.
Herianto, A., Ali, I., Arif, A., & Khosiah, K. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru MTs DAN MI Darul Masakin Desa Bilelando Lombok Tengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 58. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.922
Ilham, I., Bafadal, Moh. F., Humaira, H., Gani, A. A., & Rahmaniah, R. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Inspirasi Guru Profesional). JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 17. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.9
Mahmud, H. (2017). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(1), 32–46. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v1i2.178
Nuryanta, N. (2016). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kualitas Dan Profesionalitas Pembelajaran. Millah, XIV(2), 91–118. https://doi.org/10.20885/millah.volXIV.iss2.art5
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Permendiknas. (2010). Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petujuk Teknis pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya. Kementerian Pendidikan Nasional.
PP. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Republik Indonesia.
Sari, N., & Mariyati, Y. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Masyarakat Madani, 4(6), 10. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.3129
Suyadi, S. (2014). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Diva Press.
Wardani, I. G. A. K. (2012). Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru (Kajian Konseptual Dan Operasional). Jurnal Pendidikan, 13(1), 32–44. https://doi.org/10.33830/jp.v13i1.357.2012
Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., & Damopolii, I. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru IPA Kabupaten Manokwari Papua Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 115. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1155
Yusutria, Y. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia. Jurnal Curricula, 2, 9. https://doi.org/10.22216/jcc.2017.v2i1.1472
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yantoro Yantoro, Agung Rimba Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: