PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS FUN MATH BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Justin Eduardo Simarmata, Ferdinandus Mone, Yosepha Patricia Wua Laja, Lailin Hijriani, Zulkaidah Nur Ahzan

Abstract


Abstrak: Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan pemahaman siswa/siswi anak berkebutuhan khusus tentang bangun datar, kubus, dan balok. Kegiatan ini dilaksanakan di SDLB Negeri Benpasi Kefamenanu yang berada di Kelurahan Benpasi, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Yang menjadi peserta dalam kegiatan pelatihan ini adalah 15 orang siswa/siswi SDLB Negeri Benpasi Kefamenanu. Pelaksanaan pelatihan ini terdiri dari dua tahap: tahap pra kegiatan dan kegiatan. Tahap pra kegiatan dilakukan melalui pelaksanaan survey awal untuk mengetahui gambaran pembelajaran matematika anak berkebutuhan khusus jenjang sekolah dasar serta kendala yang dialami. Tahap kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan dan evaluasi. Evaluasi dilakukan menggunakan angket tanggapan peserta. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh informasi bahwa kegiatan pelatihan ini mendapatkan tanggapan yang positif dari peserta. Melalui pelatihan penggunaan media pembelajaran fun math yang disajikan, cukup menambah pengetahuan dan wawasan peserta yang dalam hal ini anak berkebutuhan khusus sehingga termotivasi untuk terus belajar guna peningkatan kemampuan akademik peserta di bidang matematika.


Abstract: This training activity aimed to introduce and improve understanding of children with special needs about flat shapes, cubes, and blocks. This activity was carried out at the SDLB Negeri Benpasi Kefamenanu, located in Benpasi Village, North Central Timor Regency, East Nusa Tenggara Province. The participants in this training activity were 15 students of SDLB Negeri Benpasi Kefamenanu. The implementation of this training consisted of two stages: pre-activity and activity stages. The pre-activity stage was carried out through the implementation of an initial survey to find out the description of mathematics learning for children with special needs at the elementary school level and the obstacles experienced. The activity stage was carried out through training and evaluating. The evaluation was carried out using a participant response questionnaire. Based on the evaluation results, it can be obtained information that this training activity received a positive response from the participants. Through training in the use of fun math learning media, it is sufficient to increase the knowledge and insight of participants, in this case children with special needs, so that they are motivated to continue learning in order to improve the participants' academic abilities in the field of mathematics.
Keywords: Learning Media; Children With Special Needs; Fun Math


Keywords


Learning Media; Children With Special Needs; Fun Math

Full Text:

PDF

References


Amreta, M. Y. (2017). Analisis Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learners (Penelitian dilakukan di SDN Sumurjalak Plumpang Tuban). Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, II(2), 139–150. https://doi.org/10.36840/ulya.v2i2.90

Aprilia, E., Supriadi, N., & Pembelajaran, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Kotak Pop-Up untuk Anak Autisme. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 241–247. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4649

Ariyantika, D. (2019). Pengembangan Pocket Book of Mathematic Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 175–183. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1821

Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). Development learning model of charactereducation through e-comic in elementary school. International Journal of Education and Research, 3(9), 369–386.

Fajrie, N., & Masfuah, S. (2018). Model Media Pembelajaran Sains untuk Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ). Jurnal Bagimu Negeri, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.26638/jbn.537.8651

Herraprastanti, E. H., Jatmiko, S., & Santoso, E. B. (2019). Komputerisasi Desain Mechanical Toys Sebagai Media Pembelajaran Sains Pada Siswa Berkebutuhan Khusus. Prosiding Konferensi Nasional Engineering Perhotelan X, 369–375.

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional .

Karlina, C. C., & Rakhmawati, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Model Komik Matematika Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) Siswa. Jurnal Edumath, 6(1), 26–29. https://doi.org/10.26638/je.1161.2064

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: Pustaka Abadi.

Munawwaroh, L. (2019). Analisis Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Yang Ramah Anak. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 173–186. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.167

Nugroho, A., & Mareza, L. (2016). Model Dan Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(2), 147. https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i2.105

Prastiyono, P. (2014). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif (Studi di Sekolah Galuh Handayani Surabaya). Jurnal Administrasi Publik (DIA), 11(1), 1–6.

Rahmawati, E., Ferianto, A. N., & ... (2021). Potensi Alat Peraga Fun Fraction Set dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Bagi Siswa Tunagrahita. … Nasional Matematika, 4, 160–166.

Sele, Y., Ulia, V., Sila, R., Putu, N., & Astriani, Y. (2021). Sosialisasi Penelitian Bidang Pendidikan Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama Di Desa Eban Provinsi Nusa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 1050–1059. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4603 SOSIALISASI

Zakia, D. L., & Yamtinah, S. (2016). Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu Kelas XI Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Sainsamat, V(1), 23–29. https://doi.org/10.35580/sainsmat5130452016




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Justin Eduardo Simarmata, Ferdinandus Mone, Yosepha Patricia Wua Laja, Lailin Hijriani, Zulkaidah Nur Ahzan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: