LITERASI KRITIS TEKS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS BAGI GURU SMP

Eva Leiliyanti, Ilza Mayuni, Imas Wahyu Agustina, Tara Mustikaning Palupi, Hazalia Zahra Munir, Wita Awaliyah, Ines Nur Irawan

Abstract


Abstrak: Literasi kritis siswa SMP di Indonesia berada pada level 1a, yaitu mereka hanya mampu memahami informasi eksplisit dalam mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung dari teks pendek dengan tema umum (PISA, 2018). Hal ini memerlukan penanganan lebih lanjut berupa pelatihan literasi kritis untuk teks yang lebih rumit. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melatih kompetensi literasi kritis (khususnya dalam hal ini membaca) bagi guru bahasa Inggris tingkat SMP di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal terkait dengan membaca teks deskriptif. Kegiatan ini dilakukan bersama 25 peserta guru bahasa Inggris di Kabupaten Mimika, Papua. Pretest diberikan kepada peserta sebelum workshop. Workshop ini dilakukan dalam waktu 3,5 jam melalui zoom meeting. Post-test diberikan setelah pelatihan selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman mengajar dan melatih guru di Kabupaten Mimika, Papua, tidak menunjukkan korelasi yang signifikan dengan kemampuan bahasa Inggris dasar mereka. Rata-rata hasil pre-test menunjukkan 25% yang dibandingkan dengan rata-rata hasil post-test 30% yang mana terdapat kenaikan sebesar 5%. Dengan demikian, ditemukan bahwa hasil didominasi oleh dimensi konseptual pengetahuan peserta guru bahasa Inggris. Dengan kata lain, peserta membutuhkan pelatihan literasi kritis lebih lanjut dalam membaca kritis teks deskriptif dengan menekankan pelatihan keterampilan dasar bahasa Inggris sebagai faktor yang perlu dikembangkan lebih lanjut sebelum literasi kritis.


Abstract: The critical literacy of junior high school students in Indonesia is at level 1a, i.e. they are only able to understand explicit information in identifying main and supporting ideas of the short texts with general themes (PISA, 2018). This requires further handling in the form of training in critical literacy for more complicated texts. This community service activity was aimed at training critical literacy (especially in this case reading) competencies for English teachers at the junior high school level in the region of forefront, outermost and left behind especially related to reading descriptive texts, i.e. the fundamental texts that describe the action for categorization and classification. This activity was carried out with 25 participants of English teachers in Mimika District, Papua. Pre-test were given to participants prior to the workshop. This workshop was conducted in 3.5 hour-time via zoom meeting. The post-test was given after the training completed. The results showed that the experience of teaching and training teachers in Mimika District, Papua, did not show a significant correlation with their basic English skills. The average of pre-test results showed 25% compared to the average of post-test results showed 30% which was an increase of 5%. Thus, it was found that the results were dominated by the conceptual dimension of the participants’ knowledge of English teachers. By this, the participants need further critical literacy training in critically reading the descriptive texts by accentuating the basic English skills as the factor that needs to be further developed prior to critical literacy.


Keywords


critical literacy; descriptive text; basic skills; teacher.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Akbar, S., & Ulfandari, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Teks Hasil Observasi Menggunakan Model Pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) Siswa Kelas VII-1 SMP Bina Agung Tanjung Gusta Tahun Pelajaran 2018/2019. Asas: Jurnal Sastra, 8(1). https://doi.org/10.24114/ajs.v8i1.13114

Ardiansyah, R. N., Khasanah, I., & Sahiruddin. (2020). Prosedur Penerjemahan Pada Cerpen Jaring Laba-Laba Karya Akutagawa Ryunosuke. Pendidikan.

Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630

Devi, W. S., Fadly, A., & Kartikasari, R. D. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru di Kota Sukabumi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v1i2.599

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots pada Kurikulum 2013. EDUDEENA, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Franco-Sola, M., & Figueras, S. (2020). Service Learning in Physical Education: Implementation Model in Higheducation. Revista Iberoamericana De Ciencias De La Actividad Fisica Y EL Deporte, 9(1).

Hung, C. M., Hwang, G. J., & Huang, I. (2012). A project-based digital storytelling approach for improving students’ learning motivation, problem-solving competence and learning achievement. Educational Technology and Society.

Intan, T. (2020). Formula Romance dalam Perfect Romance Karya Indah Hanaco: Kajian Sastra Feminis. ALAYASASTRA. https://doi.org/10.36567/aly.v16i2.634

Jusnita, N., & Ismail, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Smp Kota Ternate. EDUKASI, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.33387/j.edu.v16i1.616

Kaaffah, R. R. S., Wijiyono, A. W., & Rahmayanti, I. (2021). Validitas Isi Pada Alat Evaluasi Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i2.6572

Katon, F., & Yuniati, U. (2020). Fenomena Cashless Society dalam Pandemi Covid-19 (Kajian Interaksi Simbolik pada Generasi Milenial). Jurnal Signal, 8(2), 134. https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3490

Kemendikbud. Permendikbud No.35 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. , Jakarta § (2018).

Live Youtube Workshop LT UNJ. (2021). Live Youtube Workshop Storytelling club for the development of critical literacy with narrative. Retrieved from https://youtu.be/psPKYHyNHkg

Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Saintifik dengan Metode Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37

Nurdiarti, R., & Prabowo, R. (2021). Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Kegiatan Mendongeng di Rumah Dongeng Yogyakarta. Tuturlogi, 02(01), 77–88. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2020.002.01.6

Nurfidah, N. (2018). Analisis Kemampuan Menyusun Teks Deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(2). https://doi.org/10.36312/jime.v4i2.473

Prawira, Y. A., & Nugraha, F. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Melalui Pelatihan Partisipatif Secara Daring Berbasis Heuristik. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.307-316.2021

Priyatni, E. T., & Nurhadi, M. (2017). Conference: 2nd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2017). Critical Responses of Junior High School Students to Deviant Social Practices in Their Environment Using Creative Dialogue. https://doi.org/10.2991/icirad-17.2017.19

Suntini, S. (2017). Analisis Wacana Kritis pada Novel "Perempuan Di Titik Nol" Karya Nawal El Saadawi Ditinjau dari Tokoh dan Perwatakan, Konflik serta Amanat. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.716

Supriyanto, S., & Prihatmanto, A. S. (2017). Desain Interaksi pada Gamifikasi dalam Pemesanan Taksi Online. KINETIK. https://doi.org/10.22219/kinetik.v2i1.149

Syahroni, M. (2020). Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Guna Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847

Tanang, H., Djajadi, M., Abu, B., & Mokhtar, M. (2014). Challenges of Teaching Professionalism Development: A Case Study in Makassar Indonesia. Journal of Education and Learning. https://doi.org/10.11591/edulearn.v8i2.215

Yulistio, D., & Fhitri, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, Dan Clil (Content and Language Integrated Learning) Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 9–20. https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7342




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eva Leiliyanti, Ilza Mayuni, Imas Wahyu Agustina, Tara Mustikaning Palupi, Hazalia Zahra Munir, Wita Awaliyah, Ines Nur Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: