SOSIALISASI MANAJEMEN PENGELOLAAN PAUD UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN
Abstract
Abstrak: Salah satu tujuan utama dari PAUD yaitu untuk membentuk karakteristik anak yang berkualitas. Untuk mencapai hal tersebut maka manajemen pengelolaan PAUD untuk meningkatkan mutu pendidikan atau pembelajaran pada anak usia dini menjadi hal yang sangat diperhitungkan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada pengelola, tenaga pendidik dan kependidikan di Lembaga PAUD Alfarisyi Cot Aneuk Batee tentang manajemen pengelolaan PAUD yang sesuai dengan standart Nasional Pendidikan (SNP) PAUD. Kegiatan ini dilaksanakan di PAUD Alfarisyi desa Cot Aneuk Batee Kec. Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen, yang diikuti oleh 14 orang peserta yang terdiri dari pengelola PAUD dan orang tua wali peserta didik. Evaluasi dilakukan dengan mengedarkan angket untuk melihat mutu pembelajaran kepada seluruh peserta. Hasil evaluasi diperoleh rata-rata 87,14% yang berarti bahwa manajemen pengelolaan PAUD yang baik dan sesuai Standart Nasional Pendidikan (SNP) PAUD akan meningkatkan mutu pembelajaran terutama di PAUD Alfarisyi Desa Cot Aneuk Batee.
Kata Kunci: Manajemen; Mutu Pembelajaran; Sosialisasi
Abstract: One of the main goals of PAUD (Early Childhood Education) is to build the good characteristic and quality for children. To achieve this goal, the management of PAUD in improving the quality of education or learning for children at earliest age is very important. The objective of this service community was to provide the knowledge to boards, educators and education staff at PAUD Institute of Alfarisyi, Cot Aneuk Batee regarding PAUD management in accordance with the National Education Standards (NES). This activity was carried out at PAUD Alfarisyi, Cot Aneuk Batee Village, Peusangan Siblah Krueng District, Bireuen Regency. This activity was attended by 14 participants consisting of PAUD managers and parents and guardians of students. Evaluation was carried out by distributing questionnaires to see the quality of learning to all participants. The evaluation results obtained an average of 87.14%, which means that the PAUD management was classified into good category according to the National Education Standards (NES) of PAUD and it will improve the quality of learning, especially at PAUD Alfarisyi, Cot Aneuk Batee Village.
Keywords: Management; Quality of Learning; Socialization.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aisah, D. S., Ulfah, U., Damayanti, W. K., & Barlian, U. C. (2021). Manajemen PAUD Berdaya Saing Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 385–397.
Brantasari, M. (2021). Sosialisasi Manajemen Penyelenggaraan PAUD. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.53620/pay.v1i1.13
Makleat, N., Simbolon, G., Thomas, E. B., Selly, F. K., & Neonufa, S. (2021). Pendampingan Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Kecamatan Nekamese. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 83–87. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.5265
Mou, L., Mahmud, N., & Agustan Arifin, A. (2021). Kajian Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 140–149. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2264
Mukaromah, D. A. (2021). Manajemen Pendidikan Di Paud Bintang Soropadan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 7(1), 34. https://doi.org/10.18592/jea.v7i1.4366
Nurhayati, N., Zuhra, F., & Septiani, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Calon Guru IPA Melalui Pelatihan Pengelolaan Laboratorium. JCES (Journal Of Character Education Society), 3(3), 679–687.
Nurmiyanti, L., & Candra, B. Y. (2019). Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 13–24. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.646
Risaldy, R. (2014). Manajemen pengelolaan sekolah anak usia dini. Luxima.
Rokhadi. (2021). Peran dan strategi kepemimpinan kepala paud, dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi covid-19. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 7–12. jurnal.uns.ac.id
Samiaji, M. H., Hidayat, I., & Najah, S. (2021). Manajemen Strategi dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Anak Dini. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 184–192. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1290
Sari, M. N. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu di PAUD PGTK IT Harapan Mulia. Jurnal Literasi, VIII(2), 111–118.
Sudjana, D. (2010). Manajemen Program Pendidikan: untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production.
Suharti, S. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran ( Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong ). TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(1).
Wiyani, W. (2017). Manajemen PAUD Berdaya Saing. Gavamedia
Zuhra, F., Nurhayati, N., Safarati, N., Rahma, R., & Jasmaniah, J. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi Dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran untuk Guru MTsS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3434–3441.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7074
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fatma Zuhra, Nurhayati, Novysa Basri, Jasmaniah, Faizah M. Nur, Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: