OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA USAHA MAKANAN DAN MINUMAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Aditya Candra Lesmana

Abstract


Abstrak: Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk optimalisasi digital marketing pada usaha makanan dan minuman di Kota Bogor. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk melakukan pendampingan optimalisasi digital marketing pada mitra bisnis makanan dan minuman. Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan kepada 4 mitra kegiatan yaitu putu bambu, cilla drink, dapur viera, cookie bogor 88. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui tahap pra kegiatan, tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Hasil yang dicapai adalah dibuatkannya 3 akun instagram dan 1 akun shopee sebagai media penjualan produk mitra. Melalui pembuatan akun media sosial, juga didapatkan hasil peningkatan kualitas konten postingan serta logo yang lebih menarik minat konsumen. Selain itu juga terjadi peningkatan pengetahuan tentang strategi adaptasi di masa Covid-19 bagi para mitra. Pengikut dari akun media sosial dan e-commerce diketahui juga bertambah selama dilakukannya kegiatan pengabdian.

Abstract: This community service activity is carried out to optimize digital marketing in food and beverage businesses in the city of Bogor. The purpose of this community service activity is to provide assistance in optimizing digital marketing for food and beverage business partners. The activity implementation method used is training and mentoring for 4 activity partners, namely Putu Bambu, Cilla Drink, Dapur Viera, Cookiebogor88. The implementation of activities is carried out through the pre-activity stage, the preparation stage and the implementation stage. The results achieved were the creation of 3 Instagram accounts and 1 shopee account as a medium for selling partner products. Through the creation of social media accounts, the results of improving the quality of post content and logos are also obtained that are more attractive to consumers. In addition, there has also been an increase in knowledge about adaptation strategies during the Covid-19 period for partners. Followers from social media and e-commerce accounts are also known to increase during service activities.


Keywords


Digital Marketing; Small Micro and Medium Enterprises; Optimize

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 34. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42

Amri, A. (2020). Pengaruh Periklanan Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Indonesia di Masa PAndemi. Jurnal Brand, 2(1), 123–130. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia

Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan. Ekonomi Dan Bisnis, April. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10157.95206

Bahtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Serta Solusinya. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, XIII(10), 19–24. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XIII-10-II-P3DI-Mei-2021-1982.pdf

Bird, D. (2007). Commonsense Direct and Digital Marketing (5th ed.). Kogan Page.

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). Emarketing Excellence Planning and Optimizing Your Digital Marketing (P. R. Smith (ed.)). Routledge.

Hilmiana, H., & Kirana, D. H. (2021). Peningkatan Kesejahteraan Umkm Melalui Strategi Digital Marketing. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 124. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32388

Jayani, D. H. (2021). Kontribusi UMKM terhadap Ekonomi Terus Meningkat. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/13/kontribusi-umkm-terhadap-ekonomi-terus-meningkat#:~:text=Usaha Mikro%2C Kecil%2C dan Menengah,sebesar Rp 5.721%2C1 triliun.

Kasidi, K. (2020). Tantangan Kewirausahaan di Era Ekonomi Digital. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(1), 17. https://doi.org/10.31331/jeee.v1i1.1223

Lesmana, A. C. (2022). Pemasaran Melalui Pelatihan Business Model Canvas pada Mitra Umkm di Kota Bandung. 3, 7–15.

Maulana, H. D. . (2009). Promosi Kesehatan. Buku Kedokteran EGC.

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Nursatyo, N., & Rosliani, D. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 46. https://doi.org/10.33021/exp.v1i2.430

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. John Wiley dan Sons, inc.

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Ranto, D. W. P. (2021). Peluang Bisnis Rumahan untuk Ketahanan Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Community Service and Empowerment Vol., 2(1), 21–24.

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Ryan, D., & Jones, C. (2009). Understanding Digital marketing : Marketing strategies for engaging the digital generation. Kogan Page.

Sabayasa, A. (2014). JAWABAN TUGAS KB-02 : Jenis dan Klasifikasi Media Pembelajaran.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing : Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif, dan Berdaya Hasil Gemilang. Elex Media Komputindo.

Stephanie, C. (n.d.). Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet dan Medsos Setiap Hari? https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/11320087/berapa-lama-orang-indonesia-akses-internet-dan-medsos-setiap-hari?page=all.

Supratman, L. P., & Rachmansyah, M. (2020). Peran Media Instagram dalam Memasarkan Produk Fashion Dollies. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 73. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2865

Świeczak, W. (2012). Content marketing as an important element of marketing strategy of scientific institutions. Transactions of the Institute of Aviation, 226(5), 133–150. https://doi.org/10.5604/05096669.1077480

Tanjung, Y., Saputra, S., & Hardiyanto, S. (2021). Penggunaan Media Sosial Untuk Pemasaran Produk. 5(6), 4–12.

Voettie Wisataone, Suranto AW, U. H. (2021). Penggunaan Marketplace Untuk Meningkatkan Pemasaran Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 4–12.

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aditya Candra Lesmana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: