PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR ONLINE KEPADA GURU SMA
Abstract
Abstrak: Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh kemampuan guru untuk membuat bahan ajar online yang masih kurang memadai. Selain itu, pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran yang masih kurang maksimal dilakukan oleh guru. Pengabdian ini dilaksanakan untuk dapat memberikan pemahaman kepada guru dalam menyusun bahan ajar online dengan membuat video pembelajaran dengan teknik rekam layer menggunakan Powerpoint dan Bandicam, dan meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan media sosial dalam pembelajaran dengan melaksanakan pelatihan penggunaan Youtube dalam pembelajaran. Metode pelaksanaan pengabdian ini dalam bentuk workshop. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam tiga tahap kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada bagian akhir kegiatan diberikan angket respon peserta. Berdasarkan hasil pengabdian ini, dapat disimpulkan antara lain (1) guru telah mampu membuat bahan ajar online berupa video pembelajaran dengan teknik rekam layer Powerpoint dan Bandicam, (2) guru mampu mengupload video pembelajaran pada akun Youtube masing-masiing, (3) peserta antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan, dan (4) respon peserta yang sangat baik lewat hasil angket respon peserta sebesar 93,68% untuk pemateri 1, 92,05% untuk pemateri 2, dan 90,31% untuk software Bandicam.
Abstract: This community service activity is motivated by the ability of teachers to make online teaching materials which are still inadequate. In addition, the use of social media in learning is still less than optimal by teachers. This service is carried out to be able to provide understanding to teachers in compiling online teaching materials by making learning videos with layer recording techniques using Powerpoint and Bandicam, and increasing the ability of teachers to use social media in learning by carrying out training on the use of Youtube in learning. The method of implementing this service is in the form of a workshop. Service activities are carried out in three stages of activity, namely preparation, implementation, and evaluation. At the end of the activity, participants' responses were given a questionnaire. Based on the results of this service, it can be concluded that (1) teachers have been able to make online teaching materials in the form of learning videos with Powerpoint and Bandicam layer recording techniques, (2) teachers are able to upload learning videos on their respective Youtube accounts, (3) enthusiastic participants in participating in training activities, and (4) very good participant responses through the results of the participant response questionnaires of 93.68% for presenter 1, 92.05% for presenter 2, and 90.31% for Bandicam software.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish. https://doi.org/https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/95
Hakim, A. R., & Admoko, S. (2021). Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Bandicam Untuk Pembuatan Video Presentasi Materi Yang Menarik Dan Interaktif. JIFP : Jurnal Imu Fisika Dan Pembelajarannya, 5(1), 21–27.
Herayanti, L., Safitri, B. R., Sukroyanti, B. A., & Putrayadi, Wi. (2019). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru di SDN 1 Ubung Dengan Memanfaatkan Bandicam. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 495–501.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Pandemic learning during the Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Jufri, & Hasrijal. (2021). PKM Pemanfaatan E-Learning Berbasis Multimedia Untuk Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 2(1), 57–63.
Lestari, E. P., Nupikso, G., & Riyani, E. I. (2015). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Online Terhadap Prestasi Mahasiswa Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 16(1), 1–9.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.
Margareta, E., & Panjaitan, Y. (2021). Media Pembelajaran Screen Recording dari Powerpoint dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Abdidas, 2(5), 1140–1144.
Nubatonis, O. E. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Dengan Aplikasi Bandicam dan Screencast O - Matic. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11–20.
Nurfitri, K. (2019). Peningkatan Kompetensi Web Design Peserta Didik Menggunakan Metode “ Rekam Layar ” Di LKP Elite English School. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 3(September), 401–410.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Pongkendek, J. J., Ahmar, D. S., Munandar, H., & Azzajjad, M. F. (2022). Student Perceptions of Online Learning During the COVID-19 Pandemic. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(1), 1–16.
Rahayu, F. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Rekam Layar Terhadap Kemampuan Belajar Proposal Kelas XI di SMK Negeri 2 Wonogiri. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(3), 245–258.
Riduan, & Sunarto, H. (2014). Pengatar Statistika Untuk Penelitian : Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Alfabeta.
Sarwono, R. (2022). Pengembangan Bandicam Berbasis Power Point Sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa PGSD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 69–73.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jesi Jecsen Pongkendek, Evy Nurvitasari, Marantika Lia Kristyasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: