PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK KELOMPOK WANITA TANI MELALUI PELATIHAN GOOGLE SITE
Abstract
Abstrak: Kelompok wanita tani (KWT) Permata terletak di Kawasan Keluarahan Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung berdasarkan surat keputusan Bupati no 46 tahun 2014 pada tanggal 17 Nopember 2014 dengan anggota sejumlah 30 orang. Produk KWT Permata Nusa dua antara lain olahan pangan local inovatif, variative dan sehat. Mitra mengalami kendala dengan media untuk mengenalkan KWT permata dan menjual hasil produksi secara online dan bagaimana membuat label kemasan dengan menggunakan Bahasa inggris. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah mitra memiliki pengetahuan baru mengenai pemasaran produk secara online melalui google site, dan peningkatan kemampuan Bahasa inggris pada penyusuan kata di label kemasan. Kegiatan yang diberikan oleh tim peneliti adalah pembuatan website dengan g.sites dan pelatihan pembuatan label kemasan dengan menggunakan Bahasa inggris. Metode pada pengabdian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan terakhir dilakukan observasi dan evaluasi.Pada perencanaan tim melakukan wawancara pemberian pretest dan observasi, sedangkan pada saat pelakanaan tim melakukan kegiatan pelatihan dan diakhiri dengan melakukan evaluasi berupa posttest dan pengawasan penggunaan pengetahuan setelah dilakukan pelatihan. Hasil kegiatan pengabdian pelatihan yang diberikan menunjukkan bahwa para peserta telah mampu membuat design kemasan dengan menggunakan bahasa inggris, kwt permata juga sudah mampu membuat website dengan menggunakan google site dimana peningkatan pengetahuan peserta sebesar 23% dan dari evaluasi pelatihan bahwa 33% menyatakan pelatihan baik dan 67% menyatakan pelatihan ini Sangat Baik.
Abstract: The Permata Women Farmers Group (KWT) is located in the Benoa Exit Area, South Kuta District, Badung Regency based on the Regent's Decree No. 46 of 2014 on November 17, 2014, with 30 members. KWT Permata Nusa Dua products include innovative, varied, and healthy local food preparations. Partners have problems with the media to introduce KWT gems and sell their products online and how to make packaging labels using English. The purpose of this training activity is for partners to gain new knowledge about online product marketing through the google site, and to improve English language skills in word formulation on packaging labels. The activities provided by the research team were making a website using g.sites and training on making packaging labels using English. The method in this service begins with planning, implementation, observation, and evaluation. In planning the team conducts interviews, giving pretests and observations, while at the time of implementation the team conducts training activities and ends with an assessment in the form of a post-test and supervision of the use of knowledge after the training. The results of the training service activities provided indicate that the participants have been able to make packaging designs using English, KWT Permata have also been able to create a website using the google site where the increase in participants' knowledge is 23% and from the training evaluation that 33% said the training was good and 67 % said the training was Very Good.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 6 No 2 Halaman 1-8
Aprillia, R., & Barlan, Z. A. (2020). Hubungan antara Dinamika Kelompok dengan Keberlanjutan Kelembagaan. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM]. Volume 4 No 1 https://doi.org/10.29244/jskpm.4.1.99-112
Arita, E., Sovita, I., Faradika, & Idwar. (2018). E-Marketing Usaha Kue Bolu “Jihan” Kota Payakumbuh. Prosiding PKM-CSR. 4(1), 99-112
Astrini, D. (2021). Dampak Partisipasi Anggota Kelompok Wanita Tani Terhadap Kesejahteraan Keluarga. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Volume 9 no 2 Halaman 161-170. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.769
Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Nirmana, Volume 2 No 2 Halam 171.
Dewi, N. P. D. U., & Lestari, M. N. D. (2020). Kesiapan Masyarakat Lokal Nusa Dua Menyambut Era Pariwisata Kenormalan Baru. Cultoure, 1(2). Hal 42
Dewi, O. R., & Purwati, T. (2021). Pemberdaayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Program Ketahanan Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), Volume 4. Hal 47 https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1262
Ervinawati, V., Fatmawati, & L, E. I. (2015). Peranan kelompok wanita tani perdesaan dalam menunjang pendapatan keluarga. Jurnal Tesis. Vol 2 , Hal 40
Imron, M. S., & Nurdian, Y. (2021). Digitalisasi pemasaran keripik tempe dalam menghadapi persaingan dagang selama pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1). Hal 65-76 https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3129
Kirana, Y. A., Effendi, I., & Silviyanti, S. (2019). Peranan Anggota Kelompok Wanita Tani (Kwt) Dalam Mewujudkan Desa Agrowisata Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis. Volume 2 , Hal 24 https://doi.org/10.23960/jiia.v6i4.415-421
Lastuti, S. (2020). Peran Kelompok Wanita Tani dalam Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Mendukung Peningkatan Gizi Keluarga. Seminar Nasional Pertanian Vol 1 No 3 Hal 25
Makmur. (2016). Analisis Biaya Produksi Dan Titik Impas Usaha Kecil Pembuatan Sari Jahe Instan. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. 5(1), 55-62
Muizu, W. O. Z., Sari, P. Y., & Handani, W. L. (2019). Peranan Kelompok Wanita Tani (KWT) Tali Wargi dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Citali, Kabupaten Sumedang. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1). 40-46
Muthia, M., Evahelda, E., & Setiawan, I. (2020). Partisipasi Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Dalam Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Di Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka. Journal of Integrated Agribusiness. 4(2) 40-70https://doi.org/10.33019/jia.v2i1.1135
Nainggolan, Y., Utami, N. W. F., & Gunadi, I. G. A. (2020). Studi potensi wisata pantai Pemuda Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Jurnal Arsitektur Lansekap. Vol 6, No 2 212-219 https://doi.org/10.24843/jal.2020.v06.i02.p08
Nurfathiyah, P., Marsal, J., & Aminoto, T. (2019). Pengembangan Media Pemasaran (Website) Produk Pertanian di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(1). 112-123 https://doi.org/10.22437/jkam.v3i1.7018
Parmar, P., Patond, S., Rathod, G., & Ninave, S. (2020). Google site as a tool for teaching undergraduate students in forensic medicine. Indian Journal of Forensic Medicine and Toxicology. Vol 14 no 4 427-431 https://doi.org/10.37506/ijfmt.v14i4.11512
Peraturan Perundang-undangan – JDIH Kabupaten Badung. (n.d.).
Pratiwi, M. I. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Jurnal Ners. Volume 4, nomor 2 Hal 30-39 ? https://doi.org/10.31004/jn.v4i2.1023
Savira, R. D., & Prihtanti, T. M. (2019). Analisa Permintaan Sayuran Hidroponik Di PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan. Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan, 7(2). 164 https://doi.org/10.30598/agrilan.v7i2.906
Sudarmo, A. P. (2018). Pemanfaatan pertanian secara hidroponik untuk mengatasi keterbatasan lahan pertanian di Daerah Perkotaan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakt Universitas Terbuka. 1-8
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.8794
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 I Putu Gede Abdi Sudiatmika, I Gusti Ngurah Ketut Purwantha, I Wayan Juni Putra Antara, Prana Deo Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: