MEMBANGUN KEMITRAAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI ERA PANDEMI COVID 19

Irianto Irianto, Salahudin Robo, Reny Rochmawati, Siti Nurhayati

Abstract


Abstrak: Peranan Internet di era covid-19 dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam membangun produk dan usaha yang di kelola oleh mahasiswa sebagai kaum milenial. Peluang ini dapat memudahkan mahasiswa mempromosikan dan menjual berbagai jenis produk sebagai sumber pendapatan dan jika dikelola lebih lanjut dapat dijadikan sebagai sumber pembiayaan perkuliahan. Permasalahan yang muncul dalam kegiatan mahasiswa berwirausaha yaitu kesulitan dalam mempromosikan barang dan minimmnya inovasi suatu produk yang lebih value added serta minimnya modal untuk pengembangan usaha berikutnya. Oleh karena itu, melalui program kegiatan Mahasiswa Berwirausaha ini, yang diselenggarakan oleh Universitas Yapis Papua bertujuan untuk mengembangkan serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan dikalangan mahasiswa agar mampu meningkatkan potensi, kreatif, inovatif yang ada pada mahasiswa, menjadi wadah ataupun komunitas usaha kuliner yang dapat dikembangkan menjadi start-up bisnis digital. Metode yang diterapkan pada kegiatan ini yaitu dengan persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan pelaporan, metode pelaksanaan di lakukan dengan memasarkan produk buatan mahasiswa dan ukm di sekitar kampus. Setalah melaksanakan kegiatan ini mahasiswa mampu memngembangkan usaha Mahasiswa dan masyarakat disekitar kampus di era covid-19 dan menciptakan inovasi-inovasi produk baru dalam bidang usaha kuliner, keberhasilan kegiatan di ukur melalui target penjualan sebesar 10 juta yang diberikan kepada setiap kelompok dalam kurung waktu 4 bulan kegiatan.

Abstract: The role of the Internet in the era of covid-19 can produce new innovations in building products and businesses that are managed by students as millennials. This opportunity can make it easier for students to promote and sell various types of products as a source of income and if managed further it can be used as a source of financing for lectures. Problems that arise in student entrepreneurship activities are the difficulty in promoting goods and the lack of innovation of a product that is more value added and the lack of capital for the development of the next business. Therefore, through this Entrepreneurial Student activity program, which is organized by Yapis Papua University, it aims to develop and foster an entrepreneurial spirit among students so that they are able to increase the potential, creative and innovative existing in students, become a forum or culinary business community that can be developed as a start. -up digital business. The method applied to this activity is the preparation of activities, implementation of activities, evaluation and reporting, the method of implementation is to market products made by students and SMEs around the campus. After carrying out this activity, students are able to develop student businesses and the community around campus in the covid-19 era and create new product innovations in the culinary business sector, the success of the activity is measured through a sales target of 10 million given to each group within 4 months.


Keywords


Covid 19; Student Entrepreneurship; Uniyap.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Azijah, D. N., Aryani, L., & Ramdani, R. (2021). Difusi Inovasi Kewirausahaan Budidaya Maggot Dalam Adaptasi Ekonomi Pada Masa Pandemi Di Kabupaten Karawang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 386. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.33856

Budiyanto, H., & Rofieq, M. (2017). Menumbuhkembangkan Wirausaha Mahasiswa Dan Alumni Melalui Program Iptek Bagi Kewirausahaan Di Universitas Merdeka Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.26905/abdimas.v1i1.1169

Cahyanto, W. T., Haryadi, A., & , H. (2018). Prospek Pengembangan Kewirausahaan Sosial Melalui Diversifikasi Produk Sepeda Keseimbangan dan Perluasan Pemasaran di Banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2). https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2386

Fajrin, H. R., Rachmawati, P., & Lagaendo, A. F. (2021). Strategi Pemasaran Dan Promosi Produk Umkm 3D Ngudi Rejeki Di Era Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2266–2272.

Fuad, M. A. Z., Iranawati, F., & Kartikaningsih, H. (2021). Pendampingan Usaha Dan Analisis Sensitifitas Usaha Kecil Menengah (Ukm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sentra Kerupuk Ikan Desa Pangkahkulon, Gresik. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 396. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.34195

Hasanah, L. lak N. (2019). Pengembangan Kewirausahaan Sosial Pada Perguruan Tinggi melalui Social Project Competition. Jurnal Studi Pemuda, 7(2), 90. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.40210

Husodo, T., Rosada, K. K., Miranti, M., Ratningsih, N., & Suryana, S. (2021). Kewirausahaan Dan Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani - Kwt Desa Cinunuk Kabupaten Bandung. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 525. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.30856

Karlina, N., Halim, H. A., Azizi, M. F., Athusholihah, A., & Tarliyah, A. (2020). Pemberdayaan Jiwa Kewirausahaan Masyarakat Desa Cisempur Dan Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Ecommerce. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 262. https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i3.24592

Mudjijah, S., & Anggraini, T. (2021). Pendampingan Kewirausahaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 119–127. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.9596

Muniarty, P., Wulandari, W., Saputri, D., Wahdaniyah, A., Syaframis, N. F., Rimawan, M., & Alwi, A. (2021). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Di Era Covid-19. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 178–183. https://doi.org/10.54951/comsep.v2i2.84

Mustanir, A., Rais, M., Razak, R., & Mursalat, A. (2021). Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa Dengan Teknologi Informasi Dimasa Pandemi Covid-19 Dalam terkomputerisasi dan masih dikerjakan secara manual sehingga sebelumnya dengan judul Prospek Pemasaran Potensi Hasil Pertanian Desa Carawali Melalui Pemanfaatan A. 5(5), 2–8.

Rahyono, R., & Alansori, A. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Umkm Dan Masyarakat Di Kelurahan Sukarame Bandar Lampung. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 100–104. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1479

Rofieq, M. R., Permatasari, D. P., & Farida, L. F. (2018). Model Pendampingan Umkm Bidang Kerajinan Menjadi Start-Up Sukses Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2585

Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366

Siswoyo, H. B. B. (2009). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 114–123.

Sobari, I. S., & Ambarwati. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi ahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Irianto, Salahudin Robo, Reny Rochmawati , Siti Nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: