EDUKASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19 CLUSTER SEKOLAH
Abstract
Abstrak: Kegiatan pembelajaran di sekolah secara luring di masa pandemi berpontensi terjadinya penularan Covid-19 cluster sekolah. Sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan kepada guru maupun siswa. Namun, masih banyak ditemukan siswa yang tidak mematuhi protokol kesehatan karena kurang pengetahuan dan kesadaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam mematuhi protokol kesehatan melalui penerapan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) di lingkungan sekolah. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui penyuluhan kepada 30 kader Palang Merah Remaja (PMR) dan kader Pemberdayaan Kesehatan Sekolah (PKS) SMA Negeri 3 Kota Tegal. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan tahapan pre-test, kegiatan inti dan evalausi dalam bentuk post-test. Kegiatan inti terdiri atas penyampaian materi dan penguatan materi melalui tanya jawab dan praktik mencuci tangan. Hasil dari pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan sebesar 19%. Selain itu tim praktik mencuci tangan sebelum dan sesudah pemaparan materi memperlihatkan adanya peningkatan kemampuan peserta dalam mencuci tangan sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kegiatan pengabdian berkontribusi dalam peningkatan kesadaran siswa untuk menerapkan PHBS di lingkungan sekolah.
Abstract: Offline learning activities in schools during the pandemic have the potential for transmission of Covid-19 in school clusters. Schools are required to implement health protocols for teachers and students. However, there are still many students who do not comply with health protocols due to a lack of knowledge and awareness. This service activity aims to increase student awareness of complying with health protocols through the application of PHBS (clean and healthy living behavior) in the school environment. The service activities were carried out through counseling to 30 Youth Red Cross (PMR) cadres and School Health Empowerment (PKS) cadres at SMA Negeri 3 Tegal City. Service activities are carried out with pre-test, core activities, and evaluation in the form of post-test. The core activities consist of delivering material and strengthening material through questions and answers and hand washing practice. The results of the pre-test and post-test showed an increase in knowledge of 19%. In addition, the hand washing practice team before and after the presentation of the material showed an increase in the ability of participants to wash their hands according to the standards of the Ministry of Health of the Republic of Indonesia. Service activities contribute to increasing student awareness to implement PHBS in the school environment.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Afrianti, N., & Rahmiati, C. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat terhadap Protokol Kesehatan Covid-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1), 113–124. https://doi.org/10.32583/PSKM.V11I1.1045
Arri, I. (2022). Kasus Covid-19 di Denpasar Melonjak, Klaster Sekolah Jadi Salah Satu Penyebabnya. Retrieved June 22, 2022, from https://bali.inews.id/berita/kasus-covid-19-di-denpasar-melonjak-klaster-sekolah-jadi-salah-satu-penyebabnya
Desideria, B. (2022, March 1). 2 Alasan RI Belum Bisa Longgarkan Prokes COVID - Health Liputan6.com. Liputan 6. Retrieved from https://www.liputan6.com/health/read/4899870/2-alasan-ri-belum-bisa-longgarkan-prokes-covid
Fauzi, T., Nurhandayani, D., & Andriani, D. (2022). Penerapan Protokol Kesehatan dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 53–62. https://doi.org/10.31849/PAUD-LECTURA.V5I02.9179
Hakim, L. (2021). Survei Tingkat Kepatuhan Masyarakat Melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19 Pasca Penyuluhan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1329–1345. https://doi.org/10.31764/JMM.V5I4.5039
Hiola, A. N. A., Asrifudin, A., & Langi, F. L. F. G. (2022). Hubungan antara Upaya Pencegahan Covid-19 Dengan Angka Konfirmasi Positif Covid-19 di Indonesia. Kesmas, 11(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/39240
Muhith, S., Ekawati, D., Rosalina, S., & Zaman, C. (2021). Analisis Kepatuhan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 6(2). https://doi.org/10.36729/JAM.V6I2.651
Parwanto, M. . E. (2021). Virus Corona (SARS-CoV-2) penyebab COVID-19 kini telah bermutasi. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 4(2), 47–49. https://doi.org/10.18051/JBIOMEDKES.2021.V4.47-49
Putra, A. I., Puteri, A. D., & Yusmardiansah, Y. (2021). Pengaruh Penyuluhan Mengenai PHBS dan Penggunaan Masker terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Siswa di SDN 005 Binuang pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(4), 78–88. https://doi.org/10.31004/JKT.V2I4.2698
Rizan, M., & Ghozali. (2021). Hubungan Antara Sikap Dengan Kepatuhan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 Pada Remaja Di SMK 2 Negeri Tenggarong | Borneo Student Research (BSR). Borneo Student Research, 3(1), 582–588.
Rizqoh, D., Aguspadita, D. A., Sinaga, M. G., Syadawani, N., & Haloho, K. R. (2022). Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 Pada Pelaksanaan Pendidikan Sekolah Tatap Muka di SMKS 9 Muhammadiyah Kota Bengkulu. In Prosiding Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Sumenep: LPPM Universitas Wiraraja Sumenep. Retrieved from https://www.ejournalwiraraja.com/index.php/SNAPP/article/view/1783
Sorongan, T. P. (2022, February 5). Ramai-ramai Negara Eropa Terbebas dari Masker, RI Kapan Ya? CNBC Indonesia. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/news/20220205063545-4-313048/ramai-ramai-negara-eropa-terbebas-dari-masker-ri-kapan-ya
Supono, T., & Tambunan, W. (2021). Kesiapan Penerapan Protokol Kesehatan di Lingkungan Sekolah Dasar Pangudi Luhur Jakarta Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 57–65. https://doi.org/10.33541/JMP.V10I2.3269
Suprapto. (2021). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Era Pandemi COVID-19 | Abdimas Singkerru. Abdimas Singkerru, 1(1), 1–7. Retrieved from https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/26
Susanto, A., Sari, M. P., & Purwantiningrum, H. (2021). Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Covid-19 melalui Penyuluhan Kesehatan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1294–1301. https://doi.org/10.31764/JMM.V5I4.4818
Susilo, A., Olivia, C., Jasirwan, M., Wafa, S., Maria, S., Rajabto, W., … Gabriella, S. (2022). Mutasi dan Varian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 9(1), 59–81. https://doi.org/10.7454/JPDI.V9I1.648
Yuliana, E. S., & Akmal. (2021). Kedisiplinan Sekolah Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Untuk Mengurangi Penyebaran Covid-19 di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan. Journal of Civic Education, 4(3), 238–246. https://doi.org/10.24036/JCE.V4I3.544
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Agus Susanto, Meliyana Perwita Sari, Heni Purwantiningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: