Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open – Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat
Abstract
Abstrak: Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian diskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Getasan materi bangun datar segi empat. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian meliputi 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Getasan. Penelitian dilakukan dengan cara observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dari 6 subjek yang diteliti dapat disimpulkan bahwa: (1)subjek yang memiliki kemampuan tinggi belum tentu menunjukkan bahwa dia kreatif; (2)2 subjek yang memiliki kemampuan sedang menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif mereka berbeda; (3) 2 subjek yang memiliki kemampuan rendah menunjukkan bahwa keduanya tidak kreatif.
Abstract: The researcher used descriptive kualitative method the aim to describe the level of students’ ability in creative thinking. The study was conducted in the material about plane rectanguler at grade VIII in Junior High School 1 Getasan. In collecting the data used purposive sampling. The participans of this study were 6 students grade 8th in SMP Negeri 1 Getasan. The study was conducted by observation, test and interview. Based on the data analysis result from 6 subjects, the reseacher concluded that: (1) subjects who have high ability don’t necessarily show that they are creative, (2)2 subjects who have medium abilty show that the level of students’ ability in thinking createvely are different; (3) 2 subjects who have low ability show that both of them are not creative.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asih, Tabita S. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Segi Empat Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Klaten. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Chasanah, Fitrotul. (2009). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Terbuka (Open Ended) di Kelas VIII SMP Negeri 35 Surabaya. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.
Pratiwi, Rizkia D. (2009). Indentifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Open Ended Creative Problem Solving (CPS). Surabaya: UNESA.
Putri, V. S. P. (2013). Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Segi Empat di Kelas VIII SMP. Jurnal(Online).Tersedia:http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2708/baca-artikel
Ristiani. (2014). Identifikasi tingkat Berfikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Tegalrejo 02 Salatiga dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Tipe Soal Open Ended. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana
Santoso, Heralius R W. (2015). Deskripsi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK)pada Materi Segi Empat Siswa Kelas VI SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Siswono, Tatag Y E. (2006). Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif dalam Matematika. Jurnal(Online). Tersedia: https://tatagyes.files.wordpress.com/2007/10/tatag_jurnal_unej.pdf
Siswono, Tatag Y E. (2007). Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurnal (Online). Tersedia: https://tatagyes.files.wordpress.com/2007/10/tatag_jurnal_unej.pdf
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_______________________________________________
JTAM already indexing:
_______________________________________________
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) |
_______________________________________________
_______________________________________________
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: