PERANCANGAN APLIKASI SEVIMA EDLINK SEBAGAI MEDIA EVALUASI SUMATIF DI SMK

Putri Beny Mawarsih, Erika Kurniawati, Darni Darni

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian saat ini adalah untuk merancang evaluasi sumatif dengan menggunakan aplikasi Sevima Edlink. Penilaian adalah bagian dari proses pembelajaran untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran peserta didik. Sevima Edlink menjadi salah satu solusi sebagai media evaluasi sumatif di SMK. Metode dalam penelitian ini yakni kualitatif deskriptif. Data primer yang diperoleh dari penelitian ini adalah survei dengan cara penyebaran kuisioner kepada target audience mengenai penggunaan media pada saat mengerjakan soal ujian sebagai bentuk evaluasi sumatif. Penyebaran tersebut dilakukan dengan menggunakan Google Form. Responden dalam pengisian survei adalah siswa SMA yang berusia 14-18 tahun. Sedangkan data sekunder penelitian diperoleh dari tinjauan pustaka yang digunakan sebagai acuan dalam penentuan kriteria desain penelitian yang ada. Teknik analisis data yang dipakai berupa analisis SWOT dan USP (Unique Selling Proposition). Sedangkan USP adalah faktor yang menjadikan produk lebih menonjol dibandingkan produk yang lain dengan melalui proses kualitas, layanan, atau inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sevima Edlink sesuai dengan kebutuhan dan keinginan siswa sebagai media pelaksanaan evaluasi sumatif.

Abstract: The aim of the current research is to design a summative evaluation using the Sevima Edlink application. Assessment is part of the learning process to measure the success of students' learning process. Sevima Edlink is one solution as a summative evaluation media in vocational schools. The method in this research is descriptive qualitative. The primary data obtained from this research is a survey by distributing questionnaires to the target audience regarding the use of media when working on exam questions as a form of summative evaluation. This distribution was carried out using social media using Google Form media. Respondents in filling out the survey were high school students aged 14-18 years. Meanwhile, secondary research data was obtained from a literature review which was used as a reference in determining existing research design criteria. The data analysis technique used is SWOT and USP (Unique Selling Proposition) analysis. Meanwhile, USP is a factor that makes a product stand out compared to other products through quality, service or innovation processes. The research results show that Sevima Edlink suits the needs and desires of students as a medium for summative evaluation.


Keywords


evaluasi, sumatif, media, Sevima Edlink

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2012. Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Alimuddin, A. (2014). Penilaian dalam kurikulum 2013. Prosiding, 1(1), 23-33.

Barokah, N., & Yulianto, A. (2019). Pengaruh lingkungan sekolah, self efficacy, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan tinggi dengan prestasi belajar sebagai variabel mediasi. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 434-452.

Darwanto, D. (2021). Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Platform Edlink: Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran di Masa Pendemi Covid-19. Eksponen, 11(1), 1-10.

Djaali. (2006). Evaluasi Hasil Belajar, dalam Evaluasi Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Editor: Han Setiadi, Abd. Rahman Gani, Suyatno. Jakarta: UHAMKA Press.

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312

Gardner, J. (2010). Developing teacher assessments: An introduction. In J. Gardner, W. Harlen, L. Hayward, G. Stobart, & M. Montgomery (Eds.), Developing teacher assessment (pp. 1 – 11). New York, NY: Open University Press.

Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920-935.

Joenaidy, A. M. (2021). Remodelling Pembelajaran Bagi Guru. NOKTAH.

Khasnah, U., & Herina, H. (2019, March). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 (revolusi industri 4.0). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Kristiawan, M., Suryanti, I. Muntazir, M., & Ribuwati, A. (2018). Inovasi Pendidikan. Jawa Timur: Wade Group National Publishing.

Kurniullah, AZ (2021). Metode Penelitian Sosial. openlibrary.telkomuniversity.ac.id.

Magdalena, I., Rachmadani, A., & Aulia, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Dan Penilaian Secara Daring Di Masa Pandemi Sdn Karang Tengah 06 Tangerang. 2, 17.

Nasution, W. S. L. (2021). Aplikasi Penunjang Pembelajaran Berbasis TIK dengan Memanfaatkan SEVIMA Edlink di SMPIT Insan Rabbani. Jurnal Abdidas, 2(1), 53-58.

Nasution. 2005. Pengantar Psikologi Pendidikan Dasar. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.

National Research Council. (2001). Classroom assessment and the National Science Education Standards. Washington, DC: National Academies Press Retrieved from http://www.nap.edu/catalog/9847/ classroom-assessment-and-the-national-scienceeducation-standards.

Novandini, C. D., & Luta, M. W. (2018, February). Pemanfaatan Kelas Virtual Sevima Edlink Untuk Memotivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1 Matakuliah Aljabar & Trigonometri. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Nurjannah, N. (2017). Efektivitas bentuk penilaian formatif disesuaikan dengan media pembelajaran. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(1), 75-90.

Pendidikan Nasional, M. (2010). Undang Undang No 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional.

Resmini, N. (2015). Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Rosanti, A., Alifiani, A., & Nursit, I. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 15(33).

Utami, L. W. S. (2021). Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19. Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150–156. https://doi.org/10.51878/teaching .v1i3.453

Wibowo, A., & Rahmayanti, I. (2020). Penggunan Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Online untuk Mengajar dan Belajar Bahasa Indonesia. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 163-174.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i3.23199

Refbacks



Copyright (c) 2024 Putri Beny Mawarsih, Erika Kurniawati, Darni Darni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: