META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN PJBL MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Oni Maya Rani, Caswita Caswita

Abstract


Abstrak: Keberhasilan proses kegiatan pembelajaran dapat dicapai dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian menggunakan metode meta-analisis. Teknik pengumpulan data dengan cara mencari artikel yang sudah terpublikasi di jurnal online sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti, melalui Publish Or Peris dan Google Schoolar. Hasil diperoleh bahwa hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,5 yang bermakna bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajaran project-based learning. Sedangkan rata-rata effect size  sebesar 2,37 dengan kategori sangat besar.

Abstract: The success of the learning activity process can be achieved by choosing a learning model that is in accordance with the learning material. This study aims to analyze the effectiveness of the influence of the Project Based Learning learning model on improving problem-solving skills. The research uses a meta-analysis method. The data collection technique is by searching for articles that have been published in online journals according to the problem to be researched, through Publish Or Peris and Google Schoolar. The results obtained that the results of the paired sample t-test were obtained with a value of sig. (2-tailed) 0.000 is less than 0.5 which means that there is a difference in the average problem-solving ability before and after being treated with the project-based learning model. Meanwhile, the average effect size is 2.37 with a very large category.


Keywords


Pemecahan Masalah; Model Pjbl; Meta Analisis;

Full Text:

PDF

References


Achsin, M. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada PBL Pendekatan Kontekstual dalam Tinjauan Inventori Kesadaran Metakognitif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Query date: 2024-04-29 04:55:40. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21684

Azis, A., & Herianto, A. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMP. … Akademik Pendidikan Matematika, Query date: 2024-04-29 11:41:10. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/download/396/266

Fatimah, A. E., Wahyuni, F., & Fitriani, F. (2022). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui model project-based learning. Journal of Didactic Mathematics, 3(3), 130–136. https://doi.org/10.34007/jdm.v3i3.1600

Hardiningsih, E., Masjudin, M., Abidin, Z., & ... (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Matematika Siswa SMKN 2 Mataram. Reflection …, Query date: 2024-04-29 11:41:10. https://journal-center.litpam.com/index.php/RJ/article/view/1264

Hasyim, M., & Eldiana, N. (2020). Eksperimentasi model PBL dan PjBL berbasis schoology terhadap pemecahan masalah matematika ditinjau dari self-efficacy. … Matematika), Query date: 2024-04-29 04:55:40. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/1751

Julia, R., SY, S., & Sudianto, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Prosiding Seminar Nasional …, Query date: 2024-04-29 11:41:10. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/1042

Labahu, M., Nani, K. L., & Jalal, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Melalui Model PjBL Di Tinjau Dari Gender. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 4(2), 146–156. https://doi.org/10.33387/jpgm.v4i2.7940

Mardhiyah, U., Wanabuliandari, S., & ... (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model PjBL Berbantuan E-modul Lubuk Etnomatematika. JISIP (Jurnal Ilmu …, Query date: 2024-04-29 11:41:10. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/3342

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2). https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Muyassaroh, I., Mukhlis, S., & ... (2022). Model Project Based Learning melalui Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP …, Query date: 2024-04-29 11:41:10. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/4056

Ngalimun. (2013). Strategi Dan Model Pembelajaran. AswajaPresindo.

Nursaadah, U., Mardiana, D., & Ahmatika, D. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. UJMES (Uninus Journal of …, Query date: 2024-04-29 11:41:10. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/UJMES/article/view/2631

Rahmazatullaili, R., Zubainur, C., & Munzir, S. (2019). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Jurnal Peluang, Query date: 2024-04-29 11:41:10. https://jurnal.usk.ac.id/peluang/article/view/13742

Rezeki, H., Syahidi, K., & Mardi, E. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu …, Query date: 2024-04-29 11:41:10. http://112.78.38.8/index.php/orbita/article/view/16560/0

Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079

Santoso, E., & Nurjamil, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original …, Query date: 2024-04-29 11:41:10. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/8055

Saputri, Y., & Wardani, K. (2021). Meta analisis: Efektivitas model pembelajaran problem solving dan problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika sd. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Query date: 2024-04-29 04:55:40. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/577

Waluya, S., & Yudho Prastowo, aang. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Percaya Diri pada Model Project Based Learning dengan Asesmen Kinerja. journal.unublitar.ac.id, Query date: 2024-04-29 11:41:10. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/133

Yestina, R., Ratnaningsih, N., & Ni’mah, K. (2024). Meta-Analisis Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. FONDATIA, Query date: 2024-04-29 11:41:10. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/4396

Yuliani, A., Nugraha, Y., & Samura, A. O. (2024). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ulul Albab, 28(1), 15. https://doi.org/10.31764/jua.v28i1.23326

Yustinaningrum, B. (2021). Meta Analisis: Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Padegogik, 4(2), 13–22. https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2519


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Oni Maya Rani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: