Upaya Peningkatan Penguasaan Konsep Geometri Matematika Berdasarkan Teori Belajar Bruner Pada Siswa Kelas IV SD

Enggaringtyas Dewi Nugrahwidi, Stefanus C. Relmasira, Agustina Tyas Asri Hardini

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep geometri dan pengukuran mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut teori C. Kemmis dan Mc. Taggart yang telah dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru, siswa dan penguasaan konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian persentase pencapaian penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan secara bertahap, yakni pada pra siklus sebesar 12%,  siklus I menjadi 40%, siklus II meningkat menjadi 84%. Dengan demikian, penguasaan konsep yang diharapkan telah mencapai indikator keberhasilan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan teori belajar Bruner dapat meningkatkan penguasaan konsep geometri dan pengukuran.

Abstract: This research aims at increasing the comprehension of geometry and measurement concepts of the fourth graders in Public Elementary School. Based on the definition made by C. Kemmis and Mc. Taggart, this research can be classified as Classroom Action Research (CAR) which consists of two cycles. The research subjects were the fourth graders in Public Elementary School are 25 students. The results showed that the students' comprehensions were gradually increasing. During the pre-cycle, the percentage was 12% and it increased to 40% at the end of first cycle. It was then increased to 84% at the end of second cycle. Therefore, it can be concluded that the implementation of Bruner's learning theory can help increase student's comprehension of geometry and measurement concepts.

Keywords


Penguasaan Konsep; Geometri; Pengukuran; Teori Belajar Bruner.

Full Text:

PDF

References


Ervayani, E., Holisin, I., & Shoffa, S. (2016). Penerapan Teori Belajar Bruner dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas III SD Muhammadiyah 9 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 113-120. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.102

Ewid, N. A., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 283–295.

Lestari, D. (2013). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(2), 129–141.

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836

Nurvianti, Y., Sabri, T., & Maridjo, A. (2014). Peningkatan Aktivitas Siswa Dengan Menerapkan Teori Brunner Dalam Pembelajaran Matematika Kelas III. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 1–10.

Rijal, S. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika Siswa Melalui Penerapan Teori Belajar Bruner. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo, 2(1), 489–896.

Saadah, M. A. (2018). Asesmen dan Penyusunan Program Pendidikan Individual Bagi Anak Berkesulitan Belajar Spesifik. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 21-29.

https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2099

Syaiful, M. (2011). Metakognisi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Realistik Di Sekolah Menengah Pertama. Edumatica, 1(2), 1-13.

Suryaningsih. (2011). Penerapan Teori J. Bruner untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pengurangan Pecahan Siswa Kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang. Tesis, Universitas Negeri Malang.

Susilawati, E., Rahayuningsih, M., & Ridlo, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekologi Sma Dengan Strategi Outdoor Learning. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 19-25

Sutama, & Sufanti, M. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Badan Penerbit FKIP-UMS.

Toheri, & Sihabudin. (2013). Analisis Keterampilan Berpikir Aljabar Mahasiswa Semester Iv Tahun Ajaran 2011 – 2012 Iain Syekh Nurjati Cirebon. Thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Wahyudi. (2012). Matematika Realistik dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran Matematika. Salatiga: UKSW.

Waminton. (2011). Upaya Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Penerapan Teori Belajar Bruner Pada Pokok Bahasan Trigonometri Di Kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu AEK Kanopan T.A 2009/2010. Jurnal VISI, 19(1), 9-17.

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan ALAT peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.15294/.v1i1.2013

Wijayanti, S. H. (2018). Meningkatkan Pengetahuan Guru Sekolah Dasar Dalam Menulis Ilmiah. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 2(2), 6-14.

https://doi.org/10.32524/jamc.v2i2.397

Yusri, Y., & Arifin, S. (2018). Desain Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Bruner Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 147-155. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i2.233




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

JTAM already indexing:

                     


_______________________________________________

 

Creative Commons License

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

_______________________________________________

_______________________________________________ 

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: