Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi siswa SMA dalam memecahkan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini berupa deskripsi mengenai literasi matematika siswa yaitu merumuskan (formulate), menerapkan (employ), dan menafsirkan (interpret) dalam menyelesaikan soal Programme for International Students Assesment (PISA). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa literasi matematika dalam menyelesaiakan soal PISA mendapat nilai rata-rata sebesar 63,28% secara keseluruhan dari skor ideal. Literasi matematis siswa kategori rendah 31,24% (kurang), kategori sedang 72,39% (cukup), kategori tinggi 92,7% (baik). Kesalahan siswa dalam mengerjakan soal PISA secara umum terdapat pada indikator interpret (menafsirkan) dengan pencapaian sebesar 57,29%.
Abstract: This study aims to analyze the literacy of students of Senior High School n solving math problems. This type of research is descriptive qualitative research. The results of this study are in the form of descriptions of students' mathematical literacy, namely formulating, applying, and interpreting in solving PISA questions. Based on the results of the study concluded that the mathematical literacy in solving PISA questions got an average value of 63.28% overall of the ideal score. Mathematical literacy of students in the low category 31.24% (less), the moderate category 72.39% (enough), the high category 92.7% (good). Student mistakes in working on PISA questions are generally found in the interpret indicator with an achievement of 57.29%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin Puspitasari, Susi Setiawani, N. D. S. L. (2015). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Universitas Jember, 3(2), 1-7.
Aini, R.N., Siswono, T. Y. . (2014). Analisis Pemahaman Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada Pisa. MATHEdunesa, 3(2), 158–164.
Hawa, A. M. (2014). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal PISA Bertipe PISA. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan Tahun 2014.
Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA Untuk Siswa Indonesia. Janacitra, 1(1), 1–8.
Jurnaidi, J., & Zulkardi, Z. (2014). Pengembangan Soal Model PISA Pada Konten Change And Relationship Untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25-42.
https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1860.25-42
Kemendikbud. (2016). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Biro Komunikasi Dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Khairuddin. (2017). Pisa , Uji Coba Soal PISA dan Strategi Siswa. SEMNASTIKA UNIMED, 1–10.
Kusuma, M. H., & Ratu, N. (2018). Deskripsi berpikir tingkat tinggi siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 155–168.
https://doi.org/10.33654/math.v4i2.103
Maryanti, E. (2012). Peningkatan Literasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. Universitas Pendidikan Indonesia.
OECD. (2013). OECD PISA 2012 - Mathematics Items. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264190511-3-en
Rosalina, A. D. (2017). Profil Pemecahan Masalah Pisa Pada Konten Change And Relationship Siswa Smp Ditinjau Dari Kecerdasan Linguistik, Logis-Matematis, Dan Visual-Spasial. Jurnal MathEdunesa, 6(3), 53–62.
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika : Apa , Mengapa dan Bagaimana ? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 713–720.
Stacey, K., & Turner, R. (2015). Assessing mathematical literacy: The PISA experience. In Assessing Mathematical Literacy: The PISA Experience. https://doi.org/10.1007/978-3-319-10121-7
Sugiyono. (2016a). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2016. https://doi.org/Doi 10.1016/J.Datak.2004.11.010
Wati, E. H., & Murtiyasa, B. (2015). Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA Pada Konten Change And Relationship. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajaran (KNPMP 1), 199–209.
DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1035
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_______________________________________________
JTAM already indexing:
_______________________________________________
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) |
_______________________________________________
_______________________________________________
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: