Aplikasi Expert System Berbasis Fuzzy logic untuk Mendiagnosa Gaya Belajar Dominan Mahasiswa Tadris Matematika IAIM Sinjai
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan produk aplikasi expert system yang berbasis fuzzy logic untuk mendiagnosa gaya belajar dominan. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: aplikasi pendiagnosa gaya belajar dominan dinyatakan memenuhi kevalidan dan keefektifan. Hasil ini diperoleh setelah dilakukan uji validitas oleh para ahli yang terdiri dari validasi instrumen berupa pertanyaan tentang indikator masing-masing gaya belajar yang keseluruhan aspek berada pada kategori valid yakni 3,32 untuk aspek visual, 3,18 untuk aspek auditorial dan 3,32 untuk aspek kinestetik. Sementara untuk validasi aplikasi yang berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata validator adalah 3,52. Aplikasi ini dikatakan efektif digunakan berdasarkan penilaian mahasiswa tentang keefesienan aplikasi, tampilan dan penggunaan bahasa yang berada pada kategori sangat efektif dengan rata-rata sebesar 3,57 dengan persentase 89% sehingga aplikasi ini dikatakan layak digunakan untuk mendiagnosa gaya belajar dominan seseorang.
Abstract: The purpose of this research is to develop an expert system application product based on fuzzy logic to diagnose the dominant learning style. This study was designed using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The result study was obtained: application for diagnosing dominant learning styles is stated to fulfill validity and effectiveness. These results were obtained after the validity test by experts consisted of instrument validation in the form of questions about the indicators of each learning style whose overall aspects were in the valid category namely 3.32 for the visual aspect, 3.18 for the auditory aspects and 3.32 for kinesthetic aspects. While for application validation which is in a very valid category with an average validator value is 3.52. This application is said to be effective to use based on student assessment of application efficiency, display and use of language that is in a very effective category with the average student rating of 3.57 with a percentage of 89% so that this application is can be used to diagnose one's dominant learning style.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astika, R. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Mi Se Kecamatan Ponggok Blitar. IAIN Tulungagung.
DePorter, B., & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Fuad, A. J. (2016). Meta Analisis: Deferensiasi Gaya Belajar dengan Metode Pembelajaran. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2), 151–165.
Hartati, L. (2013). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235.
Khoeron, I. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 291. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3816
Kusumadewi, S. ., & Hartati, S. (2010). Neuro-Fuzzy: Integrasi Sistem Fuzzy & Jaringan Syaraf. yogyakarta: Graha Ilmu.
Luji Bire, A., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorium, dan Kinesthetic Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA. Thesis, Pascasarjana Universitas Nusa Cendana.
Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13–24. https://doi.org/10.2426/dpp.v3i2.
Rais, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Presentasi Kemampuan Mengingat Konsep. Jurnal Mekom Jurnal, 2(1), 10–24.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
https://doi.org/10.14814/phy2.12093
Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1), 1–12.
Sharma, A. K. ., & Padamwar, B. . (2013). Fuzzy logic Based Systems in Management and Bussiness Aplications. International Journal of Innovative Research in Engineering & Science, 1(2), 1–6.
Smaldino, S. E. ., Lowther, D. L. ., & Russel, J. D. (2013). Instructional Technology & Media For Learning: Teknologi Pembelajaran Dan Media Untuk Belajar. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666
Syaharuddin, S., & Mandailina, V. (2017). Pengembangan Modul Pemrograman Komputer Berbasis Matlab. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 1(1), 1. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.1
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1). https://doi.org/10.18551/erudio.2-1.2
Yurizki, D., Halim, A., & Melvina. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Lab School Unsyiah. Prosiding Seminar Nasional MIPA III, 243–248.
DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_______________________________________________
JTAM already indexing:
_______________________________________________
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) |
_______________________________________________
_______________________________________________
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: