Worksheet Persamaan Differensial untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa

Kiki Riska Ayu Kurniawati, Habib Ratu Perwira Negara

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa worksheet Persamaan Differensial (PD) untuk kemandirian belajar mahasiswa. Worksheet yang dikembangkan terdiri dari beberapa subbab yakni (1) PD variable terpisah, (2) PD homogen, (3) PD eksak, dan (4) PD linier. Pengembangan produk ini menggunakan metode desain pengembangan 4-D yang dilakukan melalui 4 tahap yakni Define, Design, Develop, dan Diseminate. Subjek penelitan adalah mahasiswa dengan jumlah responden 7 mahasiswa untuk uji terbatas dan 40 mahasiswa untuk uji coba lapangan. Hasil pengembangkan yang diperoleh, nilai rata-rata persentase dari penilaian ahli adalah 75.33% yang berarti valid dan hasil uji coba terbatas diperoleh rata-rata persentase mahasiswa memberikan respon 84,29% yang berarti sangat baik serta uji coba lapangan diperoleh rata-rata persentase mahasiswa pada kelompok uji coba 1  maupun uji coba 2 memberikan respon 95.4% dan 92.9% yang berarti produk yang sedang dikembangkan berkategori sangat baik dan telah efektif, sedangkan tingkat kemandirian belajar mahasisiwa yang diperoleh dalam menggunakan worksheet persamaan difernsial adalah sedang. Sehingga ini menunjukkan bahwa worksheet yang dikembangkan dapat memberikan dampak yang positif terhadap kemandiran belajar mahasiswa.

 

Abstract:  This research aims to develop the learning materials in the form of differential equation (PD) Worksheets for students ' independence. The worksheets are developed consisting of several subchapters, namely (1) PD variable separate, (2) PD homogeneous, (3) PD Exact, and (4) PD linear. The development of this product using 4-D development design method is done through 4 stages, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The research subject is a student with a total of 7 respondents for a limited test and 40 Students for field trials. The results of the development acquired, the average percentage value of the expert rating is 75.33% which means that valid and limited trial results are obtained average percentage of students give a response of 84.29% which means excellent and field trials The average percentage of students in the 1st and 2nd trial groups gave a response of 95.4% and 92.9% which means that the product under development was very good and effective, while the level of self-reliance learned the Obtained in the use of a worksheet is currently being. So this indicates that the developed worksheet can provide a positive impact on student learning.

Keywords


Worksheet; Persamaan Differensial; Kemandirian Belajar; Worksheet; Differential Equations; Self-Reliance Learning.

Full Text:

PDF

References


Budiman, F. A., Soesanto, S., & Widjanarko, D. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Praktik Analitik bagi Calon Guru SMK Otomotif. Journal of Vocational and Career Education, 2(1), 50-56. https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.11104

Cahyani, D., Apriyani, N., Putra, E., & Suminar, W. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar Untuk Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan. Humaniora, 4(1), 437–439.

Farapatana, E., Anwar, Y. S., & Abdillah, A. (2019). Pengembangan Komik Matematika dengan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, & Review (PQ4R) Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3(1), 01-06. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.755

Fikry, Z., & Rizal, G. L. (2018). Hubungan Otonomi Dalam Pengambilan Keputusan Karir Terhadap Kebimbangan Karir Pada Mahasiswa Strata-1 Di Kota Padang. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 9(2), 213-217. https://doi.org/10.24036/rapun.v9i2.102217

Maryam, S. (2015). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik di SMPN 14 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2014/2015. Thesis, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, 1–67.

Mayasari, N., & Noeruddin, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Advance Organizer Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Di Ikip Pgri Bojonegoro. JIPMat, 2(2), 122-129. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i2.1976

Nasution, N. F. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Search, Solve, Create, And Share pada Praktikum Mandiri Mata Kuliah Ekologi Hewan. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 95-102. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i2.9317

Pasandaran Rio Fabrika, Kartika Desak Made Ristia, M. E. D. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Pada Pembuktian Dalil-dalil Segitiga. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo, 03, 147–153.

Setyansah, R. K. (2017). Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Kuliah Kalkulus Differensial. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 78–90.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Syaharuddin & Mandailina, V. (2017). Pengembangan Modul Pemrograman Komputer Berbasis Matlab. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 1(1), 1-6. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.1

Trisianawati, E., & Darmawan, H. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Berbasis Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 60–71. https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.38

Wahyuni, A. (2019). Pengaruh pembelajaran kooperatif dengan tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemandirian belajar matematika mahasiswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 277–286. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.269

Yanti Silvia, S. E. S. (2017). Kemandirian Belajar Dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran. Artikel, 1–10.




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

_______________________________________________

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: