Pengembangan LKS Pemecahan Masalah Matematika Bilingual Berdasarkan Strategi Metakognitif untuk SMP Kelas VII
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa Matematika berdasarkan strategi metakognitif. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Dick & Carey. Proses penelitian ini dilakukan dalam urutan aktivitas sebagai berikut: 1. Melakukan analisis kebutuhan, 2) menentukan tujuan instruksional umum, 3) menentukan peta kompetensi, 4) meninjau karakteristik dan latar belakang peserta didik, 5) menentukan tujuan instruksional yang spesifik , Penilaian, 7) menentukan strategi pembelajaran, 8) menentukan materi pembelajaran, 9) melakukan evaluasi formatif, dan terakhir 10) melaksanakan evaluasi sumatif dan difusi inovasi pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar dalam bentuk Lembar Kerja Siswa
Abstract: This research aims to develop Mathematics Student Worksheet based on Metacognitive Strategy. This research method is research development by using model of Dick & Carey. The process of this research is conducted in order of relevance as follows: 1. analysis results, 2) understanding of general instructional goals, 3) understanding of the map, 4) understanding of the characteristics and background of learners, 5) determination of specific instructional goals, assessment, 7) determination learning strategies, 8) determining learning materials, 9) conducting formative evaluations, and finally 10) implementing summative evaluations and. This study produces teaching materials in the form of Student Worksheet.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Iskandarwassid dan Dadang S. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya
Kellough, R. D. (1994). Sebuah Panduan Sumber Pengajaran: K-12. New York: Macmilan Publising Company.
Majid, A. (2012). Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
NCTM. (2015). “Prinsip dan Standar untuk Sekolah Matematika” http://www.nctm.org/uploadedFiles/Math_Standards/12752_exec_pssm.pdf, diakses Tanggal 10 Desember 2015
Pannen. (1997). Pendekatan Program Terapan, Mengajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Tekan.
Sprinthal, N. A. l. (1992). Pendidikan Psikologi: Pendekatan Pembangunan. Tokyo: Craw Hall.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.258
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_______________________________________________
JTAM already indexing:
_______________________________________________
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) |
_______________________________________________
_______________________________________________
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: