Penerapan Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX-6 SMPN 1 Pujut

Nuramin Nuramin

Abstract


Abstrak: Pelaksanaan PTK dengan tujuan untuk mengetahui meningkatnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IX-6 di SMPN 1 Pujut tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan pembelajaran cooperatif integrated reading and composition berbasis inquiri. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil siklus I skor rata-rata aktivitas belajar siswa 10,84 kategori aktif, nilai belajar siswa 66,25 dan ketuntasannya 79%. Siklus II aktivitas belajar siswa 12,68 kategori  aktif, hasil belajar siswa 75,8 dan ketuntasannya 88%. Disimpulkan pelaksanaan pembelajaran cooperative integrated reading and composition berbasis inquiry pelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX-6 SMPN 1 Pujut

Abstract:  Implementation of PTK with the aim to know the increased activity and learning outcomes of mathematics students of class IX-6 in SMPN 1 Pujut 2017/2018 academic year with the application of cooperative learning integrated reading and composition based inquiri. Data collection by observation method, interview and documentation. Result of cycle I average score of student activity activity 10,84 active category, student's learning score 66,25 and completeness 79%. Cycle II student learning activities 12.68 active categories, student learning outcomes 75.8 and completeness 88%. It is concluded that cooperative integrated reading and composition instruction based on inquiry of mathematics lesson can improve the activity and learning outcomes of students of class IX-6 SMPN 1 Pujut 


Keywords


CIRC, Inquiry, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


. Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

. Corebima., Al-idrus A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (Modul Diklat Sertifikasi Guru). Mataram: UNIVERSITAS MATARAM.

. Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Banjarmasin: PT RINEKA CIPTA.

. Hamalik, U. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Bumi aksara.

. Hanafiah, Nanang, dkk. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

. Lie, Anita. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia.

. Mahfiroh. (2009). Strategi Pembelajaran Efektif. Semarang : PT Sindur Pres

. Sudjana, N. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

. Sudjana, Nana. (1987). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

. Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Surabaya: Pustaka Pelajar.

. Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (Konsep, Landasan Teoritis – Praktis dan Implementasinya. Surabaya: PRESTASI PUSTAKA.




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

JTAM already indexing:

                     


_______________________________________________

 

Creative Commons License

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

_______________________________________________

_______________________________________________ 

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: