Pemberian Scaffolding Untuk Siswa Yang Mengalami Kesalahan Dalam Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat

Priyati Priyati, Helti Lygia Mampouw

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemberian scaffolding dalam membantu siswa menggambar grafik fungsi kuadrat. Subjek adalah IM, RS, dan AM siswa SMA yang sudah belajar tetapi mengalami masalah dalam menggambar grafik fungsi kuadrat. IM cenderung melakukan kesalahan konseptual tentang posisi titik dan operasi bilangan. RS cenderung melakukan kesalahan prosedural dalam menentukan titik koordinat, operasi bilangan dan menggambar grafik fungsi. AM melakukan kesalahan konseptual dan prosedural cukup berimbang tentang koefisien, konstanta, determinan, operasi bilangan, posisi titik dan menggambar grafik. Setelah pemberian scaffolding yang sesuai dengan kesalahannya, ketiga subjek memahami konsep kemudian dapat menggambar grafik fungsi kuadrat dengan benar.

Abstract:  This study aims to describe the provision of scaffolding in helping students draw graphs of quadratic functions. Subjects are IM, RS, AM, high school students who have studied but are having problems in drawing the graph of quadratic functions. IM tends to make conceptual mistakes about point position and number operations. RS tends to make procedural errors in determining coordinate points, number operations and drawing function graphs. AM made conceptual and procedural errors quite balanced about the coefficients, constants, determinants, number operations, point positions and drawing graphs. After the appropriate scaffolding of the error, the three subjects understand the concept then can draw the graph of quadratic function correctly.

Keywords


Scaffolding Kesalahan konseptual Kesalahan prosedural Fungsi kuadrat

Full Text:

PDF

References


Nuriyah, Fajar Elmy. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pokok Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. UKSW Salatiga

Ayu Rahmawati,Wulan. (2014). Penalaran Siswa Dalam Menggambar Grafik Fungsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika MATHEdunesa. 3(3)

Sahriah, Siti. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Aljabar Kelas VIII SMP N 2 Malang. SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin-Fakultas Teknik UM

Anghileri, J. (2006). Scaffolding Practices That Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 33-52.

Moleong, Lexy.J (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif: Bandung: PT. Remaja rosda karya.

Agustina Grahita Handayani. (2014). Identifikasi Kesalahan Siswa Dan Pemberian Scaffolding Dalam Menyelsaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Pangudi Luhur Salatiga. Repositori UKSW

Eka Yoanda, Erindra. (2017). Analsis Pemberian Scaffolding Pada Materi Operasi Hitung Aljabar Bentuk Pecahan Bagi Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal pendidikan indonesia, 3(7).

Khanifah, N. M. (2013). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Prosedural Bentuk Pangkat Bulat Dan Scaffoldingnya. Universitas Negeri Malang.

Manibuy, Ronald, dkk. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solo Pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaen Nabire-Papua. Jurnal elektronik pembeajaran matematika, 2(9), 933-945.

Nur A’ini, Siti. (2014). Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Fungsi Kuadrat Menggunakan Multiple Solution Task (MST). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika MATHEdunesa, 3(3).

Nur Hanifah, Agustina. (2014). Penggunaan Scaffolding Untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Mojokerto Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika MATHEdunesa, 3(3)

Safitri, Anis. (2017). Profil Pemahaman Siswa Mengenai Konsep Grafik Fungsi Kuadrat Berdasarkan Teori Apos Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika MATHEdunesa, 6(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

JTAM already indexing:

                     


_______________________________________________

 

Creative Commons License

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

_______________________________________________

_______________________________________________ 

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: