Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Self-Concept Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan self concept melalui penerapan lesson study bagi mahasiswa calon guru pada mata kuliah konsep dasar matematika semester satu pendidikan sekolah dasar di STKIP-PGRI Lubuklinggau. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 38 mahasiswa program studi pendidikan sekolah dasar STKIP-PGRI Lubuklinggau. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk rangkaian kegiatan lesson study yang terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik interview/wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Persentase rata-rata pertemuan adalah 16,25%.
Abstract: The main purpose of this research is to raise self concept through lesson study for college student of teacher training on elementary school basic concept mathematics 1st semester at STKIP-PGRI Lubuklinggau. The method of this research is descriptive qualitative. The subject of the research is 38 college student of STKIP-PGRI Lubuklinggau. The research consist of 3 steps, which are planning, implementation, and reflection. This research using interview, observation, documentation and quessioner technics. The average percentage of self-concept overall from 1st meeting to the 4nd meeting is 16,25%.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dwi siswoyo, dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Fachruddin. (2010). Penerapan Lesson Study di JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu (Adaptasi dari Pengalaman IMSTEP-JICA). Universitas Bengkulu.
Haji, S. (2014). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Teori Bilangan Melalui Lesson Study. Retrieved from http://repository.unib.ac.id/7154/
Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
Shirley Harison. (2001). Media Relations: Konsep, Pendekatan dan Praktik. Bandung : PT. Rosdakarya.
Sumartini, T. S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self Concept Siswa Smp: Studi Kuasi Eksperimen Pada Kelas VIII di Salah Satu SMP Negeri Tarogong Kaler Garut (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Retrieved from http://repository.upi.edu/15582/
Wahyudi, Imam. (2012). Pengembangan pendidikan : Strategi Inovatif dan Kreatif dalam Mengelola Pendidikan Secara Komprehensif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.388
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_______________________________________________
JTAM already indexing:
_______________________________________________
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) |
_______________________________________________
_______________________________________________
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: