Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP/MTs

Vera Mandailina, Mahsup Mahsup

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan melibatkan 42 siswa yang terdiri dari dua kelas dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan analisis data hasil belajar diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (51,77) lebih tinggi dari pada rata-rata kelas kontrol (39,95). Pada uji normalitas dan homogenitas juga diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji-t diperoleh nilai  thitung sebesar 2,33 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,684. Karena thitung  > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa  metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) efektif terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII SMP.

Abstract:  This study aims to determine the effectiveness of the Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) learning method on student learning outcomes in class 8 of Junior High School. The type of research used was quasi-experiment involving 42 students consisting of two classes with purposive sampling technique. Data collection techniques are carried out through learning outcomes tests. The data analysis technique performed is an analysis prerequisite test with normality test, homogeneity test, and hypothesis testing with t-test. Based on the analysis of learning outcomes data obtained the average experimental class learning outcomes (51.77) is higher than the control class average (39.95). In the normality and homogeneity test it is also known that the experimental class and the control class are normally distributed and homogeneous. After the t-test is done, the tcount is 2.33 while the t-table is at the significant level of 0.05 is 1.684. Because t count> t table, then H0 is rejected and H1 is accepted. So, a conclusion can be drawn that the Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) method is effective on student learning outcomes on the subject of cubes and beams in class 8 of Junior High School.

Keywords


Pembelajaran Matematika, Thinking Aloud Paor Problem Solving (TAPPS), Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Adinawan, M. Cholik dan Sugiyono. (2005). Matematika Smp/Mts jilid 2 untuk kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Barkley, Elizabeth F. (2010). Student engagement techniques : A Handbook For Collage Faculty. USA: PB Printing

Brophy. (1990). Education Psychology. New york: Longman

Gie, The Liang. (2002). Cara belajar yang efiien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Study Yogyakarta

Isjoni. (2014). Cooperatif Learning: Efektivitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta

Klipatrik, Jeremy, Jane Swafford, Bradford Findell. (2010). Adding it up: Helping children learn mathematics. Washington DC: National Academy Press.

Nuharini Dewi. (2008). Matematika konsep dan Aplikasinya untuk Smp/Mts kelas VIII. Siduarjo: Campion Smart.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian hasil belajar mengajar. Jatim:SIC

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Cet.X . Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wahyuni, Try. (2008). Matematika konsep dan Aplikasinya untuk Smp/Mts kelas VIII. Siduarjo: Campion Smart




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

JTAM already indexing:

                     


_______________________________________________

 

Creative Commons License

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

_______________________________________________

_______________________________________________ 

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: