Pengembangan Komik Matematika dengan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, & Review (PQ4R) Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP

Elsa Farapatana, Yunita Septriana Anwar, Abdillah Abdillah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komik dengan metode pembelajaran PQ4R pada materi lingkaran kelas VIII SMP yang memiliki validitas, kepraktisan, dan efektifitas yang baik. Penelitian ini menggunakan model 4-D yaitu tahap pendefenisisan (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan  (develop). Instrumen penelitian adalah lembar validasi komik, lembar kepraktisan komik dan lembar efektifitas komik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) komik matematika dengan metode pembelajaran PQ4R termasuk dalam kategori valid dari aspek materi, bahasa, dan desain dengan skor rata-rata 4.01; (2) komik tersebut termasuk dalam kategori praktis dengan skor rata-rata 4.14; (3) komik tersebut termasuk dalam kategori efektif dengan skor rata-rata 4.06. Kemudian pencapaian aktivitas meliputi (1) aktifitas dalam kegiatan belajar mengajar aktif dengan skor rata-rata aktivitas siswa 4.19; (2) respon siswa terhadap pembelajaran efektif dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 4.27; (3) aktifitas dalam kegiatan belajar mengajar aktif dengan skor rata-rata aktivitas guru sebesar 4.42; dan (4) hasil belajar siswa efektif dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 4,00 dan persentase rata-rata siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 70 adalah 86%.

Abstract:  This study aims to produce comics with the PQ4R learning method on the material of the class VIII of junior high school that has good validity, practicality and effectiveness. This study uses a 4-D model, namely the stage of define, design, and  develop. The research instruments were comic validation sheets, comic practicality sheets and comic effectiveness sheets. The results showed that (1) mathematical comics with the PQ4R learning method included in the valid category of material, language, and design aspects with an average score of 4.01; (2) the comic is included in the practical category with an average score of 4.14; (3) the comic is included in the effective category with an average score of 4.06. Then the achievement of activities includes (1) activities in active teaching and learning activities with an average score of student activity 4.19; (2) student responses to effective learning with students' average response scores of 4.27; (3) activities in active teaching and learning activities with an average score of teacher activity of 4.42; and (4) effective student learning outcomes with an average score of student learning outcomes of 4.00 and the average percentage of students who achieve a minimum completeness score of 70 is 86%.

Keywords


Komik, Matematika, Metode PQ4R

Full Text:

PDF

References


Aisha, S., & Ramadhani, N. (2017). Improving students’ Reading comprehension achievement through preview, question, read, reflect, recite and review technique. Asian EFL Journal, 10, 60–64.

Amaliyah, E. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Matei Trigonometri Kelas Xi. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 01. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2603

Anggraini S, Patmanthara, S., & Purnomo. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar kompetensi keahlian elektronika industri di SMKN 2 Singosari Malang. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Malang, 633–639.

Indrawati, T., Riyadi, & Matsuri. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 2(9), 1–6.

Irawan, A. (2016). Peranan Kemampuan Numerik Dan Verbal Dalam Berpikir Kritis Matematika Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 6(2). https://doi.org/10.12928/admathedu.v6i2.5443

Nida, I. K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Comic Math Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Meteri Kubus Dan Balok Di Smp. AKSIOMA, 8(1), 31. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1531

Nurcikawati, N. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Trigonometri Berbasis Multimedia Interaktif. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2766

Pqr, R., Kurniati, K., & Makur, A. P. (2018). Math Comics , Vectors , and the Strategy of Preview , Question ,. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), 159–174. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2716 Math

Sariyem, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas Tinggi Sd Negeri Di Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 329. https://doi.org/10.21009/JPD.072.11

Sidiq, R. (2017). Penerapan Strategi Preview,Question, Read, Reflect Recite Dan Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(1), 30. https://doi.org/10.24114/ph.v2i1.9084

Sisworo, & Dkk. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 3(Knpmp I), 580–590. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.732

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2016. https://doi.org/Doi 10.1016/J.Datak.2004.11.010

Wahyuni, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Stratergi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(2), 102–109.

Zarnuji, A. (2017). Implementasi Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite & Review dalam Menghafal Hadits pada Mata Kuliah Hadits Tarbawi. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(01), 134. https://doi.org/10.32332/tapis.v1i01.732




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

JTAM already indexing:

                     


_______________________________________________

 

Creative Commons License

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

_______________________________________________

_______________________________________________ 

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: